Nama Blog Adalah Doa

Arti Nama Blog, sakinahbersamamu, sakinah bersamamu

Arti nama blog. Bicara  soal nama (berlaku untuk nama apapun) pasti tidak sembarangan untuk menyematkan sebuah nama. Termasuk saat memilih nama blog sakinahbersamamu.com ini. Sebelumnya, arti nama blog hanya ada di dalam pikiran tanpa pernah terpikir untuk menuliskannya dalam bentuk artikel seperti  ini.

Arti Nama Blog, sakinahbersamamu, sakinah bersamamu

Namun karena kali ini dalam rangka mengikuti tantangan menulis selama 30 hari di bulan Ramadhan dari komunitas blogger perempuan network dimana temanya juga ditentukan dan tema pertama dalam minggu pertama Ramadhan adalah tentan arti nama blog. Jadilah saya akan menuliskannya denan senang hati insyaallah.

Kalau saya mencoba mengingat lagi bagaimana akhirnya memilih nama blog ini, itu tidak lebih dari semingguan. Memilah dan memilih satu dua nama yang terlintas dipikiran. Mulai dari rumah sakinah, ruang emak-emak dan lain-lain. Sampai akhirnya bismillaah memilih nama sakinah bersamamu.

Agak lucunya menurut saya, setelah setahun membuat nama blog ini saya baru tahu ada novel yang juga telah di filmkan dengan judul sakinah bersamamu karya bunda Asma Nadia, seorang penulis fiksi yang tak asing lagi di telinga kita. Saya saja yang benar-benar kudet saat itu, hanya sibuk dengan aktivitas ibu rumah tangga saja lalu memilih memulai ngeblog.

Ini alasan saya memulai ngeblog

Apa sih arti nama blog ini?

Arti Nama Blog, sakinahbersamamu, sakinah bersamamu

Pertama, nama blog ini bermakna spirit atau semangat. Saya yang saat membuat blog itu tahun 2018 akhir, dimana usia pernikahan masih empat tahun berharap doa bisa menjadi keluarga yang sakinah. Sehingga setiap menulis di blog akan selalu ada semangat tersebut.

Menulis membutuhkan waktu dan pikiran khusus, sedangkan saya juga harus menjadi istri dan ibu di rumah tanpa adanya pembantu. Dengan tetap memiliki target menulis juga, maka ini tidaklah mudah.

Sehingga  dengan pemilihan nama blog ini sedikit banyak akan mengingatkan saya lagi bahwa saya harus mendahulukan amanah utama untuk diri saya yaitu sebagai ibu rumah tangga. Menulis blog adalah aktivitas kesekian setelah rumah dan anak-anak beres. Hehe

Menikah bukanlah sebuah pintu gerbang untuk memasuki masa indah selamanya. Tentu pasti ada saja ujian yang mungkin akan membuat dada sempit, hati sakit, kepala penat dunia terasa jahat hehe. Dan di saat seperti itu, saya harus tetap memiliki spirit “sakinah bersamamu”.  Begitulah kira-kira makna dan arti dipilihnya nama blog ini.

Jadi saat marah, sedih, cemas, kuatis, terpuruk,  saya harus tetap melihat nama blog saya untuk terus berusaha menjadi sakinah bersamanya.

Kedua, nama blog ini memiliki arti doa. Siapa sih yang tidak ingin memiliki keluarga yang sakinah. Sehingga saya pun berharap konten yang ada di dalam blog ini (harapannya) diperuntukkan atau menjadi rujukan bagi mereka yang juga menginginkan keluarganya menjadi keluarga yang sakinah.

Syukur-syukur jika kelak blog ini akan bisa menjadi rujukan banyak keluarga yang menginginkan rumah tangganya menjadi sakinah. Ini adalah harapan tersbesar saya ketika memutuskan memilih nama blog ini. Entah kapan juga terwujudnya, mungkin anak-anak saya kelak yang akan melanjutkan mimpi itu, Allaahu a’lam.

Meskipun sampai saat ini belum sepenuhnya bisa konsisten menulis dengan tema yang mungkin masih sangat luas juga. Tetapi mimpi dan doa  serta semangat itu masih terus membara di pikiran, tangan dan hati saya. Hahah Bismillaah saja. Bukankah mimpi itu memang harus melangit tinggi.

Ketiga, apa sih arti sakinah. Seingat saya di satu kajian pernah saya catat bahwa sakinah berarti tenang atau ketenangan. Dalam konteks pasangan hidup, sakinah berarti adanya perasaan tenang terhadap pasangannya. Tenang karena saling percaya, saling menghargai, saling menyayangi dan seterusnya.

Jadi secara tidak langsung arti dari nama blog ini mewakili apa yang menjadi visi hidup saya dan mimpi-mimpi saya bersama dengan pemilik bahu disamping saya saat ini. Didoakan saja semoga nama blog yang sekaligus menjadi doa ini mendapat ridlo dari pemilik alam semesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *