TOKKO Plus. Era digital sungguh memberi banyak dampak positif pada proses dan model pemasaran produk UMKM saat ini. Bukan jamannya lagi sepertinya jika UMKM hanya mengandalkan pasar secara offline. Membangun toko atau menyewa ruko, memasarkan door to door ke outlet-outlet tentu sudah bukan jamannya lagi.

Pertanyaannya, sudahkan SDM dalam manajemen UMKM memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalankan bisnisnya secara online. Mengingat begitu banyak variabel yang harus dikuasai untuk bisa memperluas pasar di market online.

Mulai dari bagaimana membuat website, desain website, membuat desain konten, membuat konten pemasaran, media pemasaran di Google, bagaimana membuat perencanaan untuk pasang iklan Google, pasang iklan Facebook dan Instagram, membuat fitur pemasaran lain dan sebagainya.

Tentu semua variabel pemasaran online tersebut bisa jadi masih sangat terbatas untuk bisa dikuasai oleh pelaku UMKM seperti saya. Ya saya memiliki produk yang dipasarkan secara online juga. 

Sebagai pelaku UMKM juga sempat bertanya-tanya sendiri, bagaimana ya caranya agar bisa benar-benar serasa jualan online beneran.  Punya website jualan sendiri tanpa harus ribet daftar dengan banyak persyaratan, bisa langsung terakses dengan calon pembeli langsung melalui no WA saya. Tanpa ribet membeli domain dan hosting tanpa ribet membuat desain website toko online.

Akhirnya, semua dijalani saja semampunya seadanya media jualan online yang bisa dimanfaatkan.  Kendala pemasaran online belum selesai sampai disini.

Pertanyaan saya lagi, media pemasaran online apa yang saat ini cocok untuk UMKM di Indonesia di era digital yang tanpa ribet daftarnya, komunikasi bisa langsung dari pembeli ke penjual melalui kontak WA, proses transaksi pun bisa langsung antara penjual dan pembeli. Memangnya ada?

Dengan berjalannya waktu belum lama ini saya banyak membaca tentang situs langganan TOKKO Plus.

Sebelum saya menulis lebih banyak lagi tentang pengalaman menggunakan TOKKO Plus, ada sedikit tips memilih media atau aplikasi untuk berjualan online atau digital yang mungkin juga bisa bermanfaat bagi pemula yang ingin berjualan online.

Tips Memilih Media Jualan Online

Harus diakui bahwa setiap produk memiliki media tersendiri yang cocok untuk digunakan pemasaran yang tepat. Sebagai pelaku UMKM harus memahami tentang target pasar produknya.

Misalnya, targetnya adalah ABG millennial. Kira-kira apa cocok jika memakai media facebook. Atau targetnya adalah para generasi baby boomer. Apakah cocok jika memakai media instagram.

Sepanjang pengalaman berjualan online ada sedikit tips dari saya, tentang memilih media jualan online:

  1. Tentukan dulu target pasar produk
  2. Riset di beberapa media termasuk media google
  3. Kenali karakter setiap media
  4. Pilih media yang cocok untuk target pasar
  5. Pilih media jualan online yang memudahkan dan memiliki banyak fitur menguntungkan pihak seller atau pihak UMKM

Tips tersebut di atas akan berkaitan dengan poin yang akan saya tulis selanjutnya. Yaitu tentang situs aplikasi buat website online shop gratis  dan bagaimana langganan TOKKO Plus. Yang sejauh ini menurut saya sangat menguntungkan dan memudahkan pihak seller atau pelaku UMKM.

Apa sih TOKKO

Salah satu aplikasi toko online shop ini bernama TOKKO. Sebuah aplikasi jualan online sendiri yang membuat usernya serasa jualan online beneran. Lebih jelasnya apa sih TOKKO?

TOKKO adalah sebuah aplikasi D2C (direct-to-consumer) untuk membantu pelaku UMKM membangun digital brand identity dengan memiliki online store-nya sendiri dan berjualan langsung ke konsumennya. TOKKO diciptakan untuk yang ingin memberikan pengalaman belanja online yang mudah, anti ribet, aman dan menyenangkan bagi para pelanggan secara langsung.

Ternyata TOKKO berawal dari Indonesia, dibangun dengan cinta oleh tim global berpengalaman. TOKKO didirikan oleh nama-nama besar di dunia digital dan e-commerce, yang merupakan profesional terbaik dari Lazada, Zalora, Sephora, Fabelio, dsb.

Fitur TOKKO

Untuk fitur TOKKO bisa baca di pict di gambar di bawah ini ya. Baru ini saya menemukan situs aplikasi jualan online yang bisa menghubungkan pembeli dan penjual secara langsung dan gratis lagi. Tanpa ribet bikin website jualan sendiri, gak perlu pusing bayar domain hosting website serta jasa desain themenya.

toko online,jualan online,cara jualan online,cara bisnis online,cara memulai bisnis online,cara berjualan online,aplikasi online shop

Ini baru namanya jualan beneran. Jadi dengan berlangganan fitur TOKKO Plus nih kita bisa menikmati fitur integrasi marketing antara FB, IG dan Google hanya dari satu aplikasi TOKKO Plus ini. Terbayangkan bagaimana mudahnya dan serta keuntungan memakai fitur berlangganan TOKKO Plus.

Note: Catat lagi ya, bahwa salah satu program unggulan jika berlangganan TOKKO Plus ini adalah fitur marketing yang terintegrasi antara FB, IG dan google ya. Cek promo menarik dari TOKKO Plus di poin selanjutnya ya

Tutorial Cara Download TOKKO

Segera memutuskan menjadi user TOKKO saat ini mungkin merupakan satu langkah tepat untuk segera bisa berjualan online di situs jualan sendiri. Bagaimana cara memiliki situs TOKKO ini. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Download TOKKO  (untuk mendapatkan aplikasi TOKKO)
  2. Lakukan pendaftaran dengan sangat mudah dalam hitungan detik. Hanya input no wa saja lho.  (Ikuti saja langkahnya tanpa ribet, tanpa banyak syarat)
toko online,jualan online,cara jualan online,cara bisnis online,cara memulai bisnis online,cara berjualan online,aplikasi online shop, bawang goreng online

3. Dapatkan kode khusus ke WA kita

Langganan TOKKO Plus,Daftar TOKKO Plus,Pasang Iklan Facebook dan Instagram,Pasang Iklan Google,Integrasi iklan facebook, instagram dan google

4. Dapatkan link toko dari TOKKO (untuk disebarluaskan ke konsumen)

aplikasi toko,buat toko online,aplikasi jualan online sendiri,aplikasi buat website online shop gratis,aplikasi buat bikin toko online, jualan online mudah

Ini saya ss kan saat dulu awal pendaftaran ya.

5. Siapkan toko dengan upload pict produk

Tampilan katalognya nanti akan seperti ini ya.

bawang goreng probolinggo,bawang goreng garing,bawang goreng hunay probolinggo,hunay bawang goreng,kue bawang goreng,bawang goreng monita,bawang goreng bubuk, bawang goreng jakarta murah

6. Selesai ya

Apa Bedanya Dengan TOKKO Plus

Program TOKKO Plus adalah program langganan untuk memaksimalkan kebutuhan bisnis online merchant. Dengan fitur TOKKO Plus, pelaku UMKM bisa mendapat lebih banyak traffic menggunakan Integrasi Ads melalui Google, Facebook, dan Instagram. Selain itu, TOKKO juga akan meluncurkan banyak fitur baru dalam waktu dekat.

Promo TOKKO Plus

Langganan TOKKO Plus saat ini sedang ada promo. Sebagai pelaku UMKM ini merupakan angin segar yang bisa dinikmati segera kesempatannya. Jualan online tanpa ribet dan aman. Satu link jualan bisa terintegrasi ke banyak media. Sebuah benefit yang luar biasa menguntungkan bagi user TOKKO Plus nih.

aplikasi toko,buat toko online,aplikasi jualan online sendiri,aplikasi buat website online shop gratis,aplikasi buat bikin toko online

Sekarang mau JUALAN ONLINE BENERAN jadi makin mudah dengan TOKKO, aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia untuk bantu UMKM buat usaha online dan website online beneran langsung dari smartphone dalam hitungan detik. Selamat mencoba ya.


Artikel Terkait:

Bisnis Kuliner Rumahan, Lengkap di Yummy App

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *