6 Makanan Khas Jawa yang Terkenal Lezatnya dan Bikin Ketagihan, Wajib Untuk Dicoba!

www.sakinahbersamamu.com, makanan khas jawa timur rujak cingur, makanan khas jogja, makanan khas jawa tengah

Makanan khas Jawa menjadi salah satu yang paling populer dan banyak diminati. Cita rasanya yang khas dari rempah-rempah tradisional piihan yang menghasilkan perpaduan rasa gurih, pedas dan manis. Berbagai makanan ini dapat disajikan untuk sarapan, makan siang hingga makan malam.

Dalam ulasan artikel ini kami akan membahas keragaman makanan asal Jawa secara umum yang terkenal dengan kelezatannya. Untuk makanan khas khusus Jawa Timur mungkin akan diulas di lain artikel. Makanan ini wajib untuk dicoba karena pastinya bikin ketagihan. Penasaran apa saja? Yuk, langsung intip jawabannya!

Baca:
Inspirasi Resep Masakan Rumahan Dari Aplikasi Yummy

Ragam Makanan Khas Jawa yang Lezat

Sebagian dari Anda pasti sudah familiar dengan makanan khas dari Jawa ini. Bahkan makanan tersebut sudah menjadi favorit Anda. Karena makanan Jawa ini sangat mudah untuk dibuat sendiri dan bumbu-bumbunya mudah didapatkan. Bagi kamu yang domisili di luar Jawa, bisa jadikan artikel ini sebagai referensi saat kamu berkunjung ke tanah Jawa ya.

Sedikit ciri khas secara umum masakan khas Jawa itu adalah cenderung manis, tidak sebanyak rempah layaknya masakan Padang. Banyak menu khas yang bercampur bahan sayur. Seperti rujak, gado-gado, pecel, lotek Jogja, tahu tek, tahu campur lamongan dan lain-lain. Yuk simak aja.

  • Soto Kudus

Soto Kudus merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Tengah lebih tepatnya berasalh dari daerah Kudus. Soto Kudus ini sedikit berbeda dari soto biasanya. Yang membedakan adalah cara penyajiannya, yaitu menggunakan mangkok kecil.

Soto Kudus tak hanya menggunakan isian daging sapi saja. Melainkan juga memakai daging kerbau atau ayam. Makanan ini pun memiliki cita rasa yang khas yang banyak disukai oleh orang-orang.

www.sakinahbersamamu.com, makanan khas jawa timur rujak cingur, makanan khas jogja, makanan khas jawa tengah
  • Gudeg

Siapa sih yang tidak tahu makanan khas dari Jawa ini? Gudeg menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia. Makanan ini sudah menjadi kesukaan masyarakat Jogja sejak zaman dulu.

www.sakinahbersamamu.com, makanan khas jogja, gudeg jogja, makanan khas yogyakarta, makanan khas jawa yang terkenal

Cita rasanya yang khas inilah yang membuat Gudeg menjadi makanan yang paling banyak diminati. Makanan gudeg ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu lainnya.

Anda bisa menikmati gudeg dengan berbagai sajian seperti gudeg basah, gudeg, maggar dan gudeg kering. Biasanya ada sajian pelengkap lainnya seperti sayur krecek, telur bacem, tahun dan ayam kampung.

Siapa yang pernah tinggal karena merantau di Jogja mungkin awalnya agak aneh memakan gudeg yang rasanya cenderung manis. Tetapi lama kelamaan akhirnya asimlasi budaya melalui makanan itupun akan terjadi dan biasanya akan menjadi suka juga dengan gudeg khas Jogja ini.

  • Nasi Liwet

Makanan khas dari Jawa yang terkenal enaknya dan harus dicoba selanjutnya adalah nasi liwet. Nasi liwet merupakan salah satu makanan berat yang disajikan dengan nasi dan ayam gurih. Biasanya dilengkapi dengan sayur labu siam yang disiram di atas potongan ayam.

Anda bisa mencicipi makanan ini dengan mudah karena banyak dijual di warung tenda pinggir jalan. Kelezatan nasi liwet ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan satu porsi nasi liwet pun tak cukup untuk Anda.

  • Rawon

Rawon menjadi salah satu makanan khas dari Jawa Timur yang paling terkenal. Rawon identik dengan kuah hitam yang berasal dari rempah kluwek bercampur dengan rempah lain seperti jahe, kunyit, laos, lada, ketumbar, sereh, daun jeruk. Biasanya terdapat isian daging sapi di dalamnya. Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih, kerupuk dan lauk pelengkap seperti telur asin.

www.sakinahbersamamu.com, rawon, makanan khas surabaya, makanan khas jawa, makanan khas jawa timur, makanan khas jawa timur enak terkenal
  • Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas dari Jawa yang berasal dari Surabaya. Makanan ini terbuat dari cingur, yaitu rebusan daging sapi bagian mulut. Lalu dicampurkan dengan bumbu rujak dari kacang dan petis yang ditambahkan dengan bahan lainnya seperti timun, lontong, tahu, tempe, nanas dan sayuran.

www.sakinahbersamamu.com, makanan khas jawa, makanan khas jawa timur, makanan khas jawa tengah, makanan khas jawa timur yang terkenal

Rujak cingur menjadi salah satu makanan yang mungkin asing bagi sebagian orang. Namun jangan salah karena rasanya yang lezat inilah yang bikin ketagihan.

Kalau kamu berkunjung ke Surabaya atau kota lain di Jawa Timur sempatkan untuk mencari menu rujak cingur ini ya. Petisnya khas banget lho. Bikin lidah jatuh hatilah pokoknya. Apalagi campuran rasa cingur sapinya yang khas juga. Cus lah ke Surabaya dan sekitarnya.

  • Pecel

Salah satu makanan khas dari Jawa yang bisa ditemukan dimana-mana adalah pecel. Pecel identik dengan bumbu kacang yang pedas yang disajikan dengan sayuran rebus seperti bayam, kangkung, daung singkong, taoge dan yang lainya.

Nah, itulah berbagai macam makanan khas Jawa yang populer dan wajib dicoba. Setiap makanan tersebut punya cita rasa yang khas yang bisa Anda nikmati.

One Reply to “6 Makanan Khas Jawa yang Terkenal Lezatnya dan Bikin Ketagihan, Wajib Untuk Dicoba!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *