Pembersih Kewanitaan vs Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

pembersih kewanitaan yang yangaman, pembersih eanitaan, pembersih kewanitaan saat menstruasi, pembersih kewanitaan betadine

Permbersih kewanitaan. Apakah para mom sudah terbiasa memakai cairan pembersih kewanitaan khususnya saat menstruasi. Atau masih takut memakainya karena memahami bahwa semua pembersih kewanitaan itu sebenarnya merugikan karena akan membunuh bakteri baik yang bermanfaat di area kewanitaan. Mari baca lagi ya.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Miss V saat Mensruasi

pembersih kewanitaan yang yangaman, pembersih eanitaan, pembersih kewanitaan saat menstruasi

Sebenarnya memakai pembersih kewanitaan ataupun tidak, poin yang perlu ditekankan dan dipahami bersama adalah tentang pentingnya menjaga selalu kebersihan area kewanitaan. Terlebih saat seorang wanita sedang mengalami menstruasi.

Ini adalah poin penting yang harus terus disebarkan kepada semua wanita khususnya yang terdekat dengan kita misalnya anak-anak putri kita yang beranjak remaja atau wanita dewasa lainnya.

(Selanjutnya istilah manajemen kebersihan menstruasi akan ditulis dengan singkatan MKM ya)

Mengingat ada banyak cara juga untuk selalu menjaga kebersihan kewanitaan. Misalnya tidak terlalu lama memakai pembalut saat menstruasi. Artinya harus sesering mungkin mengganti pembalut karena rawan menumbuhkan bakteri yang merugikan di area kewanitaan. Darah menstruasi sangat rawan dijadikan tempat berkembangnya bakteri. Lalu gunakan selalu air bersih dan lap area kewanitaan hingga kering.

Manajemen kebersihan menstruasi ini menghindari gejala keputihan, gatal, berbau, iritasi dan gatal-gatal pada miss v lho moms. Jadi sebisa mungkin untuk selalu menjaga kebersihan dan Ph alaminya ya.

Siapa yang Berkewajiban Memahamkan MKM kepada Remaja Putri Indonesia

Jika setiap kita mencoba menarik memori masa lalu, siapakah orang yang paling berjasa dalam memahamkan kita tentang menstruasi dan bagaimana cara menjaga kebersihannya. Ibu, saudara, teman, guru, atau siapa.

Penting bagi ibu dan anak perempuan untuk bicara soal manajemen menstruasi. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan manajemen menstruasi yang baik dan benar, serta meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya.

Kenapa harus ibu. Idealnya ibu adalah sosok terdekat anak remaja putri meskioun faktanya tidak semua seperti itu. Karena anak malu dan merasa tabu jika bertana soal ini. Atau juga dari pihak ibu kurang mencoba memberi edukasi karena tidak adanya pengetahuan. Faktanya masih seperti itu.

Semoga dengan semakin semaraknya peringatan hari kebersihan menstrasi pada tanggal 28 Mei lalu memberi dapak positif terhadap penyebaran informasi terkait MKM sehingga semakin banyak wanita berpeluang lebih sehat (area kewanitaannya) ke depannya.

Informasi MKM harus terus disebarkan

Kenapa hingga saat ini manajemen kebersihan menstruasi masih menjadi PR bersama untuk disebar luaskan inforasmasinya.

Salah satunya karena kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) masih sangat rendah. Padahal MKM sangat penting untuk menghindari risiko keputihan, gatal, bau tidak sedap dan infeksi saat periode menstruasi.

Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid.

Tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi; menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.

Jadi perlu dipahami juga bahwa pemakaian antiseptik untuk miss v saat menstruasi sebenarnya diperbolehkan ya moms. Tetap dengan catatan khusus. Baca lagi ya ke bawah.

Apakah Boleh Memakai Pembersih Kewanitaan saat Menstruasi

Hasil dari webinar kemarin dapat disimpulkan, boleh. Dengan catatan memilih produk pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi dan tidak berdampak membunuh bakteri baik di area vagina.

Pembersih Kewanitaan Apa yang Aman

Salah satunya produk yang sempat disampaikan dalam webinar tersebut yang juga dihadiri oleh pembicara dari dokter spesialis Obgyn, dan lain-lain yang inyaallaah amanah itu adalah Betadine Feminine Wash.

Ini produk pembersih kewanitaan yang diformulasikan khusus untuk kesehatan dan kebersihan kewanitaan para wanita Indonesia. Jadi moms tidak perlu kuatir untuk memilih produk ini karena insyaallaah dijamin aman.

pembersih kewanitaan yang yangaman, pembersih eanitaan, pembersih kewanitaan saat menstruasi, pembersih kewanitaan betadine

Moms bisa mendapatkan produk tersebut dengan sangat mudah dengan cara membelinya secara online di sini. Atau bisa juga dengan membelinya di sini.

Demikian artikel ini ditulis semata mata demi kebaikan banyak wanita lain di Indonesia mulai dari yang remaja yang baru mengalami menstruasi juga untuk wanita dewasa yang sudah memiliki peran sebagai ibu ataupun pendidik.

Selain itu agar lebih banyak lagi yang semakin memahami pentingnya menjaga kebersihan kewanitaan saat menstruasi dengan menggunakan cairan pembersih kewanitaan yang aman. Tidak memberi efek membunuh bakteri baik di area kewanitaan juga PH nya sudah disesuaikan dengan kebutuhan Miss V seorang wanita.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis sebagai review setelah mengikuti agenda webinar
dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dan POGI, didukung oleh Mundipharma Indonesia mengedukasi 1.000 perempuan Indonesia mengenai manajemen kebersihan menstruasi.

Bersyukur sekali bisa ikut dalam event tersebut yang diselenggarakan dalam bentuk webinar bersama pakar medis, psikologis, dan juga dukungan dari Betadine Indonesia.

26 Replies to “Pembersih Kewanitaan vs Kebersihan Miss V Saat Menstruasi”

  1. Penting banget memang menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Untungnya ada edukasi seperti webinar ini, ya. Kita jadi lebih paham dan tau bagaimana MKM ini diterapkan..

    1. Sekarang kalau pilih sabun pembersih miss V selalu lihat pHnya, apakah sesuai soalnya pH ini pengaruh banget menjaga bakteri baik di vagina.
      Kalau bakteri baik hilang, malah bikin kenyamanan miss V terganggu.
      Betadine ini juga ngga ada parabennya

  2. Bener banget, perlunya untuk menjaga kebersihan area kewanitaan ya Mbak? dan peran Ibu penting banget untuk mengedukasi para anandanya.

  3. Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

  4. luar biasa materinya, dan aku baru tahu kalau bersihin daerah kewanitaan gak boleh pakai sabun sembarangan huhu.. aku langsung pakai betadine nih setelah acara ini 🙂

  5. Yes! Setuju dengan informasi bahwa anak cowo juga perlu mendapatkan edukasi mengenai menstruasi. Karena zaman sekarang pun masih ada saja anak perempuan yang di bully karena ‘roknya ada bercak merah’. (*pengalaman keponakan saya sih ini).

  6. sangat penting melakukan manajemen kebersihan menstruasi ini ya mbak
    biar terhindar dari beragam penyakit yang bisa mengganggu kesehatan reproduksi

  7. Yups penting banget menjaga kebersihan area kewanitaan, dan ternyata membersihkannya pun gak boleh sembarangan ya, harus pakai sabun yang sesuai pH nya, dan hal-hal lainnya yang gak kalah penting untuk diperhatikan.

  8. Andaikan tahu informasi-informasi begini sejak dini, saya gak bakalan ngalamin vaginismus dulu.. gara-garanya waktu sekolah susah bgt ganti pembalut karena kamar mandi sekolah yang….ewww yu know lah, huhu… perjuangan banget rasanya bisa membersihkan diri di zaman sekolah tuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *