3 Cara Meningkatkan Hb

Spread the love

Cara meningkatkan Hb ini baru saya pahami juga saat saya sendiri mengalami Hb rendah saat hamil anak ketiga di tahun 2020 ini. Biuhh efeknya kemana-mana hingga akhirnya saya baru kali pertama merasakan yang namanya vertigo mak, ini salah satu  bahaya Hb rendah saat hamil.

cara meningkatkan hb, cara cepat meningkatkan hb, hb rendah saat hamil, hb rendah menjelang persalinan
Ilustrasi Gmabar by Pinterest

Perlu dicatat juga bahwa menjaga agar kondisi Hb normal tidak hanya penting bagi ibu hamil saja. Bagi yang tidak hamilpun penting untuk memahami bagaimana cara meningkatkan Hb  ya.

Serius deh menjaga kesehatan itu penting. Mengingat juga bahaya jika Hb rendah saat hamil ataupun tidak. Begitu juga jika Hb rendah saat menjelang persalinan. Ini kondisi yang harus dihindari khususnya jika persalinan akan dilakukan dengan cara operasi caesar.

Jika Hb normal tentu kondisi tubuh akan lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak normal. Selain itu jika Hb kita normal kita bisa melakukan donor darah. Jadi bisa bermanfaat juga bagi orang lain. Ini namanya sehat berpahala. Ya kan.

Dimana bisa melakukan cek Hb. Teman-teman bisa langsung saja datang ke laboratorium kesehatan atau rumah sakit terdekat atau bisa juga ke puskesmas yang memiliki fasilitas laboratorium. Hasil pemeriksaan Hb umumnya tidak lama juga. Rata-rata hanya 30 menit setelah pengambilan sampel darah.

OK, kembali ke tema ya, lalu bagaimana cara meningkatkan Hb. Salah satunya adalah dari asupan makanan teman-teman. Makanan yang bergizi yang memang berpengaruh baik untuk peningkatan Hb. Baiklah selanjutnya akan saya detailkan lagi di paragraf di bawah ini ya.

Cara Meningkatkan Hb

cara-meningkatkan-hb-makanan-untuk-meningkatkan-hb-bahaya-hb-rendah-saat-hamil-hb-rendah-menjelang-persalinan
iluistrasi gambar by canva
  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kenapa harus makanan bergizi, perlu dicatat bahwa tidak semua makanan yang telah dimakan merupkan makanan bergizi. Kedua, ya karena dengan makanan bergizilah tubuh kita bisa mempertahankan diri karena nutrisi terpenuhi termasuk dengan jumlah Hb.

Nah, ternyata juga ada makanan tertentu yang bisa meningkatkan Hb dengan lebih cepat dibanding makanan lainnya. Misalnya: yogurt, susu, kacang-kacangan, ikan, daging merah, hati, sayur dan buah-buahan.

Tidak harus protein hewani juga ya. Yang jelas sayur dan buah-buahan ini juga penting dalam membantu meningkatkan Hb tubuh. Sesuai pengalaman mengkonsumsi sari kurma juga cukup banyak membantu meningkatkan hb.

  • Istirahat Cukup

Istirahat cukup disini maksudnya bukan berarti tanpa berolah raga. Tetapi bagaimana tubuh kita benar-benar mendapatkan keseimbangan perlakuan antara kapan beraktivitas dan kapan beristirahat.

Tentu beda jika ada dua orang yang sama-sama kerjanya terforsir seharian, lalu yang satu memilih mengatur waktunya agar tetap bisa istirahat cukup dan berkualitas sedang yang satu lagi memilih waktunya digunkan dengan aktivitas yang tidak terarah dan teratur.

Begadang misalnya, ini aktivitas yang menggoda bagi sebagian kaum adam memang. Padahal dalam seharian mereka juga sudah capek bekerja. Kenapa masih harus begadang. Dengan istirhat cukup, akan membantu tubuh kita mampu meningkatkan Hb.

  • Konsumsi Obat Penambah Darah

Mengkonsumsi obat penambah darah ini diperlukan jika kondisi benar-benar darurat. Apa ukuran darurat disini. Misalnya kita sampai tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hanya berbaring karena sangat parahnya pusing yang dirasakan di kepala, tubuh lemas dan pucat, nafsu makan menurun drastis.

Tentu penanganan cepat saat itu sangat dibutuhkan untuk membantu tubuh bertahan dan tidak semakin lemah. Saat sudah lebih baik. Sudah lebih enak dipakai bangun dan seterusnya, barulah dilanjutkan dengan konsumsi makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *