Wisata Dieng 2019 yang Hits dan bikin jatuh hati

wisata dieng wonosobo, wisata dieng banjarnegara, telaga warna dieng, wisata gunung prau, wisata kawah di dieng, wisata dieng yang romantis, wisata dieng yang eksotis
Spread the love

Wisata Dieng. Sebelum berkisah tentang wisata dieng tahun 2019 di Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah ini, admin sarankan juga nih untuk sahabat sakinah bisa membaca juga artikel menarik seputar wisata Jogja, wisata air terjun Cobanrondo juga wisata sungai Amazon di Pacitan dan Taman Safari Prigen.

Benarkah wisata Dieng Jawa Tengah ini bias bikin jatuh hati pengunjungnya dan akan ketagihan untuk menikmati kembali pesona alamnya di sana? Mari disimak ya

wisata dieng, penginapan di dieng murah, wisata candi dieng, wisata yang bagus di dieng
Pemandangan Alam Dieng by Admin

Wisata dieng dimana

Wisata Dieng yang akan admin ulas disini adalah wisata Dieng di Jawa Tengah. Hanya ada satu wisata Dieng di Jawa Tengah. Hanya saja ada yang menyebut dengan istilah yang berbeda. Misalnya, wisata Dieng, wisata dieng negeri di atas awan, wisata Dieng wonosobo, wisata Dieng jawa tengah, wisata puncak Dieng, wisata alam dieng jateng, wisata di dieng wonosobo, wisata di dieng jawa tengah, gambar wisata Dieng Wonosobo.

Bagaimana dengan wisata Dieng banjarnegara? Jadi memang wisata Dieng di Jawa Tengah ini terbagi wilayahnya menjadi dua bagian. Sebagian di bagian timur ikut Wonosobo sedangkan di bagian barat ikut Banjarnegara.

Jadi di puncak Dieng ini terdiri oleh banyak wisata yang juga terbagi-bagi wilayahnya namun tetap dalam satu kompleks puncak Dieng. Misalnya, Dieng Plateau Theater, gardu pandang pesona Dieng, batu pandang ratapan angin, gardu pandang telaga warna ini ikut wisata Wonosobo.

Sedangkan, museum Kailasa, Candi Arjuno, Bukit Sikidang, Bukit Sikunir ikut wilayah Banjarnegara.  Jarak dari semua wisata yang ada di komplek puncak Dieng ini tidak terlalu berjauhan hanya memang terbagi wilayah kekuasaan saja antara Wonosobo dan Banjarnegara.

Di Jawa ada beberapa tempat wisata yang memiliki nama yang sama yaitu Dieng. Misalnya, wisata kawah Dieng di Banyuwangi, wisata Dieng di Bandung. Kalau di kota Malang ada juga daerah bernama Dieng. Namun bukan tempat wisata. Hanya saja daerahnya juga sedikit naik datarannya.

 

Wisata dieng ada apa saja

Seperti yang sempat admin singgung di paragraph sebelumnya, bahwa wisata puncak Dieng ini terdiri oleh banyak wisata yang juga terbagi-bagi wilayahnya namun tetap dalam satu kompleks puncak Dieng. Misalnya, Dieng Plateau Theater, gardu pandang pesona Dieng, batu pandang ratapan angina, gardu pandang telaga warna ini ikut wisata Wonosobo, bukit sikunir, candi Arjuno, sumber air sungai Sirayan atau disebut dengan Tuk Bimalukar, kawah sikidang, museum Kailasa, wahana air bike. Insyaallah akan admin ulas satu persatu dengan lebih detail ya.

 

Wahana Air Bike

Wahana ini merupakan wahana wisata dieng terbaru di bandingkan dengan spot wisata lainnya. Mungkin sahabat sakinah juga sudah mulai familiar dengan wahana satu ini yang memang sedang hits dan kekinian ya. Bahkan bisa ditemui dibeberapa wisata popular di tempat lain.

Berapa tiket wahana air bike ini, harganya sedikit lebih mahal dari wisata lain yang ada di komplek Puncak Dieng yaitu seharga dua puluh lima ribu rupiah. Di wahana ini sahabat sakinah akan merasakan sensasi serunya bersepedah di udara lho.

Ngeri-ngeri seru gitulah rasanya ya, meskipun sudah ada standart safety setiap kali pengunjung menaiki wahana ini. Seperti apa sih wahana air bike ini?

Jadi ya sepedahnya ini di setting untuk berjalan di atas lintasan rel berupa besi kecil yang menjulur sekian meter dengan ketinggian tertentu. Jadi ada titik berangkat sepedah hingga kembali lagi. Menjalankannya dengan cara layaknya kita mengayuh sepedah biasa.

Biasanya petugas yang menjaga wahana ini akan menenangkan pengunjung dengan menyampaikan kalimat, ‘tenang saja ya bu insyaallaah aman’ atau akan disampaikan juga ‘jaga keseimbangan tubuh ya pelan-pelan aja majunya’.

Bagaimana jika memakai gamis atau rok, its okay banget. Alat pengamannya sangat fleksibel dipakai oleh sahabat sakinah yang berhijab syar’i. Alat pengamannya mirip banget dengan alat pengaman saat kita flying fox. Sudah terbayang ya. Oia jangan lupa memakai dalaman legging ya untuk muslimah.

Wahana ini menjadi salah satu wisata di Dieng yang keren dan hits ya. Teman-teman bias berfoto si wahana ini dengan hasil yang maksimal keren. Karena ada background alam Dieng yang eksotis dan keren habislah, Masyaallaah instragamable bangetlah ya bahasa milenialnya.

wisata dieng, penginapan di dieng murah, wisata candi dieng, wisata yang bagus di dieng
Wahana Air Bike Dieng (dekat dg Dieng Plateau Theater) by Zahranasakina

 

 

Wisata Dieng Telaga Warna

Bisa dikatakan wisata Dieng itu romantis banget, cocok banget untuk tempat berbulan madu. Karena selain nuansa alamnya yang hijau asri juga udaranya yang dingin sekali membuat siapapun ingin selalu berdekatan fisik dengan pasangannya. Salah satunya wisata telaga warna ini. Di foto yang akan admin sajikan ini adalah pemandangan telaga warna dari atas batu pandang ya. Belum ke telaga warnanya sendiri hehe.

 

Wisata dieng wonosobo, gardu pandang dieng, batu bandang dieng, wisata dieng yang romantis, wisata dieng yang populer, wisata dieng yang kekinian
Telaga Warna dari Batu Pandang by Zahranasakina

 

Wisata Dieng Plateau Theater

Ini merupakan sebuah gedung film layaknya bioskop. Disana pengunjung akan diputarkan film narasi dokumenter tentang sejarah dan wisata Dieng. Tiketnya sebesar sepuluh ribu perorang dan akan diputar minimal ada lima pengunjung yang berminat.

Jika sahabat sakinah hanya berdua saja dengan pasangan, bisa coba lobi penjaganya ya. Biasanya tetap bisa diputarkan dengan harga tiket lima belas ribu perorang. Lima ribu lebih mahal dari harga normal. Durasi filmnya kurang lebih tiga puluh menit.

Saran admin, sebelum memutuskan akan menuju wisata mana di Dieng, sahabat sakinah disarankan ke sini dulu agar memahami peta wisata di Dieng baik yang bagian Wonosobo maupuna Banjarnegara. Adapun video yang diputarkan ini merupakan persembahan dinas pariwisata dari kabupaten Wonosobo. Karena memang Dieng Plateau Theater ini ikut wilayahnya Wonosobo.

Wisata dieng wonosobo, gardu pandang dieng, batu bandang dieng, wisata dieng yang romantis, wisata dieng yang populer, wisata dieng yang kekinian
Dieng Plateau Theater by Zahranasakina
Wisata dieng wonosobo, gardu pandang dieng, batu bandang dieng, wisata dieng yang romantis, wisata dieng yang populer, wisata dieng yang kekinian
By ZahranaSakina

 

Wisata Dieng Kawah Sikidang

Wisata ini masuk wilayahnya kabupaten Banjarnegara. Harga tiketnya jadi satu dengan candi Arjuno. Jadi jika membeli tiket di candi Arjuno maka tiket tersebut sekaligus bisa dipakai untuk masuk ke wisata kawah sikidang. Begitu juga sebaliknya. Harga tiketnya murah-murah aja hanya lima belas ribu rupiah.

Di kawah ini pengunjung diwajibkan memakai masker kain. Karena kawah masih aktif dengan berbagai kandungan gas yang mungkin tidak semua gas tersebut baik untuk kesehatan. Kalau dilihat dari gardu pandang, kawah ini terlihat seperti lapangan berwarna putih lalu ada sedikit-sedikit asap yang mengepul.

 

Wisata Dieng Bukit Sikunir

Ini merupakan bukit yang terkenal dan bisa dikatakan sebagai wisata yang populer dan bagus di Dieng. Karena di bukit inilah pengunjung akan dimanjakan dengan sajian sun rise yang indah. Spot ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang akan berkunjung ke Dieng.

 

Wisata Dieng Batu Pandang

batu pandang dieng, gardu pandang dieng, wisata dieng, wisata yang hits di dieng, air bike di dieng, tiket wisata dieng, fasilitas wisata dieng,
Gardu Pandang By ZahranaSakina

Wisata ini menjadi penting karena wisatawan akan dapat menikmati puncak Dieng yang memang terdiri dari kumpulan bukit-bukit. Dengan adanya batu pandang yang rata-rata dibuat dengan ketinggian tertentu, wisatawan akan dimudahkan meliahat titik-titik wisata yang yang ada di Dieng sekaligus secara bersamaan.

wisata batu pandang dieng, gardu pandang dieng, wisata dieng, wisata yang hits di dieng, tiket wisata dieng, fasilitas wisata dieng, penginapan murah di dieng,
by ZahranaSakina

Misalnya, bukit sikidang, telaga warna, candi Arjuno akan bisa dilihat bergantian di atas batu pandang ini. Disebut batu pandang karena secara fisik memang bentuknya berupa batu besar yang posisinya di atas bukit lalu disiapkan agar nyaman dan aman dipakai pengunjung untuk memandang alam Dieng.

Selain batu pandang, tersedia juga gardu pandang dan sejenisnya yang memiliki fungsi sama. Ada yang terbuat dari besi juga. Semua berbayar ya. Rata-rata untuk bisa menikmati ini selain untuk berfoto juga sebesar sepuluh ribu rupiah.

wisata batu pandang dieng, gardu pandang dieng, wisata dieng, wisata yang hits di dieng, tiket wisata dieng, fasilitas wisata dieng, penginapan murah di dieng,
By Zahranasakina

 

 

Wisata Dieng Candi Arjuno

Menurut cerita, ini merupakan candi tertua untuk bagi umat hindu Bali. Bisa dikatakan sebagai tempat sucinya umat Hindu. Secara usia ada juga referensi yang mengatakan bahwa usia candi ini lebih tua dari candi Borobudur. Bedanya, kalau candi Borobudur merupakan tempat beribadah bagi umat Budha.

Tiket masuk candi Arjuno sebesar lima belas ribu rupiah, ini sudah termasuk tiket masuk kawah sikidang ya.

 

 

 

 

 

Foto Wisata Dieng

Foto-foto untuk semua wisata Dieng sudah admin pasang di tiap poin wisata di atas ya. Semoga bermanfaat.

 

Fasilitas Wisata Dieng

Fasilitas di setiap wisata Dieng minimal toilet hampir semua wisata di Dieng ada. Kalau musholla ada di Museum Kailasa. Fasilitas penginapan juga tersedia sepanjang jalan memasuki wilayah Dieng. Teman-teman tinggal memilih yang dekat dengan bukit apa, atau wisata mana. Kalau admin kemarin memilih yang dekat dengan masjid biar bisa jamaah dan bercengkeramah dengan masyarakat asli Dieng.

 

Penginapan/ Villa di wisata Dieng

Penginapan di wisata Dieng rata-rata berupa homestay. Harganya masih sangat terjangkau dengan kondisi homestay yang nyaman. Jika hari-hari biasa harga penginapan rata-rata dua ratus ribu hingga dua ratus lima puluh ribu rupiah.

Tetapi jika hari libur, akhir minggu atau hari-hari khusus bagi wisata Dieng bias naik drastis ya. Minimal bias tiga ratus lima puluh ribu rupiah. Hari-hari khusus ini misalnya saat ritual ruwatan rambut gimbal. Biasanya ritual ini mengundang banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung ritual tersebut. Biasanya diadakan sekitar bulan Juli atau Agustus. Kabarnya di bulan-bulan itu penginapan sudah mulai di booking dari sekarang.

Harga penginapan dua ratus lima puluh ribu rupiah itu meliputi teras lengkap dengan kursi dan mejanya, ruang tengah lengkap dengan sofa empuk, kasur busa, TV, wifi, dan karpet lantai yang tebal dan empuk, dapur, dua kamar tidur yang juga lengkap dengan spring bed ori lengkap dengan selimut tebal, kamar mandi yang dilengkapi dengan kran khusus air dingin dan hangat. Penginapan berlabel syariah juga sudah ada di Dieng ya. Jadi nyamanlah di hati juga ya.

penginapan di dieng, villa wisata dieng, villa murah di dieng, wisata dieng, wisata dieng yang keren, wisata dieng yang hits, wisata dieng terbaru 2019
by ZahranaSakina

Transportasi Umum ke Wisata Dieng

Sependek pengamatan admin selama di sana sepertinya ada bus mini yang menuju Dieng. Jurusannya biasanya Wonosobo-Dieng-Batur. Karena selama datang dan sampai meninggalkan Dieng, terus terlihat bus mini ini melintas. Ada yang searah dengan kami da nada yang kea rah balik.

 

Wisata Dieng Gunung Prau

Menurut sejarahnya, perbukitan Dieng ini awalnya merupakan gunung Prau. Yang kemudian mengalami letusan dahsyat sehingga gunung Prau hancur dan menyisakan alam baru berupa bukit-bukit dan sumber-sumber kawah kecil aktif yang juga berpotensi meletus sewaktu-waktu.

Beberapa kawah kecil terus dikontrol aktifitasnya oleh pihak BMKG setempat. Bahkan beberapa kawah kecil ada yang menghasilkan gas karbondioksida dengan kadar tinggi. Karbondioksida denga kadar tinggi memang tidak baik bagi kesehatan namun hal ini menjadi tidak berbahaya karena di sekeliling kawah masih terdapat banyak pohon-pohon hijau yang mampu menjadi penetralnya.

Setelah letusan dahsyat tersebut, terbentuklan wilayah yang saat ini kita sebut dengan puncak Dieng yang elok. Bagaimana dengan gunung Prau? Sebagian badan gunung Prau pun masih kokoh terlihat namun tidak lagi memiliki puncak gunung layaknya gunung-gunung yang ada.

Lahannya pun masih berupa hutan bukan lading cocok tanam seperti Dieng. Kabarnya baru saja dibuka area untuk camping di gunung Prau ini.

 

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *