Masjid Merah Pandaan Pasuruan. Serasa di Villa

fasilitas masjid merah pandaan, area parkir masjid merah pandaan, cafe di masjid merah pandaan, pemandangan di masjid merah pandaan

Masjid merah Pandaan Pasuruan. Seperti biasa nih tanpa rencana ketidak sengajaan dalam perjalanan pulang dari kepentingan pekerjaan itupun berujung pada masjid merah Pandaan ini. Jadi pada Rabu 17 Februari 2021 kemarin kami berkesempatan mengunjungi masjid merah pandaan yang indah ini. Masyaallah.

villa-masjid-merah-pandaan-villa-pandaan-view-gunung-Arjuno
area outdoor cafe

Cerita Masjid Merah Pandaan

Ceritanya, sehabis sholat dzuhur kami berangkat ke lokasi survey proyek di sekitar Kaliandra Prigen. Berangkatnya kami lewat Pandaan untuk menuju Kaliandra. Tetapi pulangnya kami memilih untuk lewat jalur Taman Safari Prigen. Sempat berniat mampir ke Taman Safari tetapi kami urungkan karena sudah sore dan hujan. Kuatirnya pemandangan hewannya kurang maksimal.

Dalam perjalanan pulang itu kami melewati Taman Dayu dan entah kenapa suami mengajak masuk ke area ruko di Taman Dayu dan meneruskan masuk. Di perempatan pertama setelah area ruko kami belok kanan tanpa tujuan. Ya karena ingin tahu saja ini jalan akan tembus mana. Gitu aja.

Qadarullaah, setelah beberapa ratus meter kami melihat petunjuk arah bertuliskan masjid merah. Kami belum begitu penasaran dengan terus melajukan perjalanan. Tak lama kami menemui jalan masuk menuju masjid merah Pandaan ini.

Kami masih belum berniat untuk berhenti di masjid ini mengingat kami juga sudah sholat ashar di masjid sekitar Prigen sebelum sampai Taman Dayu. Setelah semakin memasuki area masjid tetiba kami sepakat untuk berhenti sejenak menikmati pemandangan di sekitar masjid ini.  

Fasilitas Umum Masjid Merah Pandaan

Paling demen menulis poin ini dan poin suasana atau pemandangan di sekitar masjid. Jadi fasilitasnya lumayan lengkap dibanding masjid-masjid pada umumnya.

 Pertama, toilet. Jujur nih palin sensitif membahas soal fasum satu ini. Tapi di masjid ini toiletnya besar berisi banyak kamar toilet dengan dua pilihan model WC jongkok dan duduk. Serta tempat wudlunya juga sangat memadahi sekaligus tersedia tempat berias untuk toilet wanita. Yang tak kalah penting adalah kondisi toilet yang bersih, wangi, interiornya juga modern. Sepertinya cleaning servicenya juga stanby di sana. Allaahu a’lam.

Kedua, tempat parkirnya luas. Tepat di depan halaman masjid ada parkir, di samping tempat makan juga masih ada parkir serta masih banyak lahan kosong lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk parkir.

Ketiga, kantin atau cafe. Saya lebih cocok menyebutnya dengan cafe. Di cafe ini tersedia tempat makan outdoor dan indoor. Sayangnya saat sudah memilih outdoor tak lama gerimis kecilpun datang, jadilah kami pindah ke lantai dua. Meskipun di lantai satupun juga ada fasilitas indoor untuk makan.

masjid-keren-masjid-hits-masjid-merah-masjid-merah-pandaan-pasuruan-hits
area outdoor cafe

Dilantai dua pengunjung akan dimanjakan dengan ruang makan dengan interior serba kayu yang sangat klasik dan cocok sekali dengan pemandangan di sekitar. Iya serasa di rumah desalah. Jadi ingat cafe sawah Pujon.

ruang-makan-cafe-masjid-merah-taman-dayu-masjid-merah-taman-dayu-pandaan-unik-cantik

Baca Juga: Cafe Sawah Pujon

 Menunya juga tersedia banyak begitu juga menu minumannya juga banyak yang kekinian. Satu lagi yang saya suka adalah dapat bonus kentang goreng  buat cemilan. Beli satu posrsi menupun dapat bonus kentang goreng. Nah enakkan.

masjid-merah-pandaan-keren-masjid-merah-masjid-hits-masjid-kekinian

Keempat, ruang rapat ber AC dengan kapasitas 60 orang juga tersedia di sini. Sayangnya belum berkesempatan melihat dan mendokumentsikannya ya. Hanya membaca informasi yang tersedia di sana.

Jadi kalau butuh tempat peristirahatan di sekitar Pandaan untuk sholat dan melepas lelah sejenak setelah perjalanan, sangat rekomendasi deh ke masjid merah pandaan satu ini yang unik indah dan asri.

Rute Menuju Masjid Merah Pandaan

Ini rute yang kami tahu untuk sementara. Jadi masuknya lewat pintu masuk akan keTaman Dayu. Masuk aja terus hingga perematan pertama. Ini memang akses ke wilayah penduduk, bukan area perumahan Taman Dayu.

Di perempatan pertama ini pilih untuk belok kanan. Ikuti saja jalan kampung yang ada sampai menemukan petunjuk masjid merah ini. Mudah bangetlah pokoknya dan tidak jauh dari setelah belok kanan dari perempatan tadi. Jadi akan terlihat juga dari lokasi masjid ini jalan utma menuju Taman Dayu.

Pemandangan dan Suasana di Sekitar Masjid

masjid-merah-masjid-hits-di-pasuruan-masjid-merah-pasuruan-masjid-merah-pandaan-hits

Di sini pengunjung akan disuguhkan pemandangan dua gunung di sisi yang berbeda. Ada gunung Penanggungan dan gunung Arjuno dengan panoramanya yang sangat jelas sekali membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

suasana-di-masjid-merah-pandaan-pasuruan-pemandangan-gunung-di-masjid-merah-pandaan-masjid-merah-pandaan-rute-rute-menuju-msjid-merah-pandaan
70 % area masjid terlihat dari cafe lantai 2

Sembari menikmati suasana alamnya pengunjung disediakan tempat ngopinya sekaligus yang langsung menghadap gunung Arjuno. Wah kurang apa coba, waktu sholat tiba pengunjung tinggal melangkahkan kaki menuju masjid yang berjarak tidak jauh juga dari cafe.

cafe-di-masjid-merah-pandaan-pemandangan-di-masjid-merah-pandaan-pasuruan-toilet-di-masjid-merah-pandaan-msjid-terdekat-dari-sini-masjid-terdekat-di-Taman-dayu

Namun, jika dari sisi masjid yang terlihat adalah gunung Penanggungan. Tepatnya terlihat di belakang cafe. Otimatis pemandangannya makin asri alami dan hijau karena di sekitar masjid atau di lokasi terdekat dari masjid masih berupa sawah yang masih aktif ditanami padi. Wiih semakin terbayangkan nikmatnya berkunjung ke sana.

Tak ketinggalan hiasan lampu-lampu kuning kecil bergantungan di sekiatr area cafe. Bagus untuk berfoto di malam hari. Menjelang gelapun lampunya sudah dinyalakan jadi bagus juga saat langit mulai gelap lalu ada penerangan dari lampu-lampu ini.

Sedangkan suasana di dalam masjidnya, kami belum berkesempatan masuk. Karena memang bukan waktu sholat dan qadarullaah sedang mencari tempat makan juga.

Oia tempat ini cocok untuk keluarga dan pasangan juga ya. Anak-anak mungkin hanya bisa makan. Itupun menunya juga menu orang dewasa semua. Jadi dari informasi ini bisa dikondisikan sendiri jika harus membawa anak-anak.

One Reply to “Masjid Merah Pandaan Pasuruan. Serasa di Villa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *