Tanaman Janda Bolong Viral, Simak Ulasan Lengkapnya

Spread the love

Tanaman janda bolong merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki nama latin Monstera Adansonii Variegated. Keberadaan tanaman ini bukanlah sesuatu yang baru bagi penggiat dan kolektor tanaman hias. Di tahun 2019 lalu penggiat dan kolektor tanaman hias sudah mulai merasakan naik daunnya satu jenis tanaman hias ini sebenarnya.

Namun akhir-akhir ini pemberitaan terkait tanaman ini terus meroket tajam harga tanaman inipun menjadi melangit. Di beberapa marketplace mendadak ada produk baru yang tak jarang di bandrol dengan harga ngeri. Puluhan juta bahkan ratusan juta.

Secinta-cintanya sama tanaman, para kolektor dan penggiat tanaman hias sendiri juga heran tapi juga senang dengan fenomena viral ini. Heran karena mereka sudah lama merawat tanaman monstera janda bolong ini dan tak pernah terpikir harganya akan melejit seperti sekarang.

Teman-teman saya sesama blogger dan micro influencer, yang memiliki tanaman hias yang sedang viral di tahun 2020 inipun akhirnya pada upload koleksi tanaman hias janda bolongnya yang tentu dulu belinya tidak setingga harga saat ini. Intinya sebenarnya ini tanaman hias biasa di kalangan penggiat tanaman hias.

Dan tentu senang mereka jika saat ini permintaan tiba-tiba tinggi dengan harga yang sangat cantik. Tapi disisi lain menjadi bahan bercandaan juga bagi mereka lho. Iyalah akhirnya tak terelakkan jadi bahan bercandaan juga.

Masih penasaran kenapa bisa harganya melangit? Silahkan baca poin di bawah ini bagian harga dan manfaat serta cara menanam tanaman janda bolong.

Harga Tanaman Janda Bolong

Mengenai harga yang begitu melangit ini mengingatkan kita pada tanaman gelombang cinta yang viral di tahun 2006/2007. Fenomenanya mirip sekali. Harga tanaman gelombang cinta saat itu juga tak kalah melangit sesuai ukurannya layaknya tanaman janda bolong varigata ini.

Tapi tahu sendiri kan sekarang bagaimana pamor tanaman hias gelombang cinta. Nah sepertinya tanaman janda bolong varigata ini juga mirip nasibnya dengan tanaman gelombang cinta. Ya ini hanya permainan pasar.

Di beberapa marketplace mendadak ada produk baru yang tak jarang di bandrol dengan harga ngeri. Puluhan juta bahkan ratusan juta.

Setelah saya melakukan penelusuran sana sini, akhirnya saya cenderung sepakat dengan pernyataan salah satu ahli pertanian, seorang dosen pertanian UNPAD yang juga mengatakan bahwa ini hanyalah permainan pasar atau permainan harga yang satu saat nanti ketika sudah banyak yang memiliki juga harganya akan turun sendiri. Ini saya dapatkan dari situs kompas.com.

Asal Usul Tanaman Hias Janda Bolong

Dari mana asal tanaman ini sebenarnya, agar lebih memahaminya kita bisa mempelajari asal usul dari tanaman ini berdasarkan pada klasifikasi jenis tanamannya. Janda bolong termasuk dalam keluarga Araceae, yang juga termasuk lili calla. Tanaman ini juga merupakan kerabat dari pothos dan philodendron.

Keistimewaan/ Keunggulan Tanaman Janda Bolong

Tak bisa dipungkiri bahwa tanaman hias ini memang cantik dipandang. Ya namanya juga tanaman hias pasti salah satu keunggulannya ya sebagai hiasan, namanya hiasan pasti bagus dipandangkan ya. Nah apa saja sih keistimewaan dari tanaman ini?

Warna Daunnya Mewah

Warna daunnya menghadirkan kesan kesejukan, kemilau warna dari daunnya mengesankan tanaman mewah. Jika ditaruh di dalam ruangan membuat ruangan terlihat manis, menumbuhkan rasa senang dipandang.

Ciri utamanya adalah ukuran daun yang besar serta berbentuk hati. Permukaan daunnya mengkilap serta hijau pekat. Satu lagi yang membuat daun Monvar ini begitu menarik jika dipandang adalah adanya lubang-lubang yang ada pada helai daun Monvar yang menjari.

Berdasar penelusuran yang saya baca, para peneliti berspekulasi bahwa lubang pada daun monvar terbentuk karena monstera mengalami preforasi yaitu proses pelubangan akibat tetesan air yang cukup intens. Lubang inilah yang membuatnya disebut janda bolong.

 Mudah dirawat

Tanaman ini cukup unik di kalangan tanaman tropis lainnya. Umumnya tanaman tropis memerluka sinar matahari yang melimpah. Tetapi Monvar ini justru mudah adaptasi dengan kondisi cahaya matahari yang minim bahkan di dalam ruangan sekalipun.

Di daerah yang dinginpun ia juga tahan. Jadi singkatnya tidak terlalu repot merawat tanaman tropis satu ini. Mau ditaruh di dalam ruangan yang minim cahaya atau diluar ruangan dengan cahaya banyak tanaman ini bisa adaptasi di keduanya.

Lingkungan yang cenderung dingin mungkin membuatnya tumbuh lebih lambat, dan membuat warna daunnya berubah menjadi lebih hijau pekat dan indah dibandingkan jika tumbuh di ruang terbuka yang panas.

 Rata-rata suhu ruang ideal untuk Monvar adalah 23-30 derajat Celcius untuk siang hari. Dan di malam hari sekitar 15 derajat Celcius.

Memperbaiki kualitas udara 

Siapa yang tidak senang dengan keunggulan Monvar yang satu ini. Jadi selain mempercantik ruangan, menempatkan Monvar di ruangan juga dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan tersebut.

Budidaya monstera terbilang cukup mudah.

Cara memperbanyaknya dapat dilakukan dengan teknik vegetatif sederhana, yaitu stek batang seperti kita menstek pohon singkong. Batang Monvar yang mengeluarkan akar-akar gantung mampu memproduksi akar sejati. Medium yang digunakan biasanya merupakan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan yang seimbang untuk masing-masing komponen.

 Namun tidak menutup kemungkinan Monvar juga bisa tumbuh di medium cair seperti air. Beberapa teman blogger saya yang juga pecinta tanaman hias, juga menyampaikan bahwa menanam Monvar di dekat kolampun bisa tumbuh subur meski tiap hari terkena air. Di awal masa tanam, pilih pemupukkan yang mengandung unsur nitrogen lebih tinggi dibandingkan unsur hara lainnya, salah satunya pupuk organik.

Tahan serangan hama dan penyakit

Sudah tahukah bahwa tanaman Monstera adalah salah satu tanaman hias yang cenderung tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun, bukan berarti tidak perlu dilakukan pemupukan ataupun perawatan.

 Pemupukan dapat dilakukan minimal satu bulan sekali. Jika terdapat daun monstera yang layu atau kering, kamu bisa segera memangkasnya agar tidak menular pada daun yang lain.

Bisa dijual dengan harga fantastis

Melihat fenomena pamornya tanaman ini dan trending yang terus menanjak, maka mengoleksi Monvar tentu tak rugi. Bahkan, bisa jadi ini adalah investasi tersendiri. Apalagi, kalau mulai tertarik membudidayakannya.

Simbol kesejahteraan dan umur panjang

Ini satu keunggulan Monvar yang entah apakah juga menjadi daya tarik pembeli saat ini. Sebuah kepercayaan tradisional dari masyarakat kuno Tiongkok menyakini bahwa Monvar adalah simbol kemakmuran, kesehatan, dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur. Hal ini mungkin dikaitkan dengan fisik tanaman Monvar yang elok dan cantik serta memiliki kesan mewah.

Tertarik membeli tanaman hias janbol dengan harga ramah kantong? Bisa klil DI SINI.

Cara Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Varigata

Tanaman ini cukup unik di kalangan tanaman tropis lainnya. Umumnya tanaman tropis memerluka sinar matahari yang melimpah. Tetapi Monvar ini justru mudah adaptasi dengan kondisi cahaya matahari yang minim bahkan di dalam ruangan sekalipun.

Di daerah yang dinginpun ia juga tahan. Jadi singkatnya tidak terlalu repot merawat tanaman tropis satu ini. Mau ditaruh di dalam ruangan yang minim cahaya atau diluar ruangan dengan cahaya banyak tanaman ini bisa adaptasi di keduanya.

Gambar Tanaman Janda Bolong

Manfaat Janda Bolong,Gambar tanaman janda bolong,Gambar tanaman janda bolong putih,Gambar tanaman janda di bolon dua warna,Tanaman hias
Tanaman janda bolong
Janda bolong bunga
Janda bolong warna
Harga tanaman janda bolong

Tanaman hias janda bolong
Janda bolong varigata
Janda bolong dua warna 
Daun janda bolong
Sumber: kaskus.com

Gambar Tanaman Janda Bolong Putih

Gambar Tanaman Janda Bolong Dua Warna

Tanaman hias,Tanaman janda bolong,Janda bolong bunga,Janda bolong warna,Harga tanaman janda bolong,Tanaman hias janda bolong,Janda bolong varigata,Janda bolong dua warna ,Daun janda bolong,Monstera Janda Bolong
Sumber: radarsukabumi.com
2 comments Add yours
  1. Geleng2 kepala kalo liat trend begini :D. Untungnya aku ga tertarik tanaman, jd ga tergoda memang mba :D. Janda bolong ini lumayan banyak di rumah mama, dan selama ini aku malah ga perhatian hahahaha. Sempet ada yg ditaro di luar, sejak meroket, diajak masuk semua, drpd dicuri orang wkwkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *