Apa itu tepung tapioka. Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia masak memasak dan baking mungkin tak susah membedakan ketiga tepung tersebut yang serupa tapi tak sama ya. Nah bagi pemula barangkali masih ada yang menggangap bahwa ketiga jenis tepung tersebut adalah sama. Yang jelas beda sama tepung beras ya 😀

Secara kasat mata warna dari ketiga jenis tepung ini agak mirip, antara tepung tapioka, tepung kanji dan tepung sagu. Tekstur tepungnya saat kondisi keringpun mirip. Apakah ketiga tepung ini memang sama, bedanya hanya pada nama saja atau memang beda bahan dasarnya.

Mungkin ada diantara kamu yang juga mempertanyakan hal ini. Tak ada salahnya kamu membaca informasi tentang apa itu tepung tapioka, tepung kanji dan tepung sagu disini.

Artikel Lain:

Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakiatkan Kehamilan Tanpa KB

Surah Al Mulk Full

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Apa itu tepung Tapioka?

Tepung tapioka adalah tepung sari pati yang di ekstrak dari umbi singkong. Di masyarakat umumnya menyebut tepung tapioka dengan tepung kanji. Jadi sebenarnya tepung tapioka itu sama juga dengan tepung kanji. Di sebagian masyarakat Jawa Barat lebih umum disebut dengan aci.

Jadi tepung tapioka, tepung kanji (dalam masyarakat Jawa Timur), tepung aci (di masyarakat Jawa Barat) adalah satu tepung yang sama berbeda dalam penyebutan nama saja.

apa itu tepung tapioka,
id.berita.com
apa itu tepung tapioka, tepung tapioka terbuat dari apa
blibli.com

Apa itu tepung sagu?

Agar tak keliru lagi dengan dua tepung ini yang sepertinya selama ini dianggap sama saja yuk simak apa sih tepung sagu itu.

tanaman sagu, tepung sagu, beda tepung sagu dan tapioka
tanaman sagu, tepung sagu, beda tepung sagu dan tapioka Sumber: wikipedia

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa tepung tapioka berasal dari pati umbi singkong. Sementara tepung sagu berasal dari tanaman sagu yang diendapkan lalu kemudia diambil sarinya. Jadi jelas ya tapioka dan sagu beda bahan dasarnya. Otomatis juga beda teksturnya, bedakandungannya, beda fungsinya, beda warnanya juga lho.

tepung tapioka, tepung sagu, tepung tapioka adalah
tepung tapioka, tepung sagu, tepung tapioka adalah Sumber: shopee.com

Berbeda dengan umbi singkong yang cenderung lebih mudah didapatkan, maka tanaman sagu ini lebih banyak tumbuh hanya di wilayah Indonesia Timur.

Nah yang selama ini menganggap tepung tapioka sama dengan tepung sagu berarti anggapannya keliru ya.

Membedakan Apa Itu Tepung Tapioka Atau Sagu

Berikut ini beberapa cara untuk membedakan antara tepung tapioka dan tepung sagu:

Beda bahan dasar

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa tepung tapioka berasal dari pati umbi singkong. Sementara tepung sagu berasal dari tanaman sagu yang diendapkan lalu kemudia diambil sarinya.

Beda warna dan harga

Ternyata jika diamati dengan lebih jeli warna tepung tapioka dengan tepung sagu tidaklah sama. Setelah diperhatikan dalam jarak dekat terlihat bahwa tepung sagu agak keruh dan kekuningan sementara tepung tapioka berwarna putih bersih.

Soal harga, tepung tapioka cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan tepung sagu. Wajarlah ya antara singkong dan sagu lebih mudah mendapatkan singkong dari pada sagu.

Beda fungsi penggunaan

Setelah mengetahui bahan dasarnya, selanjutnya kita lihat fungsinya. Tepung tapioka atau tepung kanji (aci) dan tepung sagu memiliki fungsi yang berbeda lho ternyata.

Kalau kamu pengen membuat makanan yang empuk tapi kenyal, maka pilihlah tepung sagu. Enggak heran kalau tepung ini sering sekali dipakai untuk bahan makanan kue lapis, talam ubi, siomay dan bakso. Nah untuk hasil yang tidak terlalu lembek, tepung sagu perlu dicampur dengan tepung terigu.

Sementara itu, tepung tapioka memiliki fungsi sebagai pengembang adonan. Tepung tapioka memiliki daya serap air yang besar sehingga mempermudah proses dehidrasi. Sehingga semakin tinggi daya serapnya, semakin tinggi pula kemampuan untuk mengembangkan adonan.

Fungsi lain, tepung tapioka digunakan juga untuk membuat makanan menjadi lebih renyah dan kriuk. Nggak heran tepung tapioka sering dijadikan bahan makanan seperti cimol, cilok, batagor, dan cireng serta untuk bahan kremesan seperti ayam kremes, bebek kremes dan seterusnya.

Bahkan akhir-akhir ini tepung tapioka menjadi bahan dasar untuk makanan kekinian sepert boba. Tapi sebagai alternatif, terkadang tepung maizena dipakai sebagai pengganti tepung tapioka. Tergantung resep dan kebutuhan saja sih tinggal dicoba-coba saja dengan karakter masing-masing tepungnya ya.

Beda kandungan dan khasiat

Setelah dirangkum dari beberapa situs, berikut ini beda kandungan dan khasiat antara tepung tapioka dan sagu. Simak lagi ya.

Siapa sangka tepung tapioka itu rendah natrium, tepung ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Kandungan pati resistennya juga bagus untuk pencernaan. Manfaat pati resisten ini serupa dengan manfaat serat pada sistem pencernaan.

Diketahui juga nih sebagai tepung yang bebas gluten. Nah makin paham ya tepung tapioka bisa jadi andalan untukmu yang sedang diet bebas gluten.

Tak kalah berkhasiatnya, tepung sagu memiliki manfaat untuk melindungi pencernaan. Memberikan efek dingin serta menenangkan. Tepung sagu juga digunakan sebagai bahan obat muntaber. Kandungan kalsium, mineral, dan zat besi yang tinggi, tepung sagu mampu menyehatkan tulang dan sendi. Dibandingkan dengan tepung tapioka, tepung sagu lebih kaya karbohidrat sehingga bisa jadi sumber energi.

Jadi sekarang nggak bakal bingung lagi ya mana tepung tapioka mana tepung sagu. Kapan pakai tepung tapioka kapan pakai tepung sagu. Kapan konsumsi tepung tapioka kapan harus konsumsi tepung sagu. Jika penjelasan di atas belum membuatmu paham bedanya kedua tepung ini, coba saja baca-baca di internet ya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.