Rekomendasi Cerita Dongeng dan Manfaat Membacakannya Kepada Anak

cerita-dongeng, cerita dongeng anak, cerita dongeng bergambar, cerita fabel

Cerita dongeng. Membacakan cerita dongeng anak sebelum tidur merupakan cara tradisional untuk mempererat hubungan ibu dan anak yang hingga saat ini masih sangat efektif. Dan secara tidak langsung, kegiatan sederhana ini akan meningkatkan minat baca kepada anak yang nantinya akan sangat membantu hidupnya ketika sudah dewasa.

Cerita anak atau dongeng anak kebanyakan memang hanya dibacakan agar anak cepat mengantuk dan segera tidur. Bahkan, tidak sedikit orang tua yang pintar mendongeng sendiri tanpa membaca cerita yang sudah ada untuk anaknya.

Padahal, ada manfaat yang lebih besar dari membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur yang mungkin tidak Anda sadari.

Manfaat Membaca Dongeng Anak Sebelum Tidur

cerita-dongeng, cerita dongeng anak, cerita dongeng bergambar, cerita fabel

Tahukah Anda, ternyata membaca dongeng anak sebelum tidur bukan hanya bisa membuatnya cepat terlelap. Tetapi juga membantu pertumbuhan otak, kebiasaan, dan cara berpikir mereka ketika sudah dewasa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat membaca dongeng anak untuk pertumbuhan buah hati.

  • Meningkatkan kemampuan bicara buah hati dengan menambah kosa kata baru dalam ingatan mereka
  • Melatih daya imajinasi dan kemampuan berpikir anak
  • Mempererat hubungan anak dan orang tua
  • Membantu anak mengenal pelajaran hidup sederhana dari setiap dongeng
  • Meningkatkan minat baca buku pada anak

Poin yang terakhir adalah salah satu yang paling penting, mengingat minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah yang berdampak pada rendahnya kualitas SDM dan tingkat ilmu pengetahuan masyarakat.

Dengan membiasakan baca dongeng sebelum tidur, khususnya dongeng di dalam buku, Anda bisa memperkenalkan literasi lebih cepat dibandingkan anak yang lain.

Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Singkat dan Pesan Moralnya

Berbeda dengan membaca cerita dongeng, mendongeng dari imajinasi sendiri bukanlah hal yang mudah. Bahkan tidak banyak orang tua yang bisa mendongeng dengan baik dan membuat cerita yang menarik untuk buah hati mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa cari jalan yang lebih mudah dengan membaca rekomendasi dongeng anak singkat yang paling umum di bawah ini.

Dongeng Kancil dan Kura-kura

Dongeng anak yang pertama ini sangat terkenal bukan hanya di Indonesia, namun sampai ke negara lain di Asia Tenggara. Sesuai dengan judulnya, dongeng ini menceritakan tentang si kancil yang bisa berlari sangat cepat dan kura-kura yang hanya bisa berjalan lambat.

Suatu hari, kancil menyombongkan diri dan menantang kura-kura untuk berlomba lari. Kancil yang sombong langsung berlari setengah jalur sampai dekat garis finish. Namun, ia merasa bosan menunggu kura-kura dan tidur di bawah pohon.

Tanpa disadari, kura-kura sudah berada selangkah di depan garis finish dan kancil tidak bisa mengejanya lagi.

Pesan moral dari dongeng ini adalah kita tidak boleh sombong dan menganggap remeh orang lain. Selain itu, kura-kura membuktikan bahwa kegigihan bisa mengalahkan bakat dan kemampuan yang tidak diasah.

Dongeng Pinokio si Boneka Kayu

Selanjutnya ada dongeng dari era 90’an yang diadaptasi dari cerita luar negeri, namanya adalah Pinokio. Pinokio adalah boneka kayu yang bisa bicara yang dibuat oleh Gepetto. Namun, ia punya satu keajabian, yaitu hidungnya akan selalu memanjang ketika Pinokio berbohong.

Tetapi hal tersebut tidak membuatnya berhenti berbohong. Walaupun akan langsung ketahuan, Pinokio tetap saja mengatakan hal yang sebenarnya tidak terjadi baik disengaja maupun secara tidak sadar. Dan kebohongannya membawa Pinokio ke situasi yang sangat membahayakan.

Cerita Pinokio ini memiliki pesan moral bahwa kita harus selalu mengikuti apa kata orang tua. Selain itu, Pinokio juga mengajarkan bahwa kita tidak boleh berbohong. Sebab dari satu kebohongan, akan ada kebohongan lainnya yang dibuat untuk menutupi kebohongan pertama.

Dongeng Manusia dan Pohon Apel

Cerita dongeng manusia dan pohon apel adalah salah satu kisah yang punya banyak makna untuk kehidupan. Bahkan orang dewasa sekalipun bisa memetik pesan moral yang sangat banyak dari cerita satu ini.

Dongeng manusia dan pohon apel dimulai dari seorang anak kecil yang memiliki pohon apel di dekat rumahnya. Setiap hari, sang anak bermain di bawah pohon apel tersebut, tidur di bawah teduhnya dedaunan pohon apel, dan menikmati manisnya buah apel.

Ketika sang anak sudah beranjak remaja dan tidak pernah bermain dengan pohon apel kembali. Pohon apel menjadi kesepian dan merasa sedih.

Suatu hari, sang anak kembali menemui pohon apel dalam keadaan kelaparan. Sang pohon dengan berbaik hati memberikan semua buah apelnya agar anak tersebut bisa menjual dan mendapatkan uang. Anak itu kemudian pergi dan tidak kembali lagi.

Ketika sang anak kembali, ia bercerita bahwa rumahnya baru saja kebakaran. Sang pohon dengan baik hati memberikan seluruh batang pohon di tubuhnya agar sang anak bisa membangun rumah kembali. Akhirnya, sang anak pergi dengan membawa kayu dan tidak kembali lagi.

Puluhan tahun berlalu, sang anak kini sudah tua ketika datang kembali ke pohon apel. Sang pohon pun sudah tidak memiliki apa-apa lagi, sebab pohon dan batangnya sudah diberikan kepada sang anak.

Namun, sang anak berkata “Kini aku sudah sebatang kara, dan hanya butuh tempat untuk beristirahat”. Sang anak akhirnya bersandar pada pohon apel dan beristirahat selamanya.

Banyak orang yang mengibaratkan bahwa pohon apel diibaratkan sebagai orang tua yang akan memberikan apapun untuk kebahagiaan anak mereka. Ada pula yang berpendapat bahwa pesan moral cerita ini adalah teman sejati tidak akan pergi dalam keadaan apapun.

Namun pelajaran yang paling penting untuk kita petik adalah untuk selalu menjadi orang yang ringan tangan dan mau membantu orang lain. Dan juga, selalu berterima kasih dan bertimbal balik ketika diberikan bantuan.

Cerita Dongeng 1001 Malam

Dongeng terakhir dan penuh makna yang bisa Anda bacakan kepada anak adalah dongeng 1001 Malam atau The Arabian Night: One Thousand and One Night.

Beberapa dari Anda mungkin ada yang sudah pernah dengar kisah ini dari film Aladdin atau dari kartun Doraemon. Namun dongeng 1001 Malam bukan menceritakan 2 kisah itu saja.

Sesuai dengan namanya, dongeng ini menceritakan kejadian setiap malam dalam 1001 malam di Timur Tengah. Itulah mengapa, dongeng ini punya 1000 makna yang sangat dibutuhkan bukan hanya oleh anak-anak namun juga orang dewasa.

Karena berlatar di bawah langit Arab, Anda juga bisa membacakan dongeng ini sambil menanamkan budaya dan pengetahuan tentang agama kepada buah hati.

Dongeng 1001 Malam ini termasuk cerita panjang yang mustahil jika harus diingat seluruhnya. Oleh karena itu, Anda bisa membeli buku dongeng 1001 Malam yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Harganya hanya sekitar 100 ribu per set, tapi seluruh kisah yang terjadi dalam 1001 Malam terbagi menjadi 8 set buku.

Demikianlah kumpulan cerita dongeng anak yang bisa dibacakan sebelum tidur. Kami sarankan Anda membaca dongeng ini dalam versi buku cetak. Sebab metode inilah yang paling efektif dalam meningkatkan minat baca anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *