Penyebab dan Cara Menangani Hb Rendah Saat Hamil

Spread the love

Hb rendah saat hamil. Ini pernah saya alami sendiri dua kali, yaitu pada kehamilan anak saya yang kedua dan ketiga. Namun Alhamdulillaah mereka berdua akhirnya lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan yang juga normal. Mengingat kondisi Hb ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan janin. Kok bisa BB normal? Ya qadarullaah hehe. Banyak-banyakin doa aja.

Lalu apakah bahaya jika mengalami kondisi Hb rendah saat hamil? dan apa saja penyebab Hb rendah saat hamil? serta bagaimana mengatasi Hb rendah saat hamil? Adakah diantara bunda yang saat ini sedang cemas karena kondisi Hb rendah saat hamil? Yuk belajar lagi, dibaca sampai selesai ya.

Pengalaman Hb Rendah Saat Hamil

hb rendah saat hamil, bahaya hb rendah saat hamil, cara meningkatkan hb, hb rendah menjelang persalinan
Ilustrasi Gambar by Canva

Baiklah, dalam artikel kali ini saya memang sedang ingin menuliskan penglaman pribadi tentang Hb rendah saah hamil.  Ini berarti juga bahwa saya akan berbagi pengalaman kehamilan anak ketiga.

Dalam artikel yang lain saya juga telah tuliskan artikel (pengalaman pribadi juga) tentang Hb rendah saat menjelang persalinan.

Jadi pada satu hari di usia kehamilan tujuh bulan tiba-tiba saya merasa pusing hebat sekali. Ini rasa pusing terhebat yang pernah saya rasakan selama hidup. Jadi karna terlalu hebatnya sampai semua benda di sekitar terasa berputar tak terkendali dan saat itu terjadi mata rasanya ingin terpejam sampai tidak terasa berputar.

Di hari pertama kejadian itu saya masih menyempatkan diri untuk sholat duha. Alhasil, spontan tubuh saya tersungkur jatuh ke lantai tanpa bisa dikendalikan dan langsung muntah. Saya tidak berani bangun karena putaran itu masih terasa di kepala. Semua yang dimakan termuntahkan. Wow bagaimana nasib janin yang saya kandung kalau makanan saja tidak ada yang bisa masuk.

Setelah sedikit reda, saya mencoba menghubungi beberapa teman yang berprofesi sebagai dokter melalui seluler. Saya tidak berani keUGD karena saat itu masih genting-gentingnya Sidoarjo menjadi zona merah covid-19.

Awalnya saya belum tahu kalau ini namanya adalah vertigo. Gejala ini (pusing berputar) disebabkan oleh banyak faktor juga ternyata, setelah saya konsultsikan dengan dokter di salah satu R.S di Sidoarjo. Dan kebetulan saat itu Hb saya juga rendah sekali. Saya kurang tahu persis bagaimana korelasi antara Hb rendah dengan gejala vertigo.

Namun seiring waktu berjalan, saya diberi obat untuk meningkatkan Hb dan kemudian gejala vertigo saya juga berangsur normal. Nah, kembali lagi saya hanya fokus pada pembahasan Hb rendah saat hamil. Apa penyebabnya, bagaimana menanganinya, dan bagaimana bahayanya.

Pentingnyaa Hb dalam tubuh kita itu ternyata karena ia berperan dalam mengikat dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. Nah terbayangkan bagaimana krusialnya jika Hb kita rendah saat hamil.

Menyimak dari World Health Organization (WHO), kadar Hb normal ibu hamil sekitar 11 gram/dL. Sedangkan kadar Hb di bawah angka normal harus mendapatkan perhatian khusus untuk mengurangi dampak negtaif yang mungkin bisa terjadi. Hb saya saat itu hanya 6,2 gram/ dL.

Apa yang selanjutnya akan saya tuliskan merupakan hasil konsultasi saya sendiri dengan beberapa dokter kandungan yang saya kunjungi.

Apa Penyebab Hb Rendah Saat Hamil?

Ilustrasi Gambar by Canva

Ternyata ada banyak hal yang baru saya ketahui saat mengalami sendiri. Salah satunya, Hb rendah pada ibu hamil ternyata juga dikaitkan dengan beberapa keadaan misalnya risiko kematian ibu hamil, bayi lahir dengan berat badan rendah dan juga kelahiran prematur.

Oia saya juga sempat memiliki pengalaman tentang cara meningkatkan berat badan janin dengan cepat. Semoga bisa bermanfaat untuk yang lain. Next, penyebab Hb rendah adalah,

Kekurangan Gizi
Sesuai pengalaman juga saat akhirnya saya masuk UGD karena Hb rendah dan berlanjut pada gejala vertigo itu diawali dengan kondisi dimana pada satu bulan terakhir nafsu makan saya turun drastis. Padahal kondisi sedang hamil 7 bulan.

Kalau lapar dan malas makan saya lebih memilih minum susu ibu hamil. Terbayangkan bagaimana asupan nutrisi dalam tubuh saya saat itu. Meski vitamin dari dokter selalu saya minum setiap hari rutin, saya baru sadar bahwa asupan nutrisi tubuh yang utama adalah makanan. Adapun vitamin tambahan, susu hanyalah nutrisi pendukung saja.

Pertanyaannya, kenapa malas makan? Ya benar sekali. Karena saat itu rasa-rasanya pikiran ini penuh dan jenuh hehe. Singkat cerita distress (stres yang negatif) lah ya.

Jadi, teman-teman yang sedang hamil harus rajin-rajin makan asupan makanan yang bergizi dan beragam. Jika mulai malas makan segera kenali kondisi pikiran dan perasaan. Atau evaluasi jenis makanan. Rajin baca-baca artikel tentang cara meningkatkan Hb ya.

Kurang Istirahat

Ini poin yang juga saya alami di detik-detik masuk UGD karena hb rendah saat hamil. Jadi karena kondisi stres, pikiran tegang berlanjut pada istirahat kurang. Tidur tidak nyenyak, bangun-bangun badan tambah capek semua. Seperti insomnia begitulah kira-kira.

Jadi jangan abaikan pentingnyaistirahat cukup bagi ibu hamil ya. Kalaupun harus beraktivitas tinggi dan padat maka harus diimbangi dengan nutrisi cukup.

Memiliki Kelainan Medis

Saya sempat dicurigai atau diprediksi dokter memiliki kelainan medis terkait Hb. Karena ternyata ada satu penyakit yang diderita manusia itu gejalanya adalah tubuh tidak bisa maksimal memproduksi sel darah merah atau Hb. Penyakit tersebut sering di sebut thalasemia. Allaahu a’lam bis showwab.

Bagaimana Menangani Hb Rendah Saat Hamil?

Cara menanganinya ya dikembalikan ke poin penyebab ya. Jadi perbaiki asupan gizi dengan makan makanan yang bergizi dan beragam agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Kedua, istirhat yang cukup. Ketiga, hindari stres pikiran.

.

2 comments Add yours
    1. Alhamdlillaah mb. 2 minggu sbelum lahiran bumer meninggal. Sebelum meninggal kami merawat beliau d rumah saya dlm kondisi kritis sudah tidak bisa apa2.

      Seminggu sebelum ibu meninggal, mobil ditabrak truk kontainer subhanallaah. Ada anak kedua dan suami di mobil wktu itu. Alhamdlillaah hbya body mobil aja yg kena. 40 hri dibengkel mobil bru bsa dipakae lagi.

      Nafsu makan masyaallaah mbaa, hnya susu bumil yg masuk dan vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *