Penangkaran rusa di hutan Maliran- sakinahbersamamu.com. Kalau kamu hobi jalan-jalan jelajah wisata lokal di Jawa Timur, sempatkan berkunjung ke sini ya. Sesekali nikmatin suasana hutan lebat pohon besar yang rimbun sejuk ah pokoknya bikin pikiran segar kembali deh. Ahay agak lebay.

Benar sekali tidak semua orang suka berwisata alam. Sebagian orang memilih berwisata yang lebih kekinian dan banyak mengandung unsur teknologi. Tak mengapa itu hanya pilihan sesuai selera. Jadi jangan pernah membandingkan wisata alam dengan wisata buatan, jelas nggak sebanding.

Bagus tidaknya, nikmat nggaknya bukan pada penampilan wisata tersebut melainkan lebih pada nilai yang diberikan dari wisata tersebut. Dapat pelajaran apa dari wisata ini. Anak-anak cocok nggak wisata disini, bisa ngajarin nilai kehidupan apa pada anak dan seterusnya.

Agar agenda wisata tidak sekedar bersenang-senang yang akan hilang setelah kita meninggalkan wisata ini. Beda jika kita memetik nilai dari wisata itu lalu kita tanamkan pada diri kita dan anak-anak. Ya, suasananya akan lebih terkenang.

Ada apa saja di wisata komplek hutan Maliran ini, selain penangkaran rusa. Di mana lokasinya penangkaran rusa hutan Maliran Blitar, berapa bayar tiketnya, ada wahana apa saja.

Cerita Komplek Hutan Maliran

Menurut informasi hutan Maliran ini dikelola oleh pihak perhutani. Area hutannya sebenarnya cukup luas bahkan di berapa sisi hutan bisa langsung terakses dengan jalan raya umum yang menjadi jalur utama masyarakat umum sehari-hari dan bahkan berbatasan langsung dengan rumah penduduk sekitar.

Namun setelah kami berkunjung ke sana, area yang dijadikan wisata ini hanya di bagian penangkaran rusa dan taman pohon kesambi saja. Di salah satu titik hutan Maliran juga ada semacam area lintasan motor trail di pinggir jalan umum namun berbeda lokasi dengan taman pohon kesambi dan juga taman penangkaran rusa ini.

Poin ini kami tulis agar kamu tidak bingung lagi antara penyebutan mana hutan Maliran Blitar, mana penangkaran rusa Jatilengger, mana taman pohon kesambi atau lebih mudah disebut dengan Kesambi Trees Park. Semuanya itu sebenarnya merupakan satu kesatuan.

Hanya saja untuk menuju sisi penangkaran rusa dan kesambi trees park tentu ada jalur tersendiri terlebih yang membawa roda empat.

Jika berkunjung ke Maliran Blitar sempatkan juga berkunjung ke resto Mie Gacoan Blitar ya. Lumayan dekat juga jaraknya dari sini.

wana-wisata-maliran, penangkaran rusa, penangkaran rusa maliran, lokasi penangkaran rusa blitar, penangkaran rusa blitar
Penangkaran Rusa Maliran Blitar via travellersblitar.com

Kesambi Trees Park

Apa itu kesami trees park. Adalah komplek yang berisi taman pohon kesambi. Yes area ini penuh dengan tanaman pohon kesambi yang khas. Besar, berakar tunggang, tinggi serta rimbun. Pengaturan jarak tanamnya terlihat teratur. Wajar karena ini pohon berakar tunggang ya agar tumbuhnya maksimal juga jadi jaraknya diatur.

penangkaran rusa maliran, penangkaran rusa jatilengger, penangkaran rusa ponggok

Di area ini kita akan merasa dingin, sdem dan sejuk meskipun hawa di luar area ini cukup panas. Yes karena sangat rimbun dan tinggi sehingga sinar matahari cukup susah menembus area di bawahnya. Nah terbayangkan suasana ademnya di bawah pohon kesambi ini.

Lalu tak cukup itu lho. Di area ini banyak banget wahana bermain untuk out bound anak-anak yang material wahananya terbuat dari kayu semua lho. Kamu bisa lihat dari foto di bawah ini ya. Cocok banget untuk wisata edukasi anak-anak.

tempat-wisata-edukasi-blitar, wisata blitar, wisata edukasi blitar, wisata outbound blitar, hutan maliran blitar,
Wahana Out Bound di Dalam Kesambi Trees Park via kelloggsnyc.com

Penangkaran Rusa / Deer Feeding

Nah ini spot tak kalah favorit. Disini kamu bisa menikmati lahan luas yang penuh dengan rusa. Di sisi tepi area ini sudah lengkap dengan pagar pengaman besi dengan desain dimana pengunjung tetap bisa mengakses rusa dengan aman dan nyaman terutama saat memberi makan rusa.

hutan maliran ponggok, wisata penangkaran rusa ponggok blitar, wisata maliran blitar, wisata hewan ponggok blitar

Jika kamu berencana kesini saran admin siapkan sayuran dari rumah agar tidak perlu membeli makanan rusa di sana. Beli aja di tukang sayur kacang panjang yang kemarin agar dapat harga murah dengan isi banyak. Jadi kamu bisa puas bermain-main bersama rusa hehe.

Bisa juga beli kacang panjang di sana dengan harga 2000 rupiah per ikat. Di sini anak-anak bisa diajarkan untuk menyayangi hewan dan belajar memberi makan hewan. Bisa juga dijadikan ajang memberi pengetahuan tentang kehidupan hewan.

Kenapa rusa itu hidupnya bergerombol, kalau kemana-mana bersama-sama, bersembunyi dari musuhpun juga bersama-sama. Kenapa ada rusa bertanduk dan tidak bertanduk. Rusa tergolong hewan herbivora atau karnivora dan seterusnya.

Hindari ke sana di saat hujan karena rusa akan berteduh dan bersemunyi. Kita akan susah menikmati pemandangan rusa sehingga tidak bisa memberi makan rusa juga. Sayang dong udah bayar tiket tapi nggak bisa menikmatinya.

Harga Tiket Masuk Penangkaran Rusa Blitar

Harga tiket masuknya cukup 10 ribu per orang dewasa saja. Anak-anak masih gratis dan ditambah parkir mobilnya 5 ribu. Dengan jam operasionalnya dari jam 7 pagi hingga jam 17.00 atau sampai semua pengunjung pulang. Dengan harga tiket 10 ribu ini kamu bisa menikmati penangkaran rusa dan taman hutan pohon kesambi serta wahana bermain di dalam taman pohon kesambi ya.

Hindari ke sana di saat hujan karena rusa akan berteduh dan bersemunyi. Kita akan susah menikmati pemandangan rusa sehingga tidak bisa memberi makan rusa juga. Sayang dong udah bayar tiket tapi nggak bisa menikmatinya.

Alamat Lokasi Penangkaran Rusa Maliran

Untuk lokasi tepatnya penangkaran rusa ini berada di Jatianom, Jatilengger, Kec. Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66153.

Rute kendaraan roda empat lebih mudahnya melewati jalan raya Blitar – Kediri. Dari arah selatan dari pertigaan tugu rante lurus ke utara ke arah Cafe sawah, Ponggok, Kediri, sejauh kurang lebih 2 km nanti di kanan jalan ada gang masuk ke kanan dengan di depan gang ada tanda patung rusa. Masuk saja ikuti jalan dan petunjuk rute yang tersedia.

Fasilitas Umum di Penangkaran Rusa Blitar

Fasilitas kamar mandi cukup banyak dan tergolong bersih, ada musholla untuk sholat yang sangat nyaman dengan interior kayu penuh. Ada banyak orang berjualan makanan dan cemilan. Oia disini kamu dibebaskan membawa makanan dan minuman ya.

Jadi kalau mau piknik bareng keluarga sambil membawa bekal makanan dari rumah cocok banget. Di sana juga banyak tempat-tempat duduk bersama keluarga terbuat dari kayu di dalam hutan kesambi itu.

Sampai disini dulu reviewnya semoga tim admin sakinahbersamamu.com bisa mereview tempat yang lain lagi dan menginfokan ke para pembaca ya.

Art

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *