Tips Mencari Dokter Atau Rumah Sakit Terdekat Saat Darurat

Spread the love

 Pada artikel ini sebenarnya saya lebih cenderung berbagi pengalaman pribadi saya beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Mei 2020. Yang bisa juga dijadikan tips untuk teman-teman yang mungkin satu saat dalam kondisi darurat membutuhkan bantuan dokter spesialis terdekat ataupun rumah sakit terdekat.

Menurut saya penglaman ini sangat berharga dan bermanfaat sekali bagi yang lain, sehingga sayapun terdorong tulus menulis artikel ini demi kebaikan bersama. Setidaknya tips dari pengalaman saya kali ini minimal bisa menenangkan kepanikan dalam kondisi darurat dan dapat memberikan bantuan medis dari para spesialis dengan cepat tanpa harus antri dan seterusnya.

Well, siapa sih yang ingin sakit, tidak ada. Siapa yang bisa memprediksi bahwa dirinya akan sakit ini itu dihari tertentu, tidak ada juga. Semua orang yang sakit umumnya dialami secara tiba-tiba tanpa bisa dikendalikan dan diprediksi oleh penderita di jauh hari.

Karena sangat tidak memungkinkan kapasitas sebagai masyarakat umum bisa mengontrol detail semua kondisi organ tubuhnya setiap saat bukan. Betul sekali, kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin menjalani hidup sehat. Tetapi namanya penyakit kita tidak pernah bisa mengontrolnya.

Next saya lanjutkan dengan cerita pengalaman saya ya. Tanggal 26 Mei 2020 kemarin kurang lebih jam 14.30 WIB saya mengalami sakit gigi luar biasa. Hari sebelumnya sempat ngilu-ngilu juga tapi saya abaikan karena tidak berlangsung lama juga alias muncul sebentar lalu hilang lagi gejala ngilunya.

Saat sakit luar biasa itu sampai sakitnya menjalar ke kepala. Ya akhirnya sakit kepala juga. Akibatnya tidak bisa aktivitas fisik nyaris hanya tiduran merasakan sakit luar biasa.

Saya hubungi teman yang sudah biasa melakukan perawatan gigi rutin. Dan info dari teman ini bahwa dalam masa pandemi beberapa dokter gigi tidak menerima pasien. Padahal rumah tinggal kami berdekatan masih dalam satu kecamatan juga. Otomatis informasi tersebut berlaku juga buat saya. Sempat disarankan teman juga untuk berkumur daun sirih yang katanya bisa mengurangi ngilu dan nyeri gigi.

Saya pun menguhubungi kontak admin klinik gigi terdekat di ruko perumahan dimana saya tinggal. Cukup kaget juga karena klinik gigi buka pada tanggal 2 Juni 2020 karena dokternya masih cuti hamil. Bingung, dilema, panik, tak tahan menahan sakit pula. Campur aduk bingungnya pokoknya.

Iseng saya searching di google dengan kata kunci perawatan akar gigi saat hamil. Muncullah beberapa situs dengan niche kesehatan dan beberapa memberikan fasilitas konsultasi dengan dokter spesialis.

Tak pikir panjang, mata, pikiran dan jari jempol saya memilih mengklik situs halodoc.com. Tanpa tahu info apapun sebelumnya tentang situs ini sayapun percaya saja bahwa situs ini dapat membantu kondisi saya sat itu.

Iseng lagi login dengan no handphone, dapat verivikasi melalui sms lalu saya mulai memanfaatkan informasi dan layanan yang tersedia. Wow ini kali pertama saya baru tahu ada situs online yang menyediakan layanan konsultasi dengan berbagai tenaga dokter spesialis. Mulai dari spesialis gigi, kandungan, kulit dan kelamin, penyakit dalam dan seterusnya. Langsung saya klik spesialis gigi. Muncullah beberapa nama dokter gigi yang siap melayani, tak pikir panjang sayapun memilih dokter gigi paling atas. Mulailah percakapan dengan langsung menyampaikan keluhan saya saat itu.

Kedilemaan saya yang sedang hamilpun terjawab, begitu juga penanganan sementara juga terjawab dengan resep yang beliau berikan dari obrolan via online tersebut. Sekali lagi setidaknya ini membantu sekali dalam kondisi darurat ya. Selebihnya kita akan tetap membutuhkan penanganan dokter secara langsung. Dokter di layanan halodoc.com pun saat itu juga tetap menyarankan untuk datang langsung ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Satu lagi dokternya selain responnya cepat menanggapi keluhan kita juga ramah sekali sehingga membuat saya sebagai pasien online merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

Hal baru yang saya baru ketahui adalah bahwa ibu hamil dan menyusui memiliki faktor yang menyebabkan lebih rentan terkena kasus sakit gigi. Allahu a’lam.

Berapa biayanya, kebetulan saya kemarin dapat gratis. Dari yang seharusnya membayar dua puluh lima ribu rupiah tertulisnya. Mungkin untuk pengguna pertama kali bisa gratis mungkin ya. Karena saat selesai konsultasi dan saya coba stlaking ke dokter spesialis lain sudah ada tarifnya. Namun rerata hanya 25.000. Sebuah fee yang menurut saya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kita melakukan perjalanan ke rumah sakit, harus antri dan seterusnya.

Jadi kalau teman-teman sedang membutuhkan informasi rumah sakit terdekat atau sedang butuh konsultsi dengan dokter spesialis terdekat menurut saya saat ini situs halodoc.com ini sangat membantu dan mmberikan solusi cepat dan tepat di saat darurat. Ada versi aplikasi juga yang bisa didownload di play store.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *