Sembalun Rinjani – sakinahbersamamu.com. Sebagai traveller blogger tentu tak pernah puas mengeksplor banyak tempat bagus yang ada di Indonesia. Negeri yang diidamkan oleh banyak wisatawan asing karena panorama alamnya yang indah.

Tak dipungkiri Indonesia memiliki banyak tempat dengan panorama alam yang sangat indah luar biasa Alhamdulillaah yang mungkin jarang ditemukan di negara lain. Tidak heran jika wisatawan asingpun rela mengalokasikan dana pribadinya hanya untuk bisa berkunjung ke wisata alam di Indonesia.

Kali ini karena penulis baru saja melakukan perjalanan ke Bali dan Lombok jadi akan ditulis artikel-artikel ulasan tentang wisata yang habis kami kunjungi di dua pulau tersebut ya. Khusus dalam konten ini kita akan menikmati bareng tentang pesona alam di Sembalun Rinjani ya.

Baca hingga selesai untuk mendapatkan informasi selengkapnya termasuk bagaimana kami melakukan perjalanan darat dari Jawa Timur menuju Lombok ya. Informasi tentang perjalanan darat ini bermanfaat untuk kamu yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan wisata kesana dengan kendaraan pribadi.

Kurang lebihnya kita bisa saling sharing di kolom komentar ya.

Sembalun rinjani trek
View depan penginapan di Sembalun Bumbung

Perjalanan Darat Menuju Lombok

Dalam poin ini akan penulis ceritakan detail tentang bagaimana kami menuju pulau Lombok dari Jawa Timur Sidoarjo. Saat itu kami berangkat di hari Jumat pada tanggal 24 Juni 2022. Kami start dari Sidoarjo jam 6 pagi.

Agar bisa sholat jumat di Banyuwangi dan melakukan penyeberangan ke Bali tidak terlalu sore. Kenapa, karena dari pelabuhan Gilimanuk Bali menuju pusat kota Bali sekaligus pusat wisata masih kurang lebih harus menempuh jarak 130 an kilometer.

Sedangkan jika sampai pelabuhan gilimanuk terlalu malam kuatirnya akan agak susah menyusuri jalan raya yang baru pertama kali kesana. Sebelumnya pernah ke Bali sih tapi tidak berkendara sendiri jadi ini kali pertama berkendara sendiri ke Bali.

Untuk teman-teman yang akan berwisata ke Bali atau lombok melalui perjalanan darat, harus sudah memperkirakan soal jam kedatangan dan lama perjalanan ya agar semua tujuan bisa tercapai sesuai dengan rencana serta bisa istirahat dengan cukup.

Kenapa memilih perjalanan darat bukan naik pesawat yang lebih cepat. Selain biayanya yang lebih mahal, kedua kita tidak bisa membawa mobil sendiri untuk berkeliling di kota yang kita tuju. Alternatifnya kalau kita naik pesawat ya mau tidak mau harus naik taxi kemana-mana atau sewa mobil selama di Bali.

Lanjut ya, ternyata kami harus sholat jumat di daerah Situbondo, belum sampai Banyuwangi. Kami menyeberang di pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada jam 3 sore. Beli tiket dan lain-lain akhirnya kapal penyeberangan berangkat jam 4 sore.

Perjalanan dari Ketapang ke Gilimanuk sekitar 45 menit. Sampai di Bali jam 5 sore WIB atau jam 6 sore WITA. Perjalanan dari pelabuhan Gilimanuk ke sekitar Denpasar kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam an. Saat itu kami jam 11 malam baru sampai daerah Kuta dan mencari penginapan di sekitar sana.

Alhamdulillah dapat hotel BUMN dengan harga sangat bersahabat 275 ribu per malam untuk ukuran bed keuarga. Tanpa sarapan. Ada AC, TV, Shower air hangat, handuk, pasta gigi, spring bed dengan kapasitas keluarga. Cukup nyamanah buat kami yang enggak butuh tempat tidur yang mewah banget. Karena perjalanan juga masih panjang.

Hari kedua di Bali kami menginap di hotel Nusa Dua Moon. Dengan harga yang sama dan tanpa sarapan. Alhamdulillaah tidak kalah nyaman juga kamarnya. Ada TV, AC, spring bed kapasitas keluarga dengan single bed. Plus ada kolam renang juga, sayangnya kami tidak sempat mencicipi kolam renangnya.

Kami memilih hotel ini karena dekat denga Puja Mandala.

Apa Itu Puja Mandala?

Sebuah tempat di daerah Kuta Timur (kalau tidak salah ingat ya) yang disana terdapat 5 bangunan tempat ibadah untuk 5 agama sekaligus. Mulai dari masjid, gereja kristen, wihara, gereja katolik dan pura. Dengan kondisi bangunan dari masing-masing tempat ibadah tersebut tergolong besar dan mewah. Menampung banyak jamaah.

Kelima tempat ibadah ini lokasinya berdampingan bisa dibilang mepet ya dan tempat parkirnya jadi satu berada di depan kelia bangunan tersebut. Jika adzan berkumandang dipastikan semua di area tersebut bisa mendengarnya.

Karena pertimbangan itulah kami memilih menginap dekat Puja Mandala. Mengingat juga mencari masjid agak susah. Di hotel yang pertama kami di Bali itu hanya tersedia musholla. Gak masalah sebenarnya, tetapi kami melihat sendiri anjing bisa bebas seliweran di area teras musholla hotel. Risih juga akhirnya mau sholat kan.

Perjalanan Menuju Lombok Dari Bali

Setelah dua hari di Bali baru kami melanjutkan perjalanan ke Lombok. Jika dari Bali ke Lombok kita menyeberang melalui pelabuhan Padang Bai Bali ya bukan pelabuhan Gilimanuk. Dari pelabuhan Padang Bai menuju pelabuhan Lembar Mataram membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan.

Ada 3 jalur penyeberangan yang bisa teman-teman pilih untuk menuju Lombok ya.

3 Pilihan Jalur Penyeberangan Ke Lombok

Jadi ada 3 pilihan penyeberangan menuju Lombok jika teman-teman berangkat dari Jawa Timur ya. Pertama bisa langsung menyeberang dari pelabuhan Perak Surabaya langsung Lombok dengan lama perjalanan kurang lebih 21 jam.

Buat kamu yang rentan mabok laut tidak disarankan memilih jalur pertama ini ya. Kapalnya memang besar pastinya tetapi jadwalnya tidak bisa sewaktu-waktu atau 24 jam penuh. Jadi bisa dipertimbangkan lagi jika akan menyeberang melalui Perak Surabaya ya.

Kedua, kamu bisa menyeberang dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi langsung menuju pelabuhan Lembar Lombok. Dengan lama perjalanan 15 jam kurang lebihnya. Kapal penyeberangan ini ada terus selama 24 jam jadi bisa sewaktu-waktu.

Jalur penyeberangan kedua ini cocok untuk kamu yang berada di Jawa Timur bagian timur. Atau kamu yang tidak bisa mengikuti jadwal penyeberangan dari Perak Surabaya ke Lombok. Tetapi tetap butuh dipertimbangkan soal lama penyeberangannya ya.

Ketiga, adalah jalur penyeberangan yang kami pilih. Karena kurang nyaman dengan perjalanan laut yang terlalu lama. Jadi kami menyeberang dua kali. Dari Ketapang Banyuwangi menuju Gilimanuk Bali dengan lama penyeberangan selama 45 menit, lalu melanjutkan perjalanan darat di Bali menuju pelabuhan Padang Bai Bali.

Pelabuhan Padang Bai Bali ini letaknya di sisi timur Bali kebalikan dari Gilimanuk. Dari Padang Bai menuju pelabuhan lembar memerukan waktu selama 5 jam perjalanan. Cukup singkat waktu menyeberangnya tetapi ditambah perjalanan daratnya yang kurang lebih durasi waktunya sama saja bila dibandingkan dengan menyeberang langsung dari Ketapang ke Lembar.

Jalur ketiga cocok untuk kamu yang tidak suka dengan perjalanan laut yang terlalu lama. Sesampai di Lembar artinya kamu sudah mendarat di Mataram. Ok lanjutin cerita fokus ke Sembalun Rinjani ya.

Selama di Lombok kami sempat 2 hari di pulau Gili Trawangan, otomatis menyeberang lagi dari Lombok ya. Ke desa suku sasak, sirkuit mandalika, dan sehari di leren rinjani ini menikmati nuansa alamnya, jalan-jalan ke pasar sembalun bumbung dan ke puncak pusuk.

Apa Itu Sembalun?

Sembalun merupakan nama kecamatan di daerah kabupaten Lombok Timur. Di kecamatan ini ada beberapa desa yang memiliki inisial sembalun. Ada desa Sembalun lawang, Sembalun bumbung dan Sembalun apa ya ada tiga desa dengan inisial sembalun kalau tidak salah ingat.

Kecamatan Sembalun ini terletak di kawasan lereng gunung Rinjani sebelah timur. Jadi nanti tak heran jika memasuki wilayah desa dengan inisial Sembalun, akan mudah didapatkan penginapan mulai dari yang bentuknya home stay ataupun hotel serta resort atau cottage.

Begitu juga dengan wisata di sekitar rinjani ini juga tersebar di desa Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung dan Pusuk.

Untuk lebih mudahnya orang menyebut dengan Sembalun Rinjani. Mengunjungi Sembalun Rinjani ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati panorama alam gunung rinjani tanpa harus berlelah-lelah mendaki.

Mungkin kondisi tidak memungkinkan untuk mendaki, bisa karena kondisi fisik, sedang membawa bayi atau balita atau terkendala hal lain maka sebagai gantinya kamu cukup ke Sembalun Rinjani ini saja ya. Kamu bisa memilih menginap di daerah Sembalun Lawang ataupun di daerah Sembalun Bumbung.

Sembalun Lawang lokasinya lebih rendah dari Sembalun Bumbung. Udaranyapun otomatis lebih dingin Sembalun Bumbung begitu juga pemandangan view gunungnya lebih bagus juga. Apalagi jika kamu naik lagi ke puncak Pusuk. Sayangnya penginapan terakhir ada di sekitar Sembalun Bumbung.

Dimana Gunung Rinjani

Jika dilihat di peta Indonesia, Gunung Rinjani seolah berada di tengah-tengah pulau lombok sedikit ke Timur. Gunung Rinjani bisa dikunungi juga arah kabupaten Lombok Utara. Tergantung kita mau lewat dari sisi yang mana.

Pesona Rinjani Sembalun

Nah ini poin paling diidamkan untuk disimak ya. Setelah melalui penyeberangan yang agak mengkuatirkan karena ombaknya cukup sering membuat kapal kami miring-miring dan baru kami tahu bahwa bulan Juli Agustus ini dikenal sebagai bulan-bulan ekstrim di dunia perlautan, sempat bikin trauma naik kapal juga.

Akhirnya kekuatiran itu terobati dengan sampainya kami di sebuah penginapan di daerah Sembalun Bumbung dengan view di depan penginapan yang cukup indah. Sun rise bisa terlihat, udara segar bisa puas dihirup seperti memakai slang oksigen di hidung karena begitu segarnya udara sana. Alhamdulillah.

Di Sembalun Rinjani ini jangan harap ada fasilitas AC ya. Mandi saja selalu memakai air hanyat bahkan untuk BAK saja kami memilih memakai air hangat. Pagi hari kami mencoba melawan hawa dingin dengan berjalan kaki menuju pasar tradisional di dekat penginapan.

Lumayan menghangatkan tubuh juga lho. Setelah puas membeli cemilan di sekitar pasar kami kembali ke penginapan untuk beberes dan lain-lain. Lalu lanjut ke puncak Pusuk.

Penginapan di Sembalun Rinjani

Ada banyak penginapan di daerah Sembalun tinggal temna-teman pilih sesuai view yang diinginkan. Boleh banget nawar ya. Tapi jangan banyak-banyak juga nawar harganya hehe. Kami dapat harga 250 rb (setelah ditawar) dengan fasilitas spring bed kapasitas keluarga, tanpa sarapan, interior kamar serba kayu, dapur masak lengkap dengan kompor dan perlatannya, air hangat dan teras yang langsung bisa dipakai untuk menikmati suguhan pemandangan alam rinjani yang indah banget Masyaallah.

penginapan di rinjani sembalun, penginapan di sembalun rinjani,
Penginapan di Puncak Sembalun Rinjani View Menghadap Gunung

Harga Penginapan di Sembalun Rinjani

Ada beragam harga ya. Kamu bisa cek di google. Rate mulai dari seratus ribuan juga ada hingga di atas 500 ribu juga ada. Tinggal budget teman-teman berapa disesuaikan saja. Kalau kami memilih rate tengah-tengah karena mempertimbangkan kenyamanan minimal saja.

harga penginpan di sembalun rinjani, sembalun rinjani trek,
pesona sembalun rinjani, sembalun bumbung, sembalun rinjani trek, www.sakinahbersamamu.com

Wisata di Sekitar Sembalun Rinjani

Karena disini adalah spot alami semua jadi semua wisata di sekitar lereng rinjani adalah wisata alam semua. Yuk simak ada wisata apa saja disana. Sayangnya kami belum bisa ke kebun kopi huhu. Karena mengejar waktu harus ke desa Sade tempat suku sasak, sirkuit Mandalika dan lanjut ke penyeberangan untuk pulang hehe.

Puncak Pusuk Rinjani

Jika kamu mendaki gunung Rinjani maka kamu akan berhenti di puncak gunung. Nah Pusuk ini juga merupakan puncak versi jalan raya rinjaninya. Karena setelah melewati puncak Pusuk ini jalan akan cenderung turun terus hingga sampai di kota Mataram.

Sebelum sampai di Pusuk jalan cenderung berliku dan menanjak agak tajam namun sekali lagi setelah puncak Pusuk jalan sudah akan turun terus.

Di puncak Pusuk ini kamu akan disuguhkan pemandangan indah banget pokoknya. Kamu bis alihat dari foto yang kami ambil dari puncak Pusuk ini ya.Bayarnya 5 ribu. Hanya untuk melihat pemandangan dan spot foto serta sensasi takut juga karena di sini monyet berkeliaran bebas dan banyak.

pesona sembalun rinjani, pesona rinjani, gunung rinjani lombok,
Puncak Pusuk Sembalun Rinjani

Bukit Selong Sembalun Lawang Rinjani

Bukit Selong terletak di Sembalun Lawang. Sebuah bukit dimana kamu bisa menikmati pemandangan sawah masyarakat yang rapi seperti terkota-kotak indahlah pokoknya dari atas bukit. Ini juga salah satu spot hits di kawasan Rinjani.

bukit selong lombok, wisata di sekitar sembalun rinjani,
bukit selong lombok, bukit selong sembalun rinjani, wisata di sembalun rinjani,

Kebun Kopi Sembalun Lawang Rinjani

Layaknya kebun kopi di bukita yang tinggi namun memiliki banyak spot indah karena berada di lereng rinjani tentunya. Sehingga banyak spot cantik di sini unuk bisa dinikmati. Salah satu spot hit yang viral adalah jembatan kacanya yang bikin dag dig dug bagi yang menaikinya tapi bisa terbayar oleh kepuasan yang tak ternilai lho.

Kebun Strawbery Sembalun Bumbung

Untuk kebun strawbery ini rerata milik pribadi warga Sembalun yang dijadikan ladang ekonomi juga. Alhamdulillahnya kami dapat gratis masuk ke kebun strawbery di sebelah penginapan serta mencicipi gratis juga lho.

Kebun strawbery rerata merupakan milik pribadi yang ditawarkan ke para pengunjung rinjani. Jadi ada banyk kebun yang bisa dipilih. Sebenarnya kalau kebun strawbery ini umum bisa kita temui di daerah tinggi lainnya di Indonesia seperti Batu, Magelang, dan kota-kota lainnya yang cenderung dingin.

Nah jadi rekomended juga nih penginapan yang kami pilih untuk bisa dijadikan pilihan kamu yang mau berkunjung ke Sembalun Rinjani ya.

Kebun sebelah penginapan jadi bisa free Alhamdulillaah

Taman Nasional Gunung Rinjani

Jika kamu akan mendaki ke rinkani, maka kamu wajib melakukan perizinan pendakian ke kantor taman nasional gunung Rinjani ini dengan membawa surat keterangan sehat juga ya. Taman nasional gunung Rinjani kurang cocok bagi kamu yang membawa bayi ataupun balita ya.

Untuk itu dari kantor taman nasional ini kamu naik lagi aja ke tas meneruskan perjalanan menuju ke Sebalun Bumbung dan wisata lainnya hehe.

Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa tergoda juga untuk berkunjung ke Lombok ya. Indonesia luar biasa pokoknya deh. Salam jalan-jalan ya huhu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.