Ayam Panggang Teflon Sederhana Enak

ayam panggang pak no,ayam panggang sederhana,ayam panggang bumbu rujak,ayam panggang malang,ayam panggang utuh

Ayam Panggang. Bicara soal resep di era digital sepeti saat ini tentunya sangat mudah bagi siapa saja yang ingin mencari resep masakan dari para ahli masak sekalipun. Rasa-rasanya bukan lagi menjadi halangan seseorang untuk tidak memasak dengan alasan tidak bisa masak.

ayam panggang bumbu merah,ayam panggang bumbu kecap,ayam panggang bu endang pare,ayam panggang bu mirah,ayam panggang bumbu kuning

Yes karena hampir semua informasi dari A sampai Z soal masakan ada di media internet. Masalahnya tinggal kitanya mau membaca dan mencoba atau tidak. Saat ini sedang trending juga aksi tantangan recook dari para chef ternama. Ini adalah kesempatan untuk berlatih memasak di rumah agar tidak gabut.

Ada banyak situs yang menyediakan informasi khusus resep masakan. Yah cari sendiri sajalah ya hehe. Nah kali ini saya akan tuliskan all about ayam yang di panggang karena menurut saya hasilnya juga enak bikin serumah lahap makannya.

Nanti akan kita bahas resep ayam yang dipanggang di teflon bumbu mirip bumbu rujak. Atau ayam panggang kecap, dan ayam panggang sederhana saja ya. Oia disini konteksnya saya hanya cerita saja ya, bukan sebagai ahli masak. wkwkw

Awalnya mengintip resep dari situs resep masakan, yang akhirnya dimodifikasi sesuai selera saja. Alhamdulillahnya semua lahap makannya lho. Nah kan jadi semangat juga yang mau nuliskan di blog hehe.

Baca Juga Koleksi Resep Masakan:

Jamur Krispi Anti Gagal

Aneka Resep Cumi

Aneka Olahan Jamur

Pizza Teflon Sederhana

Kenapa suka dengan ayam panggang. Sebenarnya hanya karena ingin berganti  rasa saja dalam menikmati sesuir daging ayam hehe. Jadi mencobalah cari resep ayam panggang yang sepertinya sesuai selera. Iya tetap butuh untuk dikira-kira juga saat memilih banyak resep yang tersajikan di halaman satu google ya. Wkwk

Bukan masakan Indonesia kalau tidak melimpah rempah ya kan. Termasukr esep ayam panggang sedehana ini. Meskipun sederhana, bukan berarti  tanpa rempah. Yuk kita ngobolin ayam panggangnya. Feel fee to share feel fee to comment yaaa. Wkwkw

Pokoknya di kategori artikel masakan saya tulis secair mungkin ya. Saya anggap ini refreshing aja dari tema atikel yang lebih serius hehe. Yuk lah makin panjang aja basa-basinya…..

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Sebenarnya apa sih esensi dari nama bumbu rujak itu. Jadi sebagian kaum emak yang saya tahu ya, menyebut bumbu merah itu dengan sebutan bumbu rujak. Maaf kalau di daerah lain bermakna beda ya. Wkwk

Jadi apa itu ayam panggang bumbu rujak adalah ayam yang bumbunya lebih didominasi oleh merahnya cabe merah besar. Bukan didominasi kecap atau gula merah. Penampilan finishingnya pun juga lebih merah dari jenis resep ayam oven lainnya.

Ini yang saya tahu resepnya dari budhe yang suka masak ya.

Bumbu Ayam Panggang Bumbu Rujak: baput, bamer, kemiri, cabe merah besar, gula merah, tomat, daun salam, garam, kecap sedikit, santan. Bisa ditambah ketumbar dikit juga enak.  Perbandingannya cabe dengan tomat, tiap 6 cabe besar cukup 1 tomat saja.

Blender saja semua hingga halus, tumis hingga bumbu matang baru masukkan ayam yang sudah dipanggang terlebih dahulu. Beri air sedikit agar bumbu bisa masuk dan agar ayam bisa lebih empuk.

Gunakan api kecil, bolak balik hingga ayam cokelat mendekati gosong tapi jangan sampai gosong berarang ya. Ingat selalu untuk melakukan tes rasa secara berkala ya.

Ayam Panggang Bumbu Kecap

Nah begitu juga dengan ayam yang di panggang bumbu kecap. Yang dominan terlihat secara penampilan akhirnya adalah lebih cokelat kehitaman seperti terlumur kecap. Terlebih kecap kalau dipanggang terus juga hasilnya makin manis alias gosong ya hehe.

ayam panggang bumbu,b inggris ayam panggang,ayam panggang ciro,ayam panggang caruban,ayam panggang ciro sidoarjo

Bumbu Ayam Panggang Bumbu Kecap: baput, bamer, kemiri, cabe merah besar, gula merah, tomat, daun salam, sereh, daun jeruk, seruas laos geprek, seruas jahe geprek,garam, kecap sedikit, santan. Bisa ditambah ketumbar dikit juga enak.  Perbandingannya cabe dengan tomat, tiap 6-7 cabe besar cukup 1 tomat saja. Tapi porsi kecapnya dilebihkan dari porsi bumbu lainnya ya.  Dikira-kira saja, saat tes rasa baru racik-racik ulang saja mau ditambah apa.

Cara masaknya sama saja dengan ayam pangan bumbu rujak ya. Yah gitu-gitu aja masak ayam panggang. Yang penting itu seni saat praktiknya dan jam terbang. Nanti akan terasah sendiri feeling racikan bumbu yang pas di lidah kita dan keluarga kita.

Ayam Panggang Sedehana

ayam panggang dungus sidoarjo,ayam panggang desa gandu magetan,ayam panggang di magetan,ayam panggang diolah dengan teknik,ayam panggang di madiun,ayam panggang diet
awal masukan ayam ke bumbu. Setelah sejam warna bumbu akan berubah sendiri menjadi merah kecoklatan

Nah ini yang selalu jadi andalan di rumah. Resep singkatnya juga sudah saya share di channel Ana Khoiruroh di youtube ya hehe sekalian promosi akun channel. Saya sebut sederhana karena memang si bumbunya sederhana, hampir semua bumbunya selalu tersedia di rumah.

ayam panggang teflon,ayam panggang banjarejo,ayam panggang magetan,ayam panggang mbah dinem malang,ayam panggang anjani

Tinggal iris-iris bumbu, masukkan blender, lalu tumis saja hingga matang bumbunya, masukkan ayam dan air serta santan, gula garam dan seterusnya tinggak kawal rasa dan tingkat kematangan ayam.

Untuk resep ini mirip ayam panggang bumbu kuning karena ada kunyitnya juga.

ayam panggang bumbu merah,ayam panggang bumbu kecap,ayam panggang bu endang pare,ayam panggang bu mirah,ayam panggang bumbu kuning

Catatan Penting

Selalu masak ayam panggang dengan api kecil dengan durasi waktu yang lama. Lebih lama dari memasak ayam dengan resep tanpa dipanggang. Kenapa? Agar bumbu maksimal meresap dan daging tetap matang dan empuk.

Panggang telebih dahulu ayam sampai matang di teflon atau panggangan ayam kalau ada.

Masukkan santan kental pada akhir sesi agar kualitas santan bagus.

Bolak balik ayam hingga bumbu habis meresap. Kadar airnya semakin habis. Lalu angkat sesuai selera tingkat kegosongannya.

Kalau tidak telaten biasanya berpotensi jadi alot ataukeras karena kandungan gulanya merasuk ke dalam daging ayam dan ketika dingin menjadi keras kembali. Cara mengantisipasinya, pastikan ayam benar lunak sebelum dimatikan apinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *