Olahan Jamur Nikmat, Aneka Jamur Lengkap

Spread the love

ANEKA OLAHAN JAMUR

Salam sahabat sakinah. Kali ini admin akan berbagi sedikit tentang olahan jamur. Alasan pertama memilih tema ini adalah karena admin sekeluarga ada penyuka jamur hehe. Nah, ternyata ada banyak macam jamur di dunia ini.

Baca Juga: Jamur Krispi Anti Gagal

Beberapa diantaranya sangat mudah ditemukan, tetapi  ada sebagian jenis jamur yang butuh usaha dan biaya ekstra untuk dapat menemukan dan menikmatinya. Banyak sekali restoran yang menjadikan olahan jamur  sebagai menu sajiannya.

Sebagian rumah makan menjadikan olahan jamur sebagai makanan pendamping,  namun tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai menu utama. Ada banyak pertimbangan pastinya bagi mereka yang dasarnya tidak suka jamur untuk memutuskan memilih menu jamur.

Menarik juga: Cara Membuat Donat Kentang Lengkap

Jika boleh sedikit menyarankan nih, tak ada salahnya mulai mencoba mengkonsumsi jamur karena memang jamur memiliki  segudang manfaat bagi tubuh kita. Kabar baiknya lagi, menurut beberapa referensi kini jamur menjadi salah satu bahan pangan yang paling di idolakan di dunia.

Baiklah selanjutnya  akan langsung admin sajikan beberapa resep olahan jamurnya. Mengingat begitu banyak sekali jenis jamur, maka dalam artikel kali ini hanya akan dituliskan beberapa jenis saja. Diantarnya adalah sebagai berikut:

Olahan jamur tiram

Olahan jamur kancing

Olahan jamur kuping

Olahan jamur enoki

Olahan jamur merang

Olahan jamur es

Olahan jamur shitake

Olahan jamur portobella

Aneka tips mengolah jamur

Sengaja admin hanya akan mengulas beberapa olahan jamur di atas karena memang lebih mudah di temukan, dan harganya masih terjangkau alias ramah kantong ibu-ibu yang pandai berhitung seperti saya *Lol.

Sempatkan juga membaca Cara Memasak Cumi-cumi

OLAHAN JAMUR TIRAM

Jamur tiram adalah jamur yang paling mudah di temukan, baik di supermarket ataupun di abang tukang sayur keliling. Umumnya, jamur tiram diolah dengan cara ditumis ataupun dijadikan cemilan seperti  jamur crispy. Resep olahan jamur crispy/ jamur krispi bisa baca di artikel sebelumnya.

Ini nih Cemilan Anti Kuno

Kali ini admin akan memberikan resep yang unik untuk olahan jamur tiram, yaitu jamur tiram kuah santan.

Bahan

500 gram jamur tiram putih siangi

2 potong tahu putih ukuran sedang, potong kotak kotak dan goreng setengah matang

250 ml santan boleh juga di ganti santan instan yang di encerkan dengan air sampai menjadi 250 ml

2 batang bawang prei potong serong

2 buah cabai merah besar potong tipis serong

4 buah belimbing wuluh iris tipis

6 butir bawang merah, haluskan

4 butir bawang putih haluskan

12 buah cabai rawit merah ,haluskan

2 buah cabai merah besar, haluskan

1 ruas jari kunyit, haluskan

3 butir kemiri, haluskan

½ sendok teh merica bubuk

¼ sendok teh pala bubuk

1 ruas jari lengkuas geprek

2 lembar daun salam

½ sendok teh kaldu jamur bubuk

Garam dan gula secukupnya

Cara memasak:

  1. Tumis semua bumbu yang di haluskan, masukkan juga merica dan lada bubuk, aduk rata. Masukkan daun bawang prei dan cabai merah besar iris, lengkuas, dan daun salam, tumis sampai harum.
  2. Masukkan jamur ke dalam bumbu aduk sampai setengah layu, masukkan juga tahu goreng, Tuangkan santan . Masukkan gula garam dan kaldu jamur bubuk, tes rasa
  3. Biarkan mendidih dan angkat, siap di sajikan. Boleh di kurangi ataupun di tambah untuk ukuran cabai nya, tergantung selera ya…

 

OLAHAN JAMUR KANCING (CHAMPIGNON)

olahan jamur, olahan jamur kuping, olahan jamur es, olahan jamur merang, olahan jamur kancing, olahan jamur protobella, olahan jamur tiram
Ilustrasi selerasa.com

Jamur kancing atau juga di kenal sebagai jamur champignon adalah jamur yang mulai mudah di temui juga di abang  tukang sayur dan sangat mudah untuk di olah, selain enak untuk di jadikan camilan, jamur ini juga sangat lezat dijadikan lauk teman nasi loh.

Jamur yang lezat dan bertekstur kenyal ini ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, Selain Baik Untuk Otak, di percaya jamur kancing ini juga bisa mencegah kanker, karena kandungan selenium nya yang tinggi.

Selain itu jamur kancing ini juga bisa jadi makanan yang sangat di anjurkan untuk program diet anda, karena selain tinggi serat jamur kancing ini juga tinggi protein dan zat besi yang baik untuk metabolisme tubuh kita.

Berikut salah satu resep andalan admin untuk jamur kancing atau champignon, tumis jamur kuping manis pedas

Bahan bahan

200 gram jamur kancing

100 gram brokoli potong per kuntum

½ buah bawang Bombay iris tipis

3 siang bawang putih ukuran sedang rajang halus

2 buah cabe merah besar potong serong tipis

8 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera) potong sembarang

1 sachet saus tiram

Gula, garam, merica bubuk, Air dan minyak goreng secukupnya

Cara membuat

  1. Tumis bawang Bombay yang sudah di iris tadi sampai layu dan ber aroma, masukkan bawang putih tumis kembali sampai harum
  2. Masukkan juga cabe merah besar, dan cabe rawit tumis sampai layu
  3. Masukkan jamur, tumis sebentar. Masukkan brokoli tumis lagi sebentar, tuang saus tiram dan sedikit air
  4. Bumbui dengan gula, garam dan merica tes rasa segera angkat dan hidangkan Cocok sekali di hidangkan dengan sepiring nasi hangat.

OLAHAN JAMUR KUPING

Jamur kuping, mendengar namanya saja kita akan langsung teringat dengan rupa si jamur, dengan segudang manfaat untuk kesehatan, diantaranya melancarkan pencernaan, yang pastinya baik untuk menurunkan berat badan, dan juga meringankan gejala wasir, karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Si hitam bertekstur kenyal ini memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga susah susah gampang untuk mengolahnya, tapi ada beberapa menu favorit yang menggunakan bahan jamur kuping ini, salah satunya japchae , japchae yaitu hidangan korea yang terdiri dari soun korea, jamur kuping dan aneka sayur pendamping.

Berikut saya sertakan resep jamur ala korea ini

Bahan:

50 gram jamur kuping kering rendam dengan air hingga mengembang, tiriskan dan jangan buang airnya. Kalau memiliki jamur kuping segar sediakan kurang lebih 120 gram ,iris tipis memanjang

100 gram daging sapi, iris tipis

100 gram wortel potong korek api

100 gram sawi putih, potong sembarang

50 gram taoge

4 batang daun kucai potong panjang panjang

200 gram soun korea atau kalau tidak memilikinya boleh di ganti dengan bahan jagung yang dimiliki, rendam dengan air hangat hingga ter urai

1 buah bawang Bombay iris tipis

7 siung bawang putih cincang halus

4 sendok makan saus tiram

4 sendok makan kecap asin

2 sendok makan kecap manis

3 sendok makan minyak wijen

1 sendok makan biji Wijen sangrai Gula, garam, merica putih bubuk secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang Bombay hingga layu, masukkan bawang putih tumis kembali hingga harum
  2. Masukkan juga daging sapi iris, aduk sebentar, masukkan wortel dan jamur kuping, tumis sebentar, masukkan juga sawi putih, tuang air rendam an jamur kuping tadi sedikit untuk melunakkan sayuran
  3. Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, gula, garam dan merica
  4. Masukkan soun atau bahan aduk rata dan cepat
  5. Masukkan taoge serta daun kucai, tes rasa
  6. Sesaat sebelum diangkat masukkan minyak wijen aduk rata
  7. Sajikan dengan tabungan biji Wijen

OLAHAN JAMUR ENOKI

Jamur enoki atau jamur enokitake, si kecil yang mirip Lidi ini adalah salah satu jamur yang paling banyak di budidayakan di empat negara. Selain rasanya yang enak, ternyata enoki ini juga kaya manfaat untuk kesehatan.

Bahkan sudah menjadi bahan pengobatan sejak zaman dulu di Tiongkok. Wah super banget ya sahabat, selain kandungan antioksidan nya yang tinggi, jamur enoki ini juga mengandung kalium, fosfor, magnesium, folat, niacin , selenium, vitamin D, Zinc dan zat besi.

Banyaknya serat dalam jamur enoki juga di duga dapat dengan cepat menguraikan kadar kolesterol , sehingga mengurangi kadar trigliserida, lemak total, lemak jahat atau LDL, serta fosfolipid dalam hati. Tuh keren banget kan sahabat, sambil makan nikmat bermanfaat juga.

Kali ini admin bagikan Olahan jamur enoki pedas ala korea

Bahan bahan:

100 gram jamur enoki, potong bonggolnya dan pisah pisah jamurnya

200 gram tahu sutra potong dadu

50 gram daging atau seafood ( boleh apa saja)

1 butir telur

450 ml air kaldu sapi atau ikan

½ buah bawang Bombay iris tipis

2 batang daun bawang prei iris sesuai selera

4 siung bawang putih, cincang halus

1 sendok makan minyak cabe

2 sendok makan cabe bubuk korea atau sesuai selera

2 sendok makan kecap manis

Cara membuat:

  1. panaskan minyak , tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum
  2. Masukkan daging yang sudah di iris tipis dan atau seafood, aduk cepat. Tuangi air kaldu, masukkan juga minyak cabe, cabe bubuk, kecap manis serta tahu. Didirikan sampai kaldu menyusut atau daging matang
  3. Panaskan claypot atau mangkuk tahan panas ke oven sebentar, hanya untuk memanas kan mangkuk nya saja, tata jamur enoki di dalam mangkuk yang sudah di panaskan, dan tuang sup diatasnya. Terakhir tambahkan telor di atasnya dan taburi dengan daun bawang prei
  4. Siap di hidangkan.

OLAHAN JAMUR MERANG

Berikutnya jamur merang, jamur dengan kandungan insulin alami ini sangat bagus untuk penderita diabetes, jamur merang ini juga baik untuk menjaga fungsi hati, pankreas dan kelenjar endrokrinal lainnya bahkan kandungan antibiotik dalam jamur ini juga baik untuk mencegah infeksi pada luka akibat diabetes juga loh.

Nah kali ini admin share resep yang sedikit unik dan anti biasa. Tapi sudah di buktikan kenikmatan nya. Yaitu Olahan jamur dan tempe yang di mix menjadi botok. Siapa yang tidak tahu botok, masakan khas jawa timur yang di bungkus daun pisang ini terkenal lezat dan sedap.

Tidak perlu berlama lama, yuk di simak resep nya.

Botok jamur merang

Bahan bahan:

300 gram jamur merang segar, seduh dengan air mendidih kurang lebih 5 menit aduk dan cuci bersih

1 lembar tempe Kukus sebentar, potong dadu Parutan kelapa dari

½ butir kelapa muda (bukan degan)

50 gram teri nasi basah, atau jika kering di sedih dengan air hangat terlebih dahulu

8 siung bawang merah haluskan

5 siung bawang putih haluskan

12 biji cabai rawit merah haluskan

2 biji cabai merah besar haluskan

3 butir kemiri haluskan

1 sendok teh ketimbang haluskan

1 cm kencur haluskan

1 sendok teh terasi Gula dan garam secukupnya Daun pisang secukupnya Tusuk gigi secukupnya

Cara membuatny:

  1. Panaskan panci Kukus
  2. Belah 2 jamur merang, campurkan dengan tempe, teri, Parutan kelapa, dan bumbu halus serta gula garam dan terasi, aduk rata. tes rasa
  3. Siapkan daun pisang, belah atau sobek secukupnya, isi dengan adonan, dan semata menggunakan Tusuk gigi
  4. Lakukan hingga habis, Kukus kurang lebih 20 sampai 25 menit 5. Dan siap di hidangkan Jika merasa kurang pedas, boleh di tambah cabai nya atau di iris saja.

OLAHAN JAMUR ES

Jamur es atau biasa dikenal juga dengan sebutan jamur salju atau jamur putih atau pula jamur kuping putih adalah salah satu jamur yang sangat kaya manfaat, terutama untuk kecantikan. Bahkan jauh ribuan tahun lalu di zaman dinasti tang di Cina, salah satu seluruh yang terkenal akan kecantikan nya yang guifei percaya bahwa jamur salju inilah yang membuat dia awet muda.

Bahkan Para peneliti mengatakan bahwa jamur salju inilah mengandung bahan yang menyerupai hyaluronic acid , yang bisa menyimpan 1000x berat air sehingga saat diaplikasikan ke wajah, wajah akan menjadi lembab dan kenyal.

Nah kali ini admin share resep yang manis manis yaitu es melon fantasi

Bahan bahan:

50 gram jamur es, rendam dengan air hangat sampai mengembang dan lembut

20 gram Goji beri rendam dengan air hangat sampai lembut

45 ml Susu kental manis putih

100 ml sirup coco pandan Melon keruk bulat secukupnya Air dan ES batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Siangi jamur es, buang akar atau bagian bawahnya yang berwarna kuning lalu potong potong
  2. Tata dalam mangkuk atau gelas saji potongan jamur es, Goji beri, melon, tambahkan susu kental manis, sirup coco pandan dan es batu sajikan
  3. Bila di rasa terlalu manis, boleh di tambahkan air secukupnya. Yang manis sudah, yang gurih sudah, yang pedas sudah juga, yang hangat dan segar pun sudah. Apalagi ya sekarang? Karena lauk dan minumnya sudah ada RESEP nya, kali ini admin bagikan resep untuk nasinya.

OLAHAN JAMUR SHITAKE

Jamur shitake atau shiitake biasa juga di sebut jamur hioko adalah salah satu jenis jamur yang bisa di konsumsi yang berasal dari jepang, shiitake sendiri menurut harfiah adalah jamur dari pohon shii. Pohon shii yang lapuk adalah tempat tumbuhnya jamur shiitake.

Jamur shitake ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk kesehatan jantung, karena mengandung senyawa khusus yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah, juga sangat baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh kita loh.

Jamur yang bahkan diolah dengan praktis dan sederhana pun terasa nikmat sekali. Untuk menemani resep sebelumnya yang sudah ada varian lauk dan juga minuman, kali ini admin akan berbagi resep olahan jamur berupa nasi, yaitu tim nasi ayam jamur shitake.

Bahan bahan:

500 gram beras, cuci bersih sisihkan

50 gram jamur shitake cuci bersih potong sesuai selera

250 gram filet dada ayam cuci bersih potong dadu

1 buah bawang Bombay ukuran sedang cincang halus

6 siung bawang putih haluskan

4 sendok makan saus tiram

2 liter kaldu ayam

2 sendok makan kecap manis

2 sendok makan kecap asin Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum Masukkan ayam dan jamur, Bumbui dengan saus tiram, kecap manis, kecap asin. Tambahkan sedikit kaldu ayam masak hingga ayam matang atau air kaldu menyusut, angkat
  2. Siapkan beras yang telah di cuci tadi, campur kan dengan tumisan ayam dan jamur tadi tambahkan dengan air kaldu secukupnya
  3. Masak dalam rice cooker hingga matang. Siap di sajikan hangat atau di cetak untuk bekal si kecil.

OLAHAN JAMUR PORTOBELLO

Jamur portobello atau portobello adalah jamur yang ukurannya lebih besar dari jamur jamur lainnya dan rasanya sangat mirip dengan daging sapi, dengan kandungan potassium yang tinggi jamur portobello di percaya bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga stamina tubuh kita.

Karena rasanya yang mirip daging sapi, maka jamur ini bisa menjadi alternatif bahan isian burger loh, berikut resep nya burger jamur portobello.

Bahan bahan:

5 pasang roti bun

5 lembar keju

5 buah jamur portobella ukuran besar

100 gram daging giling

1 buah bawang Bombay ukuran besar, cincang halus

1 sendok makan all spices

¾ sendok makan Italian herbs

1 butir telur

1 sendok makan tepung tapioka Garam dan merica secukupnya

Aneka sayur untuk pelengkap

Mayonaise dan saus secukupnya untuk pelengkap

Margarin secukupnya untuk memanggang patty

Cara membuat:

  1. Bersihkan payung jamur portobella menggunakan sikat bersih dan atau kain basah. Keruk bagian bawahnya atau kakinya, sisihkan.
  2. Cincang halus kaki jamur portobella, campurkan dengan daging giling, bawang Bombay, all spices, Italian herbs, telur, tepung tapioka, garam dan merica.masukkan ke dalam jamur yang sudah di keruk tadi.
  3. Panaskan margarin sedikit , taruh jamur yang sudah di isi patty tadi, panggang sampai matang.
  4. Oles roti bun dengan margarin panggang sebentar ke dua sisinya
  5. Tata burger sesuai urutan, roti bun, sedikit sayur, keju, patty, Mayonaise, saus , roti bun lagi. Atau sesuai selera

ANEKA TIPS OLAHAN JAMUR

Cara membersihkan dan menyimpan jamur. Jamur biasanya di jual sudah dalam keadaan bersih, tapi jika membeli jamur yang belum bersih, anda bisa menggunakan kain basah atau tisu, atau sikat. Jangan mencuci jamur yang masih akan di simpan, karena akan menurunkan aromanya dan lebih cepat busuk.

Agar tidak keracunan jamur, pastikan anda memasak jamur dengan benar benar matang.

Untuk jamur yang di jual dalam kondisi kering selalu rendam dengan air hangat sampai mengembang, atau sampai empuk.

Apa sih bumbu all spices itu? All spices atau merica jamaika adalah remaja berbentuk merica dengan aroma perpaduan kayu manis, cengkeh, dan pala. Saat all spices tidak ada anda bisa menggunakan bubuk kayu manis, bubuk cengkeh dan juga bubuk pala, dengan takaran, setiap 1 sendok teh all spices bisa di ganti dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis, ¼ sendok teh bubuk cengkeh, ¼ sendok teh bubuk pala.

Kalau italian herbs yaitu campuran beberapa rempah khas Italia di antaranya basil, oregano, cilantro, marjoram, thyme, rosemary dan bubuk paprika merah.

Saat sahabat sakinah menginginkan patty bukan di panggang tapi di goreng, bagaimana caranya? Caranya setelah langkah ke dua selesai, celupkan jamur dalam Kocok an telur kemudian balur menggunakan tepung roti atau tepung jagung atau di mix antara tepung roti dan tepung jagung, goreng dalam minyak panas. Langkah selanjutnya tinggal di tata sesuai selera.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *