Kanker Serviks Stadium 3B Bisa Sembuh, Baca Aja Kisahnya.

Spread the love

Kanker Serviks Stadium 3B Bisa Sembuh, Baca Aja Kisahnya.

Kanker serviks, apa yang sahabat  sakinah bayangkan saat membaca kata kanker? Penyakit yang mematikan? Penyakit yang mahal pengobatan dan terapinya? Jika jawabannya iya, maka sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Yang benar seperti apakah?

Sedikit basa basi, mungkin kita belum lupa dengan kematian artis Indonesia (semoga Allah lapangkan kuburnya), bernama Julia Perez (jupe) yang juga menderita kanker serviks. Dan mungkin sahabat sakinah juga pernah menemukan sendiri penderita kanker serviks tidak bertahan lama (maksimal satu tahun) menjalani kehidupannya di dunia.

Pada artikel ini admin akan mencoba tulis secara lengkap mengenai pengalaman admin selama mendampingi survivor kanker serviks stadium 3B (hampir stadium lanjut) dari awal pemeriksaan diagnosa kanker serviks stadium 3B hingga bisa sembuh (beraktifitas layaknya orang normal) sampai sekarang.

Semoga dengan ditulisnya artikel ini, bisa membuka mata kita semua bahwa penderita sakit kanker serviks tak selalu berujung pada kematian dalam waktu yang sangat singkat. Oiya, pada tulisan kali ini dan seperti biasa apa yang admin tulis adalah sebatas pengetahuan dan pengalaman admin pribadi.

Mohon maaf  jika nanti terdapat bahasa atau istilah yang dipakai admin masih kurang tepat atau kurang ilmiah.

kanker serviks, kanker serviks stadium 4, terapi kanker serviks, kanker serviks bisa sembuh, cara pencegahan kanker serviks, kanker serviks bisa hamil
via palingseru.com

Baca juga curhatan emak2 milenial

Apa itu kanker serviks?

Kanker serviks terdiri dari dua kata yaitu kanker artinya sel yang tumbuh secara abnormal dan serviks artinya mulut rahim. Kanker serviks adalah sel yang tumbuh secara abnormal pada bagian serviks atau mulut rahim.

Kanker serviks akan menyerang bagian tubuh tertentu atau organ tertentu tergantung dimana sel kanker tumbuh di dalam tubuh. Sehingga tidak heran jika ada banyak macam kanker. Kanker hati, kanker mulut rahim (serviks), kanker darah, kanker hidung, kanker rahim, kanker kulit, kanker mata, knker payudara dan seterusnya.

Pada stadium awal, sel kanker umumnya sulit  terdeteksi langsung. Namun sudah menunjukkan gejalanya. Karena susahnya mendeteksi sel kanker ini biasanya (dari sekian penderita kanker serviks yang admin wawancara) mereka diminta melakukan tes laboratorium (biasanya disebut biopsi) berulang kali untuk memastikan adanya sel kanker dalam mulut rahimnya.

Contohnya, ada seorang pasien kanker serviks stadium 3 berasal dari Jember, baru diketahui secara pasti penyakitnya saat setelah setahun lamanya melakukan tes rutin di poli onkologi kandungan RSUD Soetomo Surabaya.

Tak beda dengan pasien yang admin dampingi yang tak lain beliau adalah ibu mertua admin. Sebelum akhirnya diketahui ada kanker serviks dengan stadium 3B itupun setelah melewati beberapa kali pemeriksaan (biopsi). Dan ketika sudah dipastikan penyakitnya stadiumnya sudah hampir stadium lanjut.

Dimana berobat paling tepat untuk sakin kanker serviks?

Setahu admin membersamai ibu mertua di Poli Onkologi Kandungan R.S. Soetomo Surabaya (sesuai rujukan dari rsud Sidoarjo), hampir semua penderita kanker serviks di seluruh kota kabupaten Jawa Timur bahkan ada juga dari Bali, semua di rujuk kesini.

Alhamdulillaah singkat cerita banyak terbantu secara ekonomi dengan adanya program BPJS. Kenapa? Nanti akan tahu sendiri jawabannya ketika membaca poin terapi untuk sakit kanker serviks.

 

Apa bedanya kanker serviks stadium 1, 2, dan 3?

Sependek yang admin tahu kanker serviks stadium 1 bisa dikatakan kanker serviks awal. Intinya ada pada tingkat keparahan gejalanya dan jenis penanganan. Semakin dini terdeteksi maka penanganannya juga semakin mudah. Begitu sih kata dokter seingat admin.

 

Bagaimana gejalanya kanker serviks stadium 3B?

Jadi gejala paling mudah terlihat dari penderita kanker serviks adalah adanya pendarahan dari miss v (mirip menstruasi) dalam waktu yang lama dan volume darah yang luar biasa banyak diluar waktu menstruasi bulanan. Termasuk ibu mertua juga seperti itu. Sampai-sampai pembalut seberapaun tidak menampung.

Rata-rata gejala penyakit kanker ada pendarahan, misalnya kanker hidung juga mengalami pendarahan hebat di hidung  tentunya tidak semua pendarahan di hidung masuk sebagai gejala kanker sebelum ada pemeriksaan lebih lanjut.

 

Kanker serviks stadium 3B bau?

Tergantung kondisi tiap pasien mungkin ya Allaahu a’lam. Kalau ibu mertua juga ada gejala bau. Keputihannya juga berbau. Dan (maaf) sedikit menyengat biasanya diobati sendiri untuk hal ini. Dan jangan heran juga saat memasuki poli onkologi kandungan tidak semua pasien lama ada juga yang baru. Dan biasanya pasien yang baru dengan stadium macam-macam juga ada yang menunjukkan gejala ini (bau).

 

Apa penyebab kanker serviks stadium 3B?

Kalau dari poster-poster yang  tertempel di poli onkologi kandungan, penyebab kanker serviks diantaranya pernikahan di usia yang terlalu dini, berganti-ganti psangan, dan virus HPV.

kanker serviks, kanker serviks stadium 4, terapi kanker serviks, kanker serviks bisa sembuh, cara pencegahan kanker serviks, kanker serviks bisa hamil
via palingseru.com

 

Tahapan pemeriksaan kanker serviks

Biasanya secara prosedural pasien diminta test pap smear, biopsi, foto thorax, usg. Kanker serviks bisa dilihat dari usg? Salah satu pemeriksaannya memang usg.  Jadi sepertinya dari banyak pemeriksaan ini nantinya memudahkan dokter untuk melihat lebih presisi sejauh apa sel kanker ini sudah menyebar dan seterusnya. Allaahu a’lam.

 

Apakah kanker serviks stadium 3 B bisa sembuh?

Kanker serviks bisa sembuh total dengan catatan terus di bawah kontrol dokter (Insyaallaah). Biasanya setelah pasien melewati semua terapi sesuai prosedur akan diminta datang tiap bulan ke poli untuk dikontrol perkembangannya. Setelah itu jika dalam beberapa kali kontrol hasilnya baik maka pasien akan diminta datang ke poli untuk kontrol per tiga bulan, plus pap smear per 6 bulan sekali.

Jika hasilnya juga baik maka biasanya diminta kontrol per satu tahun sekali tanpa minum obat tapi tetap memperhatikan pola hidup sehat yang ideal. No MSG, No makanan berarang, banyak konsumsi buah dan sayur.

Intinya pasien atau penderita kanker serviks yang bisa sembuh dan bertahan itu karena pola hidup sehat yangharus terus dijaga setelah melewati terapi medis yang intens dari rumah sakis. So, keep optimis ya jika ada kerabat atau keluarga dekat yang tengah diuji dengan sakit kanker.

Di poli onkologi kandungan di Soetomo ini juga tak sedikit yang sudah sehat bugar. Harus semangat pokoknya.

 

Cara mengobati kanker serviks?

Sepengetahuan admin, rata-rata terapinya adalah kemoterapi dan terapi sinar (radiologi). Selama terapi sinar berlangsung pasien di larang mandi. Cukup diseka. Dikhawatirkan air akan membasahi area yang telah ditandai dengan spidol hitam biasanya. Area tersebut adalah area yang akan diberi terapi sinar setiap harinya sesuai jumlah yang telah ditentukan oleh dokter.

Jika terapi sinarnya 30 kali di hari kerja (satu hari satu kali sinar) bisa dua bulan tidak mandi. Setiap kali terapi sinar hanya  berdurasi kurang lebih lima belas menit.

 

Kanker serviks biasanya terjadi pada umur berapa?

Sepengalaman admin bolak balik di poli onkologi kandungan soetomo sejak 2017 pasien kanker serviks ada juga yang masih muda belum memiliki keturunan. Waktu itu beliau diminta tanda tangan karena kondisi belum pernah hamil dan terapi kanker serviks ke depannya bisa berpengaruh pada rahim ketika proses kehamilan. Allaahu a’lam lebih detailnya. Namun rata-rata (sependek pengamatan) usia di atas 30 tahun.

 

 

Langkah pencegahan kanker serviks

Tidak menikah di usia dini, tidak berganti-ganti pasangan, menjaga kebersihan miss V, tidak membiarkan celana dalam terlalu lama dalam kondisi lembab. Tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang berarang atau dibakar. Allaahu a’lam

 

foto kanker serviks

foto kanker serviks stadium 4

foto kanker serviks stadium 4, kanker serviks, cara mengobati kanker serviks, apa itu kanker serviks, kanker serviks bisa hamil, obat tradisional kanker serviks.
via sehatcenter.com
foto kanker serviks stadium 4, kanker serviks, cara mengobati kanker serviks, apa itu kanker serviks, kanker serviks bisa hamil, obat tradisional kanker serviks. kanker serviks bisa sembuh
alhamdulillaah ibu mertua masih sehat hingga sekarang. Mulai berobat tahun 2017 dan sudah stadium 3B

 

kanker serviks menyebabkan rambut rontok?

NO! Tidak semua pasien kanker rambutnya rontok. Memang saat masuk fase terapi kemo biasanya ada pasien yang menunjukkan reaksi rambut rontok, nafsu makan turun drastis hingga tubuh menjadi begitu kurus.

Hal ini tidak dialami oleh semua pasien kanker. Catat ya. Termasuk ibu mertua admin. Dari awal pemeriksaan hingga kemoterapi, dilanjutkan terapi sinar sebanyak 30 kali harus bolak balik setiap hari kerja, hingga sekarang  tinggal kontrol per enam bulan sekali sama sekali tidak mengalami gejala tersebut (rambut rontok dll).

Demikian juga hal yang sama jugadialami oleh banyak pasien lain yang secara kasat mata terlihat sehat bugar meski telah melewati semua terapi termasuk kemo dan sinar.

 

obat kanker serviks ramuan tradisional/ herbal?

Pengalaman admin konsultasi dengan poli obat tradisional di RSUD. Soetomo Surabaya, obat  herbal untuk kanker itu salah satunya daun sirsak, tanaman keladi tikus. Ini sudah melalui hasil penelitian ilmiah. Nanti sekalian minta resep herbalnya dari poli obat tradisional lalu bisa di tebus di apotek khusus produk herbal di ruang sebelah poli ini. Jadi, bentuknya sudah kemasan botol ya.

Atau bisa juga merebus sendiri, hanya saja takaran dosisnya ndak bisa dikontrol jika merebus sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *