Merk Clodi Yang Bagus – sakinahbersamamu.com. Sebagai ibu dari tiga putri tentu dulu sayapun pernah memakai clodi untuk anak-anak meskipun tidak sepenuhnya memakai clodi. Setidaknya meminimalis penggunaan pospak atau jenis popok sekali pakai. Di masyarakat sekitar saya pospak sering disebut pampers.

Sumber gambar : handmadebyrita.blogspot.com

Antara pospak dan clodi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kembali lagi kita semua pelru memahami keberlanjutan kelestarian alam kita saat ini. Sehingga ini bukan sekedar soal murah dan mahal saja. Melainkan sebuah sikap prioritas demi menyelamatkan bumi ya.

Setidaknya jadi ikhtiar kita buat ngurangi tumpukan sampah plastik yang saat ini tengah jadi masalah di berbagai lingkungan termasuk masalah sampah plastik di lingkungan sekolah.

Saya sendiri masih memakai pospak jika dalam kondisi belum memungkinkan seperti perjalanan atau saat ada acar di luar rumah. Pospak hanya untuk kondisi darurat.

Apa Itu Clodi?

Clodi, singkatan dari cloth diapers, merupakan jenis popok bayi yang terbuat dari bahan kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Sebenarnya jaman dulu atau jaman saya bayipun saat belum ada pospak juga para ibu memakai kain untuk anak bayi mereka.

Nah, clodi ini tidak lain juga sejenis popok kain hanya saja dibuat lebih modern dan lebih stylist. Sehingga bentuknya tetap berbeda dengan popok kain jaman dulu. Umumnya, clodi terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar (outer) dan dalam (inner/insert).

Lapisan dalam popok biasanya dapat dilepas dan dimasukkan ke dalam popok saat akan digunakan.

Bahan lapisan dalam dapat terbuat dari katun, polyester (microfiber), atau bambu, yang memiliki kemampuan menyerap air, termasuk urine bayi.

Sementara bagian luar popok terbuat dari bahan tahan air untuk mencegah kebocoran.

Dari berbagai bahan tersebut, IDAI menyarankan penggunaan popok kain berbahan katun, yang cenderung memberikan ventilasi baik untuk kulit bayi. Hal ini dapat mengurangi risiko ruam popok dan melindungi bayi dari infeksi saluran kemih.

Clodi tersedia dalam berbagai ukuran, disesuaikan dengan berat badan bayi, dan dapat digunakan mulai dari bayi baru lahir hingga balita sekitar usia 1-2 tahun.

Merk Clodi Yang Bagus

Jujur saya secara pribadi dulu tidak tergantung pada merk karena saat anak-anak saya masih kecil kami sedang berada dalam kondisi ekonomi yang pas-pas an. Namun begitu clodi yang kami pakai sangat memberikan keuntungan dari berbagai sisi mom.

Karena bukan merk terkenal jadi hargapun terjangkau. Biasanya kami langsung beli di toko bayi yang jadi langganan. Seadanya di toko itu kami beli termasuk beli insertnya atau kain bagian dalam clodi yang bisa di lepas dan pasang ulang. Insert clodi bahannya mirip handuk, lembut, ringan dan tebal.

Untuk kamu yang masih ingin tahu tentang merk clodi lokal yang bagus apa aja, bisa kamu cek di sini ya.

Harga Merk Clodi yang Bagus

Sesuai pengalaman yang sudah saya ceritakan di poin sebelumnya ya. Karena bukan merk terkenal harganya di bawah 50 ribu semua. Meskipun begitu clodi yang saya beli ini tidak menimbulkan iritasi dan masalah pada kulit anak.

Selanjutnya saya juga merasa anak saya lebih mudah untuk lulus toilet training. Ini saya simpulkan setelah membandingkan dengan anak ketiga yang sepenuhnya memakai pospak. Dibandingkan dengan dua kakaknya yang memakai clodi (meski tetap diselingi dengan pospak) itu jauh.

Kesimpulan Merk Clodi Yang Bagus

Dikesimpulan saya ingin menyarankan bahwa tidak perlu terpaku pada merk yang bagus. Karena bisa jadi kemampuan kita berbeda-beda untuk memilih clodi yang bagus dengan harga yang cenderung lebih tinggi.

Lebih penting lagi kita memahami tujuan pemakaian clodi dibandingkan pospak. Baik untuk kesehatan anak ataupun untuk misi menjaga lingkungan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *