Apakah Natto Halal – Sakinahbersamamu.com. Dari sekian banyak perbedaan antara Indonesia dan Jepang ternyata ada juga makanan khas Jepang yang mirip dengan makanan di Indonesia lho. Sebagian orang Indonesia yang pernah mengkonsumsinya saat tinggal di Jepang menyebutnya mirip dengan tempe jika di Indonesia.

Yah natto. Makanan asli Jepang ini sering dijadikan menu sarapan pagi di sana.

Natto telah dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Mulai dari kalori, protein dan lemak tak jenuh. Natto cocok dikonsumsi untuk mereka yang diet serta untuk menutrisi organ pencernaan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Mungkin bagi kamu yang suka menonton film berlatar negara Jepang pernah menemukan hidangan yang sekilas terlihat seperti butiran kacang kedelai kecokelatan dan lengket antar butiran kedelenya. Pertanyaannya apakah natto memang terbuat dari kedelai.

Mungkin sudah banyak yang penasaran dengan makanan asli Jepang ini karena di google pun sudah banyak yang berjualan lho. Dengan harga yang bervariasi dan cukup ramah kantong tentunya.

Siapa tahu akan ada natto versi Indonesia ya hehe.

Natto Terbuat Dari Apa, Apakah Natto Halal

natto halal, natto beli di shopee, penjual natto online,
Sumber: nyrture.com

Natto adalah salah satu makanan berasal dari Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai tersebut lalu di fermentasi dengan bakteri natto yang didiamkan beberapa saat sekitaran 24 jam kemudian baru bisa dinikmati sebagai hidangan.

Sebelum dinikmati natto biasanya diolah sebentar agar hangat dan rasanya lebih bisa enak untuk disantap. Bisa ditambahkan kecap manis dan asin sama taburan potongan daun bawang agar harum dn sedap.

Bagaimana Gambaran Rasa Natto Di Lidah Orang Indonesia

Hasil interview dengan mahasiswa Indonesia yang pernah tinggal di Jepang selama kurang lebih 3 tahun, menyebutkan bahwa natto ini kalau di Indonesia mirip dengan tempe yang kematengan atau hampir mendekati membusuk tetapi tidak busuk bangetlah ya, jadi baunya sengau-sengau gimana gitu dan benyek.

Ada juga orang Indonesia yang lebih menyebut natto ini irip dengan oncom. Nah yang suka oncom bisa mulai meraba-raba kaya apa natto ini ya. Hehe penasaran ya …

Bagi kamu yang pertama kali mengkonsumsinya pasti akan merasa aneh, dan keungkinan tidak langsung bisa menyukainya. Butuh waktulah lidah Indonesia untuk bisa menyukai natto ini.

Nah terbayang ya seperti apa rasa natto. Faktanya tak semua orang Jepang juga menyukainya mengingat ada bau khas kedelai yang telah difermentasi tersebut. Namun katanya hari ini sudah ada natto yang tidak berbau seperti natto yang dulu.

Natto Beli Di mana

Untuk pembelian natto di Indonesia saat ini lebih mudah ditemukan di online. Jika kamu punya info tempat pembelian natto di offline kamu bisa kasih informasi melalui kolom komentar ya.

Sementara info pembelian natto bisa didapat di shoppe dan beberapa marketplace lain. Buat kamu yang penasaran bisa langsung mencoba beli di online ya. Coba ketik saja di google nanti sudah banyak bermunculan penjual-penjual natto guys.

Cara menikmatinya tinggal dihangatkan saja dan ditambah dengan bumbu lain seperti kecap asin dan kecap manis serta potongan daun bawang untuk menambah aroma sedap dan wangi.

Apakah Natto Halal Bagi Muslim

Natto halal dikonsumsi muslim jika dilihat dari bahan dasar yang digunakan untuk membuat natto yaitu kedelai fermentasi. Tetapi jika kamu mengkonsumsi natto di Jepang biasanya dicampur dengan soyu. Soyu ini masih ada sebagian yang belum halal.

Jika kamu ragu, maka cukup konsumsi nattonya saja tanpa soyu. Kecuali kamu sudah mengetahui jika soyunya sudah halal. Soyu biasanya disajikan dengan cara terpisah dengan natto jadi cukup mudah menghindari soyu saat ingin menikmati natto ya.

Fakta Unik Tentang Natto

Berdasar hasil review dari beberapa sumber, ada beberapa fakta tentang natto.

1. Natto Ditemukan Dengan Cara Tidak Disengaja

Konon di tahu 1500 an saat terjadi peperangan orang Jepang baru menyadari bahwa mereka memiliki simpanan kedele. Saat baru tersadar itu ternyata kedele sudah mulai membusuk. Karena persediaan makanan saat itu minim bahkan nyaris tidak ada, orang Jepang tetap mengkonsumsinya.

Ternyata kedele hampir busuk itu bisa dirasa enak oleh orang Jepang hingga sampai sekarang tetap dikonsumsi.

2. Tidak Semua Orang Jepang Menyukai Natto

Meskipun natto merupakan makanan asli dari Jepang, kenyataannya tidak semua orang Jepang menyukainya. Salah satunya karena baunya yang mirip tempe yang juga mendekati busuk. Tetapi menurut informasinya, kini di Jepang telah hadir natto yang tidak berbau sama sekali lho.

Sehingga orang Jepang yang tidak menyukai natto karena baunya bisa mulai ikut mengkonsusinya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Natto mengandung banyak nutrisi baik salah staunya protein tinggi

Natto sudah terbukti mengandung protein tinggi dan memberi manfaat baik untuk pencernaan. Selain itu natto juga menghasilkan enzim nattokinase lho.

Enzim nattokinase ini bermanfaat untuk antioksidan, dan melarutkan gumpalan darah serta baik juga untuk pencernaan.

Nah sudah mulai tertarik konsumsi natto?

4. Natto Sering Dijadikan Sebagai Menu Sarapan

Fakta selanjutnya natto sering dikonsumsi sebagai menu sarapan. Disajikan dengan semangkuk nasi hangat begitu saja sudah bisa dinikmati. Menu simpel khas Jepang dengan bahan dasar yang simpel juga. Mungkin kalau di Indonesia seperti menggoreng tempe setiap pagi.

5. Natto Mirip Tempe di Indonesia

Untuk mempermudah saja natto ini mirip tempe. Mulai dari bahan dasarnya, cara pengolahannya yang juga ditabahkan bakteri (meski bakteri untuk fermentasinya beda), bau menyengatnya juga. Tapi tetep beda dalam hal rasa dan bentuknya setelah bisa dikonsumsi ya.

Itulah informasi dan sedikit fakta tentang natto. Baut kamu yang muslim yang sempat mempertanyakan apakah natto halal, semoga artikel ini bisa menjawabnya ya. Sudah mulai tertarik mencobanya?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • jujur aku penasaran banget sama rasa natto. liat di instagram ada yng review enak sama gak enak, jadi makin penasaran. mau beli tapi takut nyesel 🙁