Tabungan Emas Pegadaian Apakah Aman? (Review)

tabungan-emas-pegadaian-atm-bcamenabung-emas-pegadaian-atau-tokopediatabungan-emas-pegadaian-untuk-anaktabungan-emas-pegadaian-syariah-adalah

Tabungan emas pegadaian. Ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi kita di tengah perubahan kondisi ekonomi karena pandemi yang sangat fluktuativ. Ini hanya kesimpulan pribadi setelah saya mengikuti webinar tentang tabungan emas pegadaian.

Kajian panjang yang dilakukan oleh pihak pegadaian sebelum akhirnya dilahirkan program tabungan emas ini menjadikan program ini benar-benar menjadi angin sejuk di tengah panasnya krisis ekonomi terlebih karena pandemi. Sekali lagi ini pendapat pribadi yang memang akhirnya tertarik untuk mengikutinya.

Oia bicara soal menabung, kita juga butuh mengatur uang belanja kan ya. Saya ada nih rekomendasi toko fashion online termurah. Ada produk hijab Maula langsung dari official store, produk kaos dewasa, kemeja dewasa import cozy, sepatu gaul, baju anak murah, rok anak jenas murah dan lain-lain.

Mengapa Memilih Tabungan Emas

Sependapat pribadi sebenarnya kita tidak harus memilih atau membeli emas untuk mengamankan tabungan uang yang kita miliki. Ataupun menabungkan uang untuk membeli emas. Tidak harus. Pilihan aja terserah aja.

 Ini hanya satu dari sekian pilihan strategis ekonomi saja yang bisa kita pilih untuk investasi masa depan. Dibandingkan kita hanya menabung hanya dalam bentuk uang saja. Mengingat nilai mata uang bisa turun tergantung kondisi ekonomi global sedangkan emas relatif stabil dan cenderung naik nilainya.

tabungan emas pegadaian halal atau haram,tabungan emas pegadaian 

apakah riba,tabungan emas pegadaian aplikasi,tabungan emas pegadaian apakah halal

Bicara soal pilihan akan lebih baik jika kita terlebih dulu memahami bersama-sama keunggulan dari satu produk pegadaian ini. Bisa dibaca di poin keunggulan tabungan emas (di poin bawah) ya.

Tabungan Emas Pegadaian Review

Pada artikel ini saya hanya akan menuliskan tentang review tabungan emas pegadaian. Berawal saat saya mengikuti webinar tentang tabungan emas yang diadakan oleh pihak pegadaian beberapa bulan lalu.

tabungan emas pegadaian menguntungkan atau merugikan,pegadaian,tabungan emas adalah,info pegadaian tabungan emas,info tentang tabungan emas pegadaian,apakah tabungan emas pegadaian menguntungkan
Podcast dari pihak Pegadaian Malang

Dari webinar itu juga saya baru tahu tentang detil program tabungan emas pegadaian ini. Harapannya bisa dijadikan informasi atau perbandingan informasi untuk teman-teman yang membacanya ya. Ok next.

Secara definisi resmi dari pegadaian, tabungan emas pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Lho jadi kita nitip emas begitu? Kita beli emas sendiri lalu dititipkan pihak pegadaian?.

BUKAN. Jadi nasabah tetap menabung uang sesukanya semampunya. Besarnya tidak ditentukan. Minimal 10 ribu, mudah dan ringat sekali kan. Nah setelah saldo uang nasabah masuk maka saat itu juga langsung dikonversikan pada nilai emas yang didapatkan dengan saldo tabungan tersebut. Saat penarikan ke depannya, yang diambil oleh nasabah bukan saldo uang tetapi saldo konversi emasnya.

tabungan emas pegadaian syariah,tabungan emas pegadaian adalah,tabungan emas pegadaian rugi,tabungan emas pegadaian hari ini,tabungan emas pegadaian shopee

Sampai sini paham kan benefitnya tabungan emas pegadaian dimana. Jadi program ini sangat solutif sekali bagi kita yang mungkin butuh waktu lebih banyak untuk bisa memiliki investasi emas.

Dengan bantuan program ini kita tidak perlu menunggu waktu lebih lama untuk bisa memiliki tabungan emas. Oia penarikannya bisa dalam bentuk emas batangan ataupun dalam bentung uang cash yang telah dikonversi dengan harga emas saat itu dan tentunya sesuai saldo ya. Semoga paham ya.

tabungan emas pegadaian halal atau haram,tabungan emas pegadaian 

apakah riba,tabungan emas pegadaian aplikasi,tabungan emas pegadaian apakah halal
Bentuk Fisik Butab Emas Pegadaian. Ada kolom konversi emas dalam satuan gram disetiap ada tambahan saldo uang

Jadi intinya produk tabungan emas dari pegadaian ini memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya. Selebihnya bisa dibaca pada poin keunggulan produk dari tabungan emas ini ya.

Biaya administrasinya hanya 30 ribu pertahun. Tidak ada bunga perbulan. Sependek yang saya pahami. Allaahu a’lam.

Aplikasi Tabungan Emas Pegadaian

Adanya aplikasi pegadaian ini sangat memudahkan teman-teman bertransaksi dengan pihak pegadaian salah satunya tabungan emas. Ya kita banget mentransfer sejumlah uang untuk masuk ke rekening tabungan emas kita sehingga saldo tabungan emas kita bertambah. Tanpa harus antri langsung ke pegadaian secara offline.

tabungan-emas-pegadaian-syariahtabungan-emas-pegadaian-adalahtabungan-emas-pegadaian-rugitabungan-emas-pegadaian-hari-initabungan-emas-pegadaian-shopee
Aplikasi Pegadaian Digital

Saat itu juga jumlah saldo kita di aplikasi akan langsung dikonversikan dalam jumlah gram emas. Nah enak banget kan. Jadi untuk bisa punya emas tidak harus memiliki banyak uang dulu tetapi bisa dimulai dengan sejumlah uang berapapun yang dimiliki di rekening lalu transfer deh.

Kemudian cek aja di aplikasi untuk memastikan apakah saldo sudah bertambah apa belum. Mudah banget kan. Bisa dilihat tampilan aplikasinya seperti gambar di bawah ini ya.

Saldo emas 0,1049 gram saldo uangnya 100 ribu

Keunggulan dari Tabungan Emas

Kemudahan Layanan

Artinya teman-teman bisa dimanapun memanfaatkan layanan transaksi Pegadaian. Karena tersedia diseluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, serta Agen Pegadaian dan Marketplace. Mudah sekali kan aksesnya.

Order cetak emas

Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram. Senengnya kalau kita pegangannya bukan lagi uang cash tapi kepingan emas kan. Secara karena emas harganya akan stabil sesuai nilainya.

Harga jual dan buyback yang kompetitif.

Karena ada jaminan kualitas emas dan konversi emas sesuai harga emas saat itu maka harga jualnya bisa menguntungkan nasabah ya. Duh enak banget bukan sih.

Biaya administrasi dan pengelolaan ringan.

Biaya administrasi hanya 30 ribu pertahun ini sangat sangat ringan insyaallah ya.

Dijamin karatase 24 karat.

Ini poin penting setiap kali melakukan pembelian emas dimanapun tempat belinya ya. Pastikan memiliki surat jaminan kualitas 24 karat. Karena mempengaruhi harga jualnya di kemudian hari.

Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas

Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram atau senilai 100 ribu rupiah. Jadi kalau mau nambah saldo tabungan emas via transfer rekening minimal sejumlah 100 ribu ya.

Nasabah dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram atau senilai 10 ribu rupiah. Bisa dilakukan di outlet-outlet yang melayani layanan pegadaian ya.

Dikelola secara profesional dan transparan.

Ini tidak kalah penting ya. Buat teman-teman yang kuatir tentang keamanan tabungan ini. Sejauh ini dalam webinar disampaikan oleh pihak stake holder pegadaian bahwa tabungan emas ini insyaallah aman.

 Artinya secara manajemen sama dengan tabungan uang pada umumnya, akan dilakukan secara profesional dan transparan. Mengingat ini juga lembaga keuangan resmi dan milik pemerintah serta diawasi oleh lembaga OJK (otoritas jasa keuangan), jadi mungkin tingkat keamanannya bisa lebih dipertaruhkan. Allaahu a’lam

Tabungan Emas Pegadaian Halal atau Haram

Setelah saya membaca beberapa referensi, saya mencatat satu kaidah fiqh tentang transaksi barang ribawi. Karena uang dan emas (diasumsikan) merupakan barang ribawi maka ada kaidahnya dalam bertransaksi.

Pertama, dari MUI tentang tabungan emas hukumnya mubah. MUI memutuskan hukum menabung emas masuk kategori mubah. Mubah berarti boleh untuk dilakukan, bahkan lebih condong kepada dianjurkan.

 Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa soal jual-beli emas secara tidak tunai. Pihak MUI memutuskan hukum menabung emas secara kredit dalam kategori mubah, alias diperbolehkan

Kedua, tentang muamalah pertukaran barang ribawi yang sejenis (uang dan emas sama-sama barang ribawi). Di dalam akad muamalah jenis  ini, syarat yang harus dipenuhi oleh kedua orang yang saling bertransaksi adalah:  

  1. Harus kontan (yadan bi yadin/hulul)

Artinya saat itu juga saat kita menabung kita langsung mendapatkan emasnya meski sementara dalam bentuk konversi.

2. Harus sepadan (tamatsul), yaitu tidak boleh beda timbangan atau takaran.

Jadi nilai uang yang kita tabung dikonversi sesuai harga emas saat itu juga

3. Harus taqabul (saling menerima).

Tidak boleh salah satu menunda penyerahan bagi barang yang lainnya. Dalam hal ini bukan ditunda penyerahannya, tetapi memang nasabah menitipkan dulu emasnya di pegadaian.

(Sumber: https://islam.nu.or.id)

Merujuk pada MUI dan kaidah fiqh tersebut maka tabungan emas ini insyaallah diperbolehkan karena sudah memenuhi syarat muamalah tersebut di atas. Allaahu a’lam bis showwab

Tabungan Emas Pegadaian Apakah Aman

Sejauh ini dalam webinar disampaikan oleh pihak stake holder pegadaian bahwa tabungan emas ini insyaallah aman. Artinya secara manajemen sama dengan tabungan uang pada umumnya, akan dilakukan secara profesional dan transparan. Mengingat ini juga lembaga keuangan resmi dan milik pemerintah serta diawasi oleh lembaga OJK (otoritas jasa keuangan), jadi mungkin tingkat keamanannya bisa lebih dipertaruhkan. Allaahu a’lam

4 Replies to “Tabungan Emas Pegadaian Apakah Aman? (Review)”

  1. Aku nabung juga kok mbak disana, klo ak lebih ke lindung nilai asset biar g kena inflasi. Klo cetak ini yang agak repot nanti teknisnya, selain harus nunggu juga ada biaya cetak yg lumayan. Untuk saat ini sih klo pengennya emas cetak prefer langsung beli klo tapi klo untuk lindung nilai uang sisa belanja misalnya tabungan pegadaian ini bisa jadi solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *