Mobil keluarga murah – sakinahbersamamu.com. Sesuai namanya mobil keluarga identik dengan mobil yang memiliki kategori muat banyak orang. Beda dengan city car yang lebih mungil dan jumlah muatan juga lebih sedikit.

City car lebih cocok dipakai di perkotaan dengan medan yang nyaman dan body kecil agar bisa gesit. Mengingat perkotaan yang penduduknya lebih padat serta lahan hunian yang serba terbatas sehingga city car lebih cocok dipakai masyarakat kota karena tidak menyita banyak tempat parkir.

Meskipun banyak sedikitnya muatan yang bisa dimuat tidak menjadi patokan harga sebuah mobil, maka memilih jenis mobil keluarga mungkin menjadi pertimbangan ekonomis. Namanya mobil keluarga jadi memang didesain khusus untuk kenyamanan perjalanan bersama keluarga. Mulai dari desain body mobil, mesin, jok, bagasi dan lain-lain.

Dalam dunia mobil ada istilahnya MPV yang merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle yang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Desain, body hingga kekuatan mesinnya pun dirancang untuk kebutuhan kendaraan keluarga serta mengutamakan segi kenyamanan. 

Jika mobil sport lebih mengutamakan mesin bandel untuk segala medan tetapi mobil MPV lebih mengutamakan segi kenyamanan.

Jika moms sedang mempertimbangkan akan memilih mobil keluarga seperti apa dan memiliki budget berapa, maka artikel ini mungkin cocok untuk moms baca ya.

Daftar Mobil Keluarga Murah Dan Tetap Berkuaitas

Saat pandemi banyak mobil dijual oleh pemiliknya, karena terdampak ekonomi saat pandemi. Penjualan aset pribadi berupa mobil menjadi salah satu alternatif untuk bisa bertahan saat krisis. Sehingga cukup banyak mobil dilepas dengan harga terjun bebas.

Berikut ini adalah mobil keluarga yang murah juga berkualitas terkini yang bisa dipakai rekomendasi saat moms akan membeli mobil keluarga murah.

1. Sigra Daihatsu, Mobil Keluarga Masa Kini Harga 100 Jutaan

Salah satu produk MPV baru dari Daihatsu yaitu sigra. Hampir bersamaan launching dengan MPV dari Toyota yai Calya. Sekilas MPV Sigra dan Calya itu seperti kisahnya xenia dan avanza yang sekilas bodynya mirip.

Sigra memiliki design eksterior yang stylish dan elegan, menjadikan New Astra Daihatsu Sigra MPV 7-seater yang lebih berkelas untuk melengkapi gaya berkendara masa kini. Siapa yang tahu jika mobil keluarga yang elegan ini dibrandol dengan harga 160 jutaan. Relatif lebih murah.

Kapasitasnya bisa memuat 6-7 orang dewasa. Bagasinya pun masih cukup memuat banyak barang bawaan lainnya. Jadi ini merupakan mobil keluarga yang bisa dikatakan relatif murah. Tentu harga bekasnya lebih murah dari itu.

Spesifikasi dimensi sigra

Spesifikasi TeknisDMXR
MTMTATMTAT
Panjang x Lebar x Tinggi4110 x 1655 x 1600
Jarak Sumbu Roda2.525
Jarak Pijak Roda Depan1.470
Jarak Pijak Roda Belakang1.475
Tinggi dari Tanah180
Berat Kosong/Berat Total Kendaraan935/1.480965/1.500985/1.500965/1.500990/1.570

2. Datsun GO+, Punya Kapasitas Besar Harga Murah

Datsun Go+ bisa dijadikan alternatif pilihan mobil keluarga terbaik selain sigra Daihasu atau calya Toyota. Selain kapasitasnya yang besar, bodynya juga elegan, harganyapun cukup murah serta terkenal dengan irit BBM. Bodynya sedikit lebih ramping jika dibandingkan dengan sigra dan calya

Berdasarkan hasi penelusuran informasi ternyata kelebihan dari mobil ini adalah dibekali dengan mesin yang terkenal sangat hemat yaitu bisa mencapai 22 km per liternya. Wow sangat irit ya. Wajarlah cc nya juga hanya 1.300. Cocok buat moms yang tidak ingin kena pajak mobil mahal hehe.

Datsun GO+ bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp120 juta hingga Rp157 jutaan. Dengan harga yang jauh berbeda dari mobil keluarga termahal, akan tetapi kenyamanan mobil ini saat dikendarai bisa diadu. Harga bekasnya kisaran 70 jutaan.

3. Suzuki Karimun Wagon R, Mobil Keluarga Body Imut

Ini cocok untuk moms yang ingin punya mobil keluarga tapi dengan body mobil yang tidak memakan tempat luas. Faktor luasnya garasi rumah bisa jadi pertimbangan memilih mobil dengan body imut atau ramping. Suzuki karimun wagon pas jadi pilihan.

Karimun Wagon R tak hanya memiliki tampilan compact dan kokoh tapi juga mewah dan stylish yang terlihat dari tampilan Front Grill dan Rear Garnish.

Kalau melihat dimensi panjang mobil ini sangat ringkas hanya 3,6 m saja. Beda dengan sigra yang sampai 4 m panjangnya. Berikut dimensi suzuki karimun wagon.

DIMENSI

Panjang Keseluruhan3.600 mm
Lebar Keseluruhan1.475 mm
Tinggi Keseluruhan1.670 – 1.700 mm
Jarak Poros Roda2.400 mm
Jarak Pijak Depan1.295 mm
Jarak Pijak Belakang1.290 mm
Jarak Terendah170 mm
Radius Putar Minimum4,6 m
Sumber: https://www.suzuki.co.id/

Kisaran harga baru mobil keluarga murah kapasitas 5 orang ini adalah 130 juta hingga 150 juta. Untuk harga bekasnya kisaran 80 juta – 90 juta tergantung usia dan kondisi mobilnya juga.

4. Suzuki Ignis, Mobil Keluarga yang Mewah Tapi Imut

Meski bodynya yang imut harga mobil keluarga ignis dari suzuki ini senilai 170 jutaan. Sekilas mobil ini memang terlihat mewah dengan ukuran relatif kecil. Faktor kenyamanan pengguna sangat diutamakan sepertinya wajar jika harganya pun tak seimut karimun wagon yang satu produsen dengan ignis.

Suzuki Ignis ini bisa menjadi salah satu pilihan mobil keluarga karena mobil ini dilengkapi dengan Hatchback 5 seater dengan panjang 3700 mm dan lebar 1690 untuk menjamin kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Menurut infonya, suzuki Ignis hadir dengan 4 varian dengan varian tertinggi menggunakan mesin Petrol 1977 cc sehingga mampu menghasilkan tenaga mencapai 82 hp dan torsi 113 Nm.

Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik dan Berkelas

Semakin bertambah tahun para produsen mobil memberikan banyak tawaran inovatif untuk produk mobil keluaran terbaru. Termasuk untuk produk mobil keluarga terbaik.

Berikut ini sederetan mobil keluarga terbaik dan berkelas yang bisa moms jadikan rujukan yang kami adapasi dari beberapa situs resmi produsen mobil serta situs blogger lain.

1. Toyota Calya, Mobil Keluarga Mewah dan Terjangkau

Menurut info media, di 2 tahun terkahir calya menjadi salah satu mobil keluarga yang banyak diminati. Mungkin karena stylenya yang memberi kesan mewah dan nyaman serta harganya yang terjangkau kisaran 140 jutaan hingga 160 jutaan berkapasitas 7 orang. Lebih murah dari avanza dan modelnya lebih kekinian.

Toyota Calya telah dilengkapi dengan power window pada setiap pintunya. Mobil ini juga dilengkapi dengan kabin luas sehingga bisa muat untuk menaruh barang dalam jumlah cukup banyak. Kesimpulannya calya bisa menjadi rekomendasi mobil keluarga terbaik untuk kamu moms.

2.Toyota Sienta, Minivan yang Cocok untuk Keluarga

Toyota Sienta merupakan mobil tipe minivan yang sangat cocok untuk keluarga Indonesia. Mobil ini memiliki kapasitas kabin 7 penumpang dengan desain yang menarik dan elegan untuk tipe mobil MPV. Tidak heran jika jenis ini menjadi salah satu mobil keluarga terbaik pilihan keluarga Indonesia.

Toyota Sienta dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.5L dengan keluaran sebesar 107 Hp dan torsi 14.3 kgm. Dengan banderol mulai dari Rp259 juta hingga Rp313 juta mobil ini menjadi saingan terberat Honda CR-V dan Isuzu Panther.

*Sumber: www.Qoala.app

3. Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga yang Memiliki Fitur Keamanan Lengkap

Beberapa tahun lalu, Suzuki Ertiga sempat menjadi mobil keluarga terbaik di dunia menyaingi Toyota Avanza. Hingga sekarang, mobil ini tetap menjadi salah satu pilihan mobil MPV terbaik dan favorit.

Suzuki Ertiga layak menjadi mobil keluarga ternyaman karena memiliki fitur keamanan lengkap dan suspensi yang nyaman. Kelebihan inilah yang membuat Suzuki Ertiga masih bisa bertahan sampai sekarang.

Suzuki Ertiga memiliki kapasitas mesin 1.373 cc serta dilengkapi dengan teknologi Multi Point Injection. Mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4-speed sebagai penunjang akselerasi di kelasnya. Tidak hanya nyaman untuk dikendarai, Suzuki Ertiga juga memiliki konsumsi BBM yang irit sehingga tidak heran jika menjadi pilihan mobil keluarga terbaik sampai saat ini dengan harga Rp200 juta-an. (Sumber: dikutip dari www.qoala.app)

4. Toyota Kijang Innova, Mobil Keluarga yang Digemari di Indonesia

Sama dengan Daihatsu, Toyota juga dikenal sebagai produsen mobil MPV yang cocok digunakan untuk keluarga. Toyota Kijang Innova merupakan salah satu produk mobil keluarga terbaik di Indonesia yang masih digemari sampai saat ini.

Mobil ini hadir dengan berbagai pembaharuan dari seri sebelumnya sehingga memiliki fitur yang lebih bagus dan nyaman untuk digunakan.

Toyota Kijang Innova dilengkapi dengan mesin yang menggunakan kubikasi 1.998 cc dengan tingkat tenaga 137 HP sehingga mampu menghasilkan akselerasi tinggi ketika digunakan di jalanan.

Mungkin bagi sebagian moms menganggap kurang ekonomis memiliki mobil dengan cc tinggi yang nantina akan boros di BBM dan pajak tahunannya pun juga lebih tinggi. But ini mobil keluarga terbaik juga dan masih menjadi favorit dengan segala kelebihannya.

Bayangin aja, pada kabin juga dilengkapi dengan fitur layar touchscreen dan fitur entertainment lainnya. Hal inilah yang membuat Toyota Kijang Innova menjadi salah satu mobil besar keluarga yang termasuk paling bagus dan terbaik yang menjadi favorit banyak orang. Belum lagi yang terbaru ada Innova Reborn body mobillnya terlihat lebih kokoh dari generasi Innova sebelumnya lho.

5. Nissan Livina, Mesin Tangguh dan Nyaman

Nissan masih menjadi salah satu produsen mobil keluarga terbaik saat ini yang memiliki banyak pilihan, salah satunya Nissan Livina. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang menjamin pengendara maupun penumpang bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Nissan Livina dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga puncak 104 PS sehingga mampu menghasilkan mobil yang memiliki potensi sangat ideal. Tidak hanya itu, spesifikasi yang ditawarkan juga menjanjikan ketangguhan mesin untuk kenyamanan berkendara bahkan dalam jarak jauh sekalipun. Mobil keluarga terbaik yang masuk ke dalam daftar pilihan mobil paling nyaman dikendarai untuk keluarga ini dibanderol dengan harga mulai dari 208 juta hingga 276 juta.

*Sumber: www.Qoala.app

Mobil Keluarga Paling Irit

Saat ini ada banyak faktor pertimbangan seseorang memilih merk mobil keluarga. Bukan sekedar mengejar kepuasan estetika, kenyamanan, prestis dari brand, melainkan juga tentang pertimbangan faktor irit pada penggunaan BBM. Mengingat kendaraan roda 4 cukup banyak membutuhkan energi bahan bakar dari BBM.

Nah, buat moms yang suka mencari mobil keluarga yang irit bisa cek dimari ya.

1. Honda Mobilio, Mobil Keluarga yang Stabil pada Kecepatan Tinggi

Mengutip informasi dari qoala.app, bahwa di urutan pertama mobil keluarga paling irit ditempati oleh Honda Mobilio. Mobil ini memiliki ketinggian paling rendah diantara jenis mobil MPV lainnya dengan ground clearance hanya 189 mm. Meski tergolong sebagai MPV tapi terlihat tetap ramping.

Inilah yang membuat Honda Mobilio tetap stabil pada kecepatan tinggi. Honda Mobilio dilengkapi dengan kapasitas mesin 1500 cc 4 silinder segaris dengan teknologi SOCH.

Dikutip dari oala.app, bahwa honda mobilio adalah salah satu mobil terbaik untuk keluarga di tahun 2020 yang mengimplementasikan sistem suplai bahan bakar PGM-FI. Sistem ini membuat suplai bahan bakar lebih efisien tanpa mengurangi performa hingga mampu mencapai daya maksimum 118ps pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 14.8nm pada 4.600 rpm.

Dibanderol dengan harga mulai Rp198 juta hingga Rp250 juta, Honda Mobilio menjadi salah satu mobil yang cocok untuk keluarga besar terbaik hingga saat ini. Budgetnya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil keluarga murah di poin sebelumnya.

2. Toyota Avanza, Mobil Keluarga Sejuta Umat

Rasa-rasanya di tahun 2007- saat ini bahkan, jalanan serasa didominasi xenia dan avanza hingga ada candaan bahwa xenia avanza adalah mobil sejuta umat. Karena begitu banyaknya penggunanya.

Sudah tahu ya, jika Toyota Avanza merupakan salah satu mobil MPV paling irit terlaris di Indonesia. Hampir semua kalangan memakai mobil ini bahkan di tingkat instansi juga banyak avanza berplat merah.

Mobil keluarga terbaik rilisan Toyota ini dibekali dengan mesin 4 cylinder 16v, DOHC, dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga 140ps pada 6000rpm dan torsi 13.9kgm pada 4.200rpm. Dibandingkan dengan mobil sejenisnya,

Toyota Avanza memiliki lebih banyak keunggulan seperti durabilitas teruji selama puluhan tahun, lebih mudah dirawat dan yang paling penting adalah irit BBM. Dibanderol dengan harga mulai Rp191 juta, tidak heran jika mobil ini menjadi mobil keluarga sejuta umat.

Sumber: Diadaptasi dari qoala.app

3. Wuling Confero, Punya Fitur yang Lengkap

Kali ini admin utip informasinya dari oala.app. Bahwa Wuling Confero pertama kali dikenalkan pada tahun 2017 dari pabrikan China. Mobil ini menyasar segmen low MPV dengan banderol tertinggi hanya sekitar Rp195 juta saja. Sebagaimana tipe mobil MPV lainnya, Wuling Confero memiliki 7 seater. Mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap dengan fitur captain seat dan 4 sensor parkir yang sangat memudahkan pengemudi.

Wulin Confero dibekali dengan mesin berkapasitas 1500 cc dan 4 silinder segaris 16 katup DOHC. Tidak hanya itu, salah satu mobil keluarga terbaik ini menggunakan teknologi VVT yang mampu menyemburkan tenaga hingga 107 PS pada 5.800rpm dan torsi 142nm. Jadi, tidak heran apabila Wuling Confero juga masuk ke dalam daftar mobil 7 seater atau 7 penumpang paling irit terbaik.

Sumber: Diadaptasi dari qoala.app

4. Daihatsu Xenia, Mobil Keluarga yang Banyak Dicari

Mengawali debut sejak tahun 2003, Daihatsu Xenia sudah memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Meskipun banyak bermunculan mobil keluarga yang lebih terbaru, akan tetapi Daihatsu Xenia tetap menjadi salah satu mobil SUV keluarga terbaik di tahun 2020 dan masih banyak dicari sampai saat ini. Mobil sejuta umat ini menawarkan harga yang cukup murah sehingga tidak heran jika digunakan oleh berbagai kalangan.

Daihatsu Xenia memiliki 10 varian dengan harga mulai dari Rp186 juta hingga Rp228 juta. Mesin mobil ini memiliki kapasitas 1300 cc hingga 1500 cc dengan teknologi dual VVT-i. Dengan pengalamannya yang lebih dari 17 tahun, Daihatsu Xenia cocok disebut sebagai mobil keluarga terbaik sampai saat ini.

Sumber: Diadaptasi dari qoala.app

5. Daihatsu Terios, Gahar dan Sporty

Bagi keluarga yang menggemari mobil dengan tampilan gahar dan sporty, Daihatsu Terios juga bisa jadi pilihan. Bisa dibilang, Daihatsu Terios menjadi salah satu pilihan mobil SUV 7 seater terbaik. Mobil ini memiliki ciri khas yang dilengkapi dengan over fender dan terlihat cukup tinggi dengan ground clearance-nya yang mencapai 200 mm. Oleh karena itu, Daihatsu Terios dapat lebih mudah menaklukkan medan berkontur, sehingga cocok untuk dipakai untuk keluarga yang ingin berwisata jarak jauh dengan kondisi jalan atau wilayah yang cukup menantang.

Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu khawatir kekurangan tingkat visibilitas berkendara saat melewati medan yang minim akan penerangan. Sebab, Daihatsu Terios Tipe Konde sudah dilengkapi dengan lampu bohlam projector yang mampu menghasilkan kualitas cahaya yang lebih baik dan fokus.

Sumber: Diadaptasi dari qoala.app

6. Mitsubishi Xpander, Tampilan Gagah dan Keren

Mobil besutan Jepang memang masih mendominasi pasar mobil MPV di Indonesia. Mitsubishi Xpander termasuk salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia yang digadang akan menggeser posisi Avanza. Walaupun memiliki body cukup besar sebagai tipe mobil keluarga, Mitsubishi Xpander tetap bisa tampil gagah dengan lampu tajam yang dimilikinya.

Mobil ini didukung dengan teknologi FWD yang mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga mencapai rata-rata 16.2 jm/liter. Meskipun termasuk ke dalam mobil keluarga yang irit, Mitsubishi Xpander tetap bertenaga karena menggunakan mesin 1500 cc MIVEC berteknologi 4A91 DOHC, 16 Valve sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 103 hp dengan torsi 141 nm. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Mitsubishi Xpander memang bukan termasuk mobil keluarga di bawah 100 juta karena dibanderol dengan harga berkisar Rp212 juta.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *