Gigi Geraham Bungsu Kamu Tumbuh Miring? Ini Solusinya.

Gigi geraham bungsu merupakan gigi geraham yang tumbuh di bagian gusi paling belakang. Oleh karenanya disebut dengan bungsu. Tumbuhnya pun juga paling akhir dari gigi-gigi lainnya. Gigi geraham bungsu rata-rata baru tumbuh di usia-usia menjelang dewasa atau sekitar usia 20 an tahun kurang lebih.

Dalam artikel ini saya akan menuliskan pengalaman pribadi tentang gigi graham bungsu bawah saya. Mulai dari awal tumbuh, bertahan dengan tumbuh miring, hingga akhirnya mau tidak mau juga berlubang, hingga harus operasi gigi graham bungsu bawah.

Jika kamu butuh segera konsultasi gigi dengan dokter spesialis gratis tanpa antri, bisa banget baca artikel ini.

Awal Tumbuh Gigi Geraham Bungsu Bawah

Sedari awal tumbuh gigi geraham bungsu bawah yang sebelah kiri qadarullaah tumbuhnya miring. Seingat saya gigi ini tumbuh saat saya masih kuliah s1 semester awal dan terasa sakit saat tumbuh. Kondisi gigi geraham bungsu yang miring ini tak bisa tertolak hingga tumbuh besar sebesar gigi geraham lainnya. Bedanya tumbuhnya miring 180 derajat.

Sampai akhirnya gigi saya dicabut pada tanggal 3 november 2020 ini usia saya hampir 32 tahun dari awal tumbuh gigi di usia 20 an tahun.

Merawat Gigi Geraham Bungsu yang Miring

Tentu tidak senyaman jika gigi geraham bungsu tumbuh normal ke atas layaknya gigi geraham lain. Karena tumbuhnya miring, ini menyebabkan adanya celah antara gigi graham bungsu yang miring dengan gigi geraham di sebelahnya. Nah celah ini kemudian memberikan potensi besar sehingga sisa makanan bisa masuk.

Jadi saya kemana-mana harus sedia tusuk gigi. Karena setiap selesai makan, celah ini harus segera dibersihkan. Jika tidak, saya merasa risih. Tak bisa ditolak gigi graham bungsu yang miringpun akhirnya bolong atau berlubang. Karena tumbuh miring, sikat gigipun tak bisa menyikat dengan sempurna. Lengkap sudah.

Solusi Gigi Graham Bungsu Miring dan Berlubang

Solusi untuk gigi seperti ini tergantung pada tingkat kemiringan gigi. Jika memungkinkan ditambal bisa ditambal. Jika tingkat kemiringan seperti milik saya maka solusinya hanya satu, OPERASI. Untuk cabut gigi geraham bungsu harus ditangani dokter gigi spesialis bedah mulut, bukan dokter gigi umum.

Ilustrasi dari winnetnews.com
Seperti inilah kemiringan gigi geraham bungsu saya. Solusi satu-satunya adalah dicabut.

 Alhamdulillaahnya biaya operasi bisa ditanggung BPJS. Karena kalau biaya sendiri lumayan hehe. Belum lagi biaya untuk foto rongthen sebelum diputuskan operasi cabut gigi geraham bungsu. Total biaya jika dengan biaya sendiri sekitar 3-4 juta an.

Proses Operasi Cabut Gigi Miring Berlubang

Sebenarnya secara umum prosesnya hampir sama dengan operasi lainya. Setelah dokter spesialis bedah mulut melihat hasil rongthen gigi kita, biasanya dilanjutkan dengan penyuntikan bius lokal di sekitar gigi. Lalu biasanya kita diminta menunggu dulu kurang lebih 15 menit sampai obat bius bekerja. Biasanya ditandai dengan lidah dan pipi terasa tebal. Barulah operasi dimulai.

Baca juga: Belanja wardah diskon gila

Apakah harus opname? Tidak semua operasi abut gigi harus opname. Alhamdulillaah saya tidak harus opname. Tapi seorang teman yang mengalami hal sama, diminta opname. Oia sebelum diputuskan operasi cabut gigi, biasanya dokter memastikan bahwa kita tidak sedang mengalami darah tinggi atau gula darah tinggi. Jadi jika ada riwayat penyakit tersebut, kita akan diminta memeriksakan dulu gula darah dan tekanan darah. Jika hasilnya tinggi makan operasi cabut gigi belum bisa dilakukan.

Lama operasi cabut giginya tidak terlalu lama hanya sekitar 10 menitan seingat saya. Selama operasi tidak sakit karena ada efek bius. Begitu juga saat setelah operasi juga sakitnya masih tidak terlalu sakit karena ada bantuan obat anti nyeri.

Ada tips juga agar setelah cabut gigi geraham bungsu, tidak infeksi dan tidak lama rasa sakitnya. Sebaiknya kita menuruti semua anjuran dari dokter terkait pantangan setelah operasi. Karena rawan banget terkena infeksi dan sakit lain di sekitar area operasi jika tidak mematuhi anjuran dokter.

Diantara anjurannya adalah tidak makan makanan pedas, tidak dipakai berkumur pada 24 jam pertama setelah operasi dan tidak berkumur terlalu keras pada 3 hari pertama. Konsumsi makanan lembut dulu minimal 24 jam pertama.

Saya sempat terinfeksi juga, alhamdlillaah dikasih obat lagi dan sekarang sudah proses penutupan gusi meski belum sempurnya juga. Waktu itu saya tidak bisa mengambil makanan yang terjebak masuk ke gusi bekan operasi yang belum menutup. Sehingga lama-lama menjadi infeksi di gusi.

Proses tumbuhnya gusi hingga bisa menutup lagi setelah dibedah kurang lebih tiga hingga enam bulan. Selama itu juga bukan berarti terasa sakit. Sakitnya hanya seminggu diawal aja kok.

Sudah ya semoga bermanfaat.

5 Replies to “Gigi Geraham Bungsu Kamu Tumbuh Miring? Ini Solusinya.”

  1. Ternyata geraham bisa tumbuh miring sampai se-ekstrim itu ya, 180ยบ.

    Saya baru tahu. Juga untuk penanganannya yang nggak bisa ke dokter gigi biasa.

    Terima kasih sudah berbagi informasi. Barakallahu fii umrik ๐Ÿ˜Š.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *