Perbedaan hosting, server dan domain. Jika saat ini kamu sedang belajar membuat blog, website, atau sedang memulai bisnis online yang akan menggunakan media website, tentu kamu wajib memahami 3 istilah ini. Hosting, server dan domain.

Wajar jika sebagai pemula dalam dunia pembuatan blog atau website kamu akan membingungkan perbedaan hosting dan server. Tidak hanya itu kamu mungkin juga masih membingungkan perbedaan domain dan hosting.

Tenang saja kamu cukup membaca satu kali dari artikel ini kemungkinan kamu sudah bisa memahami perbedaan dari ketiganya lho.

Kenyataannya ketiga istilah tersebut memang memiliki fungsi masing-masing yang berbeda lho. Ke depan kamu akan sering berinteraksi dengan domain, hosting dan server. Yang jelas sebagai pembuat website ataupun sebagai pemilik blog dengan berbagai kepentingan yang beragam kamu akan membutuhkan budget hanya untuk membeli (sewa tiap tahun) domain dan hosting.

perbedaan domain dan hosting, perbedaan hosting dan server, perbedaan domain dan server, domain adalah, hosting adalah, server adalah, domain murah,

Perbedaan Server Domain dan Hosting

Agar kamu tidak lagi bingung memahami 3 istilah ini, mari kita akan ulas satu per satu.

Apa itu Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan khusus yang berada dalam satu jaringan komputer. Fungsinya adalah untuk menjalankan fungsi perangkat lunak yang mengontrol akses masuk ke dalam jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Server  selalu disimpan di sebuah data center yang dibantu dengan fasilitas lengkap agar mesin server dapat bekerja dengan baik saat diakses kapanpun dari segala penjuru dunia serta tidak mudah rusak sehingga dapat bertahan lama.

Secara mudahnya, server akan bekerja saat ada permintaan dari klien. Dalam hal ini, klien yang dimaksud adalah kamu saat mengakses internet melalui browser.

Saat kamu menggunakan internet, otomatis kamu juga akan mengakses situs-situs berupa website. Saat itu juga, server akan mengirimkan data informasi ke perangkatmu sesuai apa yang kamu cari di mesin pencarian atau browser.

Apa itu Domain

Apa itu domain. Mudahnya kamu bisa simak contoh konkritnya dulu saja ya. Contoh domain: kompas.com, republika.com, islampos.com, iprice.co.id, bca.co.id, pegadaian.co.id dan lain-lain.

Semua contoh itu adalah sebuah nama domain yang dikehendaki klien dan disewa setiap tahunnya kepada pihak penyedia jasa domain hosting seperti Niagahoster. Lalu apa itu domain.

Domain adalah nama website yang sudah ditentukan dan diatur oleh sebuah badan pengelola nama domain. Di Indonesia, nama domain diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Jika website dianalogikan sebuah rumah, maka domain adalah alamat rumah yang menunjukkan “letak geografis” rumah tersebut, dimana dalam konteks ini menggantikan alamat IP (IP address). Sekali lagi nama domain tidak bisa dibeli, kamu hanya bisa membayar sewa domain yang harus diperbarui setiap tahunnya.

Tapi di Niagahoster, kamu bisa mendapatkan sewa nama domain dengan harga terbaik dan penawaran menarik lho. Mau tahu caranya? Kepo saja di bagian kesimpulan ya.

Apa itu Hosting

Hosting memiliki fungsi utama yaitu untuk menyimpan data yang ada di website. Data apakah itu, ya semuanya. Saat kamu membuat tulisan di website maka semua data itu akan disimpan di dalam hosting ini.

Semakin banyak tulisan yang kamu buat di website maka akan semakin banyak menghabiskan ruang penyimpanan di dalam hosting. Satu saat kamu mungkin butuh memperbesar kapasitas penyimpanan hosting kamu karena data website (konten tulisan, foto, video) juga semakin banyak yang terupload.

Nah, hosting tersebut disimpan di dalam sebuah server. Sampai sini pahamkan. Sekilas fungsinya sama-sama menampung data ya, iyes.

Tetapi perbedaan hosting dengan server adalah, server mempunyai hard disk sedangkan hosting tidak. Server memiliki RAM hingga prosesor yang bentuk dan ukurannya disesuaikan untuk disimpan di rack server.

Perlu kamu ketahui juga bahwa ada beberapa jenis hosting yang harus kamu pahami, dua yang umum di antaranya adalah shared hosting dan cloud hosting. Apa itu.

  • Shared hosting adalah jenis hosting dengan harga relatif terjangkau yang bisa digunakan oleh beberapa website sekaligus. Artinya, hosting yang kamu gunakan berada pada server yang sama yang juga digunakan oleh orang lain sehingga kecepatan website pun terbagi-bagi oleh para pengguna lain.
  • Cloud hosting adalah layanan hosting yang disimpan pada server dan terhubung di internet. Sehingga, jumlah server yang digunakan bisa lebih dari satu server sehingga saat terjadi masalah, server lain yang terhubung dengan internet dapat menjadi cadangan sementara hingga masalah tuntas.

Di Niagahoster misalnya,  kamu bisa menggunakan hosting berbasis internet alias cloud hosting dengan layanan terbaik tanpa harus kuatir kehilangan data website kamu. Sekaligus kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk paket hosting Niagahoster apapun sesuai kebutuhanmu.

Secara mudahnya, ketika kamu menyewa layanan hosting, maka kamu akan dapat layanan jasa penyimpanan data yang nantinya dipakai untuk website kamu, seperti data dalam bentuk teks, video, audio, gambar, file dan lainnya.

Setelah ini kamu bisa cek harga layanan hosting Niagahoster ataupun VPS Niagahoster. Layanan VPS ini lebih cocok untuk website yang membutuhkan sumber daya yang besar.

Kesimpulan

Sampai sini tentu sekarang kamu bisa lebih memahami perbedaan hosting dengan domain atau perbedaan server dan hosting kan. Tunggu dulu.

Jika kamu masih bingung juga, jangan kuatir. Ada admin aktif selama 24 jam yang akan melayani kebutuhan kamu untuk mulai menjalankan website sesuai kebutuhan kamu. Termasuk kebutuhan bisnis kamu.

Bisnis kamu membutuhkan website, dan kamu masih pemula? kamu bisa banget berkonsultasi untuk pembelian domain hosting Niagahoster dengan admin Niagahoster sekaligus konsultasi tentang VPS Niagahoster.

Semoga bermanfaat ya,

Salam admin sakinahbersamamu.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.