Sejuta Manfaat Daun Sirsak: Herbal Ampuh Atasi Kanker

resep daun sirsak untuk asam urat, daun sirsak untuk asam urat dan kolesterol, daun sirsak untuk asam urat dan rematik, cara mengobati diabetes dengan daun sirsak, manfaat daun sirsak kering, daun sirsak untuk asam urat pdf, daun obat asam urat tradisional, kandungan daun sirsak untuk asam urat, cara merebus daun sirsak untuk kolesterol cara merebus daun sirsak untuk asam urat, cara merebus daun sirsak untuk diabetes, manfaat daun sirsak untuk tumor, cara mengolah daun sirsak untuk obat jantung, cara merebus daun sirsak untuk kista, cara merebus daun sirsak dan kulit manggis, efek minum daun sirsak saat haid??, daun sirsak untuk rambut, kegunaan daun sirsak untuk menurunkan berat badan, manfaat buah sirsak untuk masker wajah, efek samping air rebusan daun sirsak, manfaat rebusan daun sirsak untuk kesuburan wanita, tanaman herbal untuk kecantikan wajah, manfaat buah sirsak untuk wajah, tumbuhan untuk memutihkan kulit badan, manfaat daun sirsak, mafaat daun sirsak untuk asm urat, manfaat daun sirsak untuk kecantikan, manfaat daun sirsak untuk kanker,

Manfaat daun sirsak. Pada artikel kali ini akan admin ulas tentang manfaat daun sirsak, yang ternyata dari berbagai sumber yang admin dapatkan menunjukkan bahwa daun sirsak ini memiliki banyak khasiat dalam membantu menyembuhkan penyakit. Lalu pertanyaannya,

Benarkah daun sirsak berkhasiat secara ilmiah?

Benarkah daun sirsak secara ilmiah memiliki khasiat dalam penyembuhan beberapa penyakit seperti diabet dan kanker?

Nah, admin ingin berbagi pengalaman soal ini. Tanpa kita harus melakukan penelitian atau membaca jurnal-jurnal penelitian tentang daun sirsak, insyaallaah pengalaman admin ini bisa menjawab pertanyaan di atas.

Jadi waktu itu admin bersama suami berinisiatif untuk berkunjung ke poli obat tradisional di rumah sakit dr. Soetomo Surabaya. Ya sekedar ingin mengklarifikasi kepada ahlinya seputar pertanyaan-pertanyaan khasiat tanaman obat tradisional, atau tanaman herbal. Termasuk juga tentang manfaat daun sirsak dari sisi ilmiah.

Waktu itu kami mengajukan beberapa pertnyaan kepada tenaga medis di poli obat tradisional di RS. Soetomo ini. Diantara pertanyaan-pertanyaan itu adalah sebagai berikut. Benarkah secara ilmiah tanaman alami itu bisa berkhasiat sebagai obat? Benarkah manfaat daun sirsak juga sudah terbukti secara ilmiah?

Jawabanya, memang benar bahwa secara ilmiah sudah dilakukan banyak penelitian untuk beberapa tanaman alami terbukti berkhasiat menyembuhkan, mencegah dan mengontrol penyakit. Termasuk manfaat daun sirsak. Ternyata manfaat daun sirsak secara ilmiah juga telah terbukti berkhasiat untuk mengurangi bahkan menyembuhkan beberapa penyakit.

Berdasar pengalaman admin sendiri, banyak orang-orang di sekitar admin yang sudah merasakan manfaat daun sirsak. Banyak diantaranya manfaat daun sirsak berkhsiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah, biasanya dikonsumsi oleh para penderita diabet yang sudah akut.

 

Selain itu manfaat daun sirsak selanjutnya adalah berkhsiat mengurangi atau membunuh sel kanker dalam tubuh. Daun sirsak juga berkhasiat membersihkan kista secara alami.

 

Tanaman Seperti Apakah Sirsak?

Tanaman Sirsak atau sirsak yang memiliki nama botani Annona muricata adalah tanaman buah yang berasal dari Amerika Selatan, Asia tenggara, dan Afrika. Kambium pada batangnya tidak terlalu besar.

Zat Kimia Apa Saja yang Terkandung dalam Daun Sirsak?

Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam daun sirsak:

  1. Antibakteri: daun Sirsak adalah sumber alami untuk membunuh bakteri pada tubuh.
  2. Antivirus: daun Sirsak memiliki kemampuan untuk mencegah virus untuk tumbuh.
  3. Anti-tumor: dengan Demikian, teman-teman bisa mengambil daun sirsak untuk mencegah tumor.
  4. Anti-parasit: Resistensi parasit untuk tumbuh.
  5. Anti-Malaria: Untuk mencegah malaria.
  6. Diuretik: Daun Sirsak memiliki zat untuk mempromosikan diuresis.
  7. Vermifuge: obat cacing obat-obatan.
  8. Astringent: Untuk meminimalkan kulit kering.
  9. Antimutagenik: Zat untuk mencegah mutasi gen.
  10. Hipotensi: Untuk membantu penyembuhan darah rendah tingkat.
  11. Analgesik: Untuk menurunkan nyeri.
  12. Nervin: Untuk memperkuat saraf.
  13. Anti radang: Untuk menurunkan nyeri peradangan.
  14. Hipoglikemik: daun Sirsak memiliki zat untuk menurunkan glukosa.
  15. Galactogogue: Untuk menghasilkan lebih banyak asi untuk ibu.
  16. Cardio-depresan: Mengadakan aktivitas jantung.
  17. Vasogilator: Zat untuk pembuluh darah.

 

 

Cara Membuat Rebusan Daun Sirsak

Berdasarkan informasi yang admin dapatkan dari tenga medis di Poli obat tradisional di R.S. Soetomo Surabaya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merebus daun Sirsak. Diantaranya:

  • Tidak merebus daun Sirsak di panci berbahan stanlees atau alumunium. Jadi harus di kuali atau semacam panci yang terbuat dari tanah liat. Alat ini biasanya dipakai orang tua zaman dulu untuk merebus air minum. Warnanya seperti bata karna terbuat dari tanah liat yang dibakar.
  • Jumlah daunnya juga ada aturannya sendiri. Minimal jumlah daun sirsak yang direbus dan bisa menghasilkan manfaat untuk kesehatan adalah lima lembar daun sirsak. Selebihnya bisa ditambahkan jumlahnya dengan tetap pada jumlah ganjil. (Semoga admin tidak salah mengingat ya J)
  • Tidak mencampurnya dengan garam ataupun gula
  • Air rebusan yang diambil atau diminum adalah ketika volume airnya sudah berkurang dari volume awal ketika sebelum direbus dan berwarna kuning kehijauan.

 

Jika dirasa cara mendapatkan manfaat daun Sirsak dengan direbus ini terlalu ribet, teman-teman jangan khawatir karna di Apotik-apotik pun sudah tersedia banyak produk dalam bentuk kapsul daun Sirsak. Biasanya tenaga medis di Poli obat tradisional pun meresepkan produk daun sirsak dalam bentuk kapsul seperti ini.

 

Untuk mengetahui seberapa jauh efek atau perkembangan yang didapatkan setelah mengkonsumsi daun Sirsak baik yang didapatkan dengan cara direbus atau dalam bentuk kapsul adalah dengan memriksakan ke tenaga medis spesialis.

 

Tujuannya agar tidak terjadi semacam over dosis yang justru akan menimbulkan dampak negatif baru untuk tubuh. Karena jika tidak dikontrol penggunaannya meski ini merupakan zat alami maka tetap berlaku yang namanya over dosis. Jadi harus tetap dikontrolkan ya teman-teman yang sholih/ah.

 

Manfaat Daun Sirsak

Daun Sirsak ternyta memiliki segudang manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini admin ulaskan terkait manfaat daun sirsak dari berbagai sumber.  Manfaat daun Sirsak diantaranya adalah:

  1. mengobati asam urat
  2. mencegah dan mengurangi kolesterol
  3. mencegah penyakit diabetes
  4. mengatatasi sakit punggung
  5. mengobati eksim secara alami
  6. mengecilkan perut buncit
  7. mengatasi masalah bisul
  8. mengatatasi insomnia
  9. menghillangkan kutu rambut
  10. diet berat badan secara alami
  11. Mencegah dan mengobati kanker
  12. Mengobati wasir

 

 

Manfaat daun Sirsak Untuk Asam Urat

, efek samping air rebusan daun sirsak, manfaat rebusan daun sirsak untuk kesuburan wanita, tanaman herbal untuk kecantikan wajah, manfaat buah sirsak untuk wajah, tumbuhan untuk memutihkan kulit badan,
via sehata.blogspot.com

Daun sirsak bisa mencegah dan mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirsak untuk asam urat – Beberapa riset ilmiah telah membuktikan bahwa daun sirsak dapat membantu tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan asam urat, seperti asam urat. Daun sirsak ini sudah lama dikenal masyarakat berkhasiat untuk penggunaannya untuk pengobatan alternatif dan sebagai sumber alami untuk mengobati asam urat.

Jika teman-teman ingin menggunakan daun sirsak untuk menyembuhkan asam urat, teman-teman dapat  menyiapkan beberapa lembar daun sirsak (baca: cara merebus daun Sirsak) dalam 2 gelas air dan didihkan sampai satu cangkir air.

 

Kemudian, teman-teman dapat meminumnya selagi hangat kuku agar terasa lebih nikmat dan untuk hasil terbaik, teman-teman harus mengkonsumsi rutin bahan-bahan ini dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari.

Setelah beberapa waktu mengkonsumsi daun Sirsak, jangan lupa untuk mengontrolkan perkembangan asam urat teman-teman ke tenaga medis ya.

Manfaat Daun Sirsak Mencegah Diabetes dan Mengontrol Diabetes

Secara ilmiah daun Sirsak sudah terbukti dapat membatu mengotrol kadar gula dalam darah. Sehingga banyak pasien dengan keluhan kadar gula darah yang tinggi sekali setiap harinya harus mengkonsumsi air rebusan daun Sirsak ataupun kapsul daun Sirsak untuk mengontrol terus agar gula darahya tindak naik.

 

Cara membuat air rebusan daun Sirsak sangatlah mudah. menyiapkan beberapa lembar daun sirsak (baca: cara merebus daun Sirsak) dalam 2 gelas air dan didihkan sampai satu cangkir air.

 

Kemudian, teman-teman dapat meminumnya selagi hangat kuku agar terasa lebih nikmat dan untuk hasil terbaik, teman-teman harus mengkonsumsi rutin bahan-bahan ini dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari.

 

Manfaat daun Sirsak Untuk Sakit Punggung

Menurut beberapa sumber yang admin baca bagi teman-teman yang menderita sakit punggung, bisa juga mengkonsumsi rebusan daun Sirsak.

Jika teman-teman ingin menggunakan ini daun sirsak untuk menyembuhkan sakit punggung teman-teman, sarannya bisa dengan mengambil 20 lembar (jumlah daun bisa disesuaikan dengan volume air) daun sirsak, tambahkan daun Sirsak ke dalam 5 gelas air mendidih.

 

Setelah itu, teman-teman disarankan untuk minum segera, setidaknya sekali per hari untuk meringankan sakit punggung teman-teman.

Manfaat daun Sirsak untuk Mengatasi Bisul 

Bisul terkadang muncul pada area tubuh yang penting sehingga dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang karena akan mempengaruhi penampilan seseorang atau juga dapat mempersulit aktifitas lain yang berhubungan dengan tubuh.

 

Salah satu tanaman herbal yang dipercaya berkhasiat membantu menyembuhkan bisul adalah daun sirsak. Luar biasa banyak ya manfaat daun sirsak.

Jika teman-teman ingin memanfaatkan daun sirsak untuk menyembuhkan bisul, bisa dengan cara

mengambil beberapa lembar daun sirsak dan menggosokkannya ke tempat dimana bisul muncul. Mudah kan.

Manfaat Daun Sirsak Mampu Mengobati Eksim

 

Bagaimana cara memafaatkan daun sirsak untuk penyakit eksim?

Daun sirsak ternyata juga berkhasiat mengobati penyakit yang disebabkan oleh eksim atau jamur dengan cara alami.

Untuk caranya, teman-teman dapat menumbuk beberapa lembar daun sirsak sampai menjadi halus, lalu teman-teman bisa menggosok-gosokkan daun sirsak ke daerah yang terkena eksim.

Setelah teman-teman menggosok-gosokkan daun sirsak di daerah yang terkena eksim, tumbukan daun sirsak itu dapat membantu teman-teman untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh eksim itu.

Daun Sirsak Mengobati Penyakit Rematik

Semakin tua usia semakin rentan mengalami penyakit rematik. Nah jika teman-teman menginginkan terapi herbal, teman-teman bisa memilih daun sirsak sebagai alternatif penyembuhan secara alami.

 

Selebihnya memang yang terbaik tetap konsultasi kepada tenaga medis spesialis obat tradisional ya. Namun jika teman-teman ingin mencobanya terlebih dahulu bisa menggunkan air rebusan daun sirsak ataupun kapsul daun sirsak.

Daun Sirsak Mengobati Wasir

Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang menyakitkan juga. Penyakit ini bisa sangat berbahaya karena bisa membuat perdarahan rektum, sehingga hal ini tentunya sangat menyakitkan bagi pasien yang menderita wasir.

Jika teman-teman ingin melindungi diri teman-teman dari penyakit ini atau jika teman-teman ingin mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini, daun sirsak sangat bermanfaat untuk teman-teman.

Manfaat daun sirsak. Daun sirsak mengandung senyawa-senyawa yang dapat menghentikan pendarahan dari rektum dan juga dapat membuat otot-otot di sekitar anus teman-teman menjadi lebih rileks dari sebelumnya, dengan demikian itu akan meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol

Daun Sirsak Melindungi Teman-teman Dari Kolesterol

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol – tentu sangat susah mengontrol kolesterol dalam tubuh secara mandiri karena untuk mengethui kadar kolesterol tubuh harus dilkukan check up terlebih dahulu oleh seorang tenaga medis.

Namun jika teman-teman sudah mulai merasakan gejala-gejala yang disebabkan oleh kolesterol jahat teman-teman bisa mencoba manfaat daun sirsak dengan direbus ataupun dalam bentuk kapsul.

Karena menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh teman-teman. Daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat keluar dari tubuh teman-teman.

Manfaat Daun Sirsak Mengobati Penyakit Hati dan Menurunkan Kadar Glukosa

Manfaat Daun sirsak, jika teman-teman mencampurnya dengan teh, ternyataberkhasiat mengobati penyakit liver karena daun sirsak dapat merangsang produksi hormon insulin dengan membantu sel-sel beta di pankreas.

Di samping mengobati penyakit hati, manfaat daun sirsak juga dapat menurunkan kadar glukosa teman-teman karena peningkatan produksi hormon insulin, yang akan mengubah glukosa menjadi energi.

Mengurangi Rasa Sakit

Berdasarkan beberapa riset ilmiah, daun sirsak mengandung sifat analgesik di dalamnya, yang akan sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, baik secara internal maupun eksternal. Teman-teman dapat menerapkannya secara internal dengan mengunyah, atau teman-teman juga bisa menerapkannya secara eksternal dengan menempelkan ke dalam luka terbuka.

Dalam kasus rasa sakit yang berlebihan, teman-teman bisa merebus 20 lembar daun sirsak dan mencampurnya dengan kurang lebih 5 gelas air, angkat saat air tinggal 2-3 gelas. dan minum setidaknya sekali per hari, masing-masing di pagi hari dan di malam hari.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Insomnia

Sudah tahukah jika manfaat daun sirsak salah satunya adalah membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik?. Ada sumber yang menyebutkan bahwa daun sirsak juga dapat digunakan untuk merelaksisasi tidur karena daun sirsak adalah sumber yang baik dari aromaterapi.

Daun sirsak merupakan aromaterapi alami yang dapat menjadikan tubuh menjadi rileks dan dengan demikian, teman-teman akan mendapatkan kualitas tidur di malam hari dengan baik. Jadi, jika teman-teman menderita insomnia, teman-teman bisa mencoba membuat minuman herbal rebusan daun sirsak untuk mengatasi insomnia.

Melindungi Rambut Teman-teman Dari Kutu

Jika mengingat kata kutu, mungkin yang terlintas adalah masa kecil. Maklum ini masa dimana anak belum terlalu perhatian dengan kebersihan. Namun sangat tidak menutup kemungkinan jika orang dewasapun bisa terkena kutu di rambutnya.

 

Ditambah lagi kualitas udara dan alam yang semakin hari semakin mengalami pencemaran sehingga semakin kotor dimana hal tersebut dapat menyebabkan banyak masalah  kesehatan rambut seperti ketombe, rambut rontok.

 

Menurut satu sumber jika teman-teman ingin menjaga kesehatan rambut teman-teman agar tetap sehat, daun sirsak yang merupakan salah satu sumber herbal yang harus teman-teman pertimbangkan karena memiliki beberapa kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang dapat benar-benar berbahaya bagi rambut teman-teman.
Daun Sirsak Obat Kanker

manfaat daun sirsak untuk kanker. Kanker dinobatkan sebagai penyakit mematikan kedua di dunia. Dalam skala dunia dikatakan bahwa setiap detik ada yang meninggal karena penyakit kanker, di Indonesia setiap hari ada yang meninggal karena kanker.

 

Artinya, kanker merupakan penyakit yang sangat membahayakan dan mematikan. Alangkah baiknya jika kita semua mampu melakukan pencegahan-pencegahan agar terhindar dari penyakit ini. Ini mungkin manfaat daun sirsak yang paling penting.

Banyak hasil riset yang menunjukkan bahwa daun sirsak ini sangat ampuh untuk melindungi teman-teman dari segala penyakit yang berhubungan dengan kanker, seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, dll.

 

Salah satu riset  yang telah dilakukan menunjukkan bahwa senyawa dalam daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan dapat menyembuhkan kanker lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan sebelumnya metode kemoterapi.

Secara khusus, daun sirsak memiliki senyawa aktif yang dapat melawan sel-sel kanker 10000 kali lebih kuat dari muka kemoterapi. Jadi, daripada menghabiskan sejumlah besar uang untuk membayar teman-teman kemoterapi, teman-teman harus mempertimbangkan ini magis daun sirsak yang ampuh dan juga, keberhasilan mereka melawan sel-sel kanker yang sudah terbukti.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Memutihkan Wajah:
Manfaat daun sirsak untuk kecantikan – Dalam satu sumber dikatakan bahwa daun sirsak mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, yang sangat bermanfaat untuk melepaskan antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan kulit teman-teman yang berkiatan dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan berat pigmentasi yang dapat mempengaruhi penampilan teman-teman secara keseluruhan.

 

Antioksidan ini akan melindungi teman-teman dari gejala-gejala tersebut, dengan demikian teman-teman akan lebih percaya diri dari sebelumnya.

 

Manfaat Khasiat Daun Sirsak Lainnya

Berikut ini adalah daftar manfaat daun sirsak untuk kesehatan secara keseluruhan perawatan seperti Manfaat daun sirsak untuk kista ovarium.

 

Untuk poin ini admin ingin bercerita pengalaman pribadi seorang muslimah yang admin kenal ya. Beliau waktu itu sudah setahun menikah belum mendpatkan momongan. Setelah konsultasi ke Spog ternyata baru dikethaui beliau mengidap kista sudah sepanjang empat cm.

 

Singkat cerita beliau memilih terapi herbal dengan meminum rebusan daun sirsak. Tidak lama sekitar dua hingga tiga bulan meminum rebusan daun sirsak. Setelah itu berhenti meminum rebusan tadi dan tidak lama juga dari itu beliau hamil. Alhamdulillaah.

 

Setelah melahirkan dilakukanlah USG lanjutan dan dokter kandungannya bilang bahwa kista yang dulu sepanjang 4 cm itu sudah tidak ada. Dokternya juga sempat heran dan bertanya-tanya, kok bisa hilang tanpa operasi ya. Nah sekarang tahu sendiri ya seberapa ampuh manfaat daun sirsak untuk mengobati kista.

Cara Mengolah atau Memanfaatkan Daun Sirsak

Ternyata selain dengan direbus daun sirsak juga bisa diolah seperti daun teh.Daun sirsak sebagai Teh
Teman-teman dapat menggunakan daun sirsak sebagai teh herbal jika teman-teman ingin alami dan minuman yang menyegarkan. Manfaat air teh daun sirsak akan sangat penting untuk minum jika teman-teman ingin melindungi diri teman-teman dari kanker.

Berikut ini cara mengecilkan perut buncit dengan daun sirsak dan langkah-langkah cara membuat sehat sirsak teh.

  • Pertama, teman-teman perlu rebus satu cangkir air.
  • Ambil sekitar 3 sampai 5 segar dan daun sirsak kering, dan kemudian air mata mereka terpisah menjadi potongan-potongan kecil
  • Ambil daun sirsak’ potongan dalam air mendidih, dan kemudian menunggu sekitar 30 menit untuk memungkinkan untuk mendidih pada suhu moderat.
  • Setelah 30 menit, saring teh.
  • Teh hangat daun sirsak untuk diet mengecilkan perut buncit siap dihidangkan
  • Teman-teman mungkin perlu menambahkan sedikit gula atau madu, sehingga tidak akan terlalu pahit.

 

Efek Samping Daun Sirsak

Sedangkan daun sirsak memiliki manfaat dan khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh, seperti daun, mereka juga memiliki beberapa efek samping yang harus teman-teman pertimbangkan sebelum teman-teman mencoba untuk menerapkannya dalam tubuh teman-teman, baik secara internal maupun eksternal. Berikut ini adalah beberapa efek samping daun sirsak yang harus teman-teman pertimbangkan.

Penyakit Parkinson
Beberapa studi bukti bahwa daun sirsak memiliki senyawa kimia yang juga hadir pada manusia yang menderita Parkinson. Jadi, semua orang yang memiliki riwayat Parkinson gangguan atau sedang menderita dari itu perlu untuk menghindari daun sirsak sebelum membuat gejala menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Masalah Neurotoksisitas
Menurut beberapa peneliti, mengkonsumsi sirsak teh lebih sering akan membawa teman-teman sebuah masalah yang berkaitan dengan neurotoksisitas. Neurotoksisitas adalah jenis kerusakan otak yang akhirnya dapat mengganggu neuron. Gejala ini neurotoksisitas gangguan adalah benar-benar berbahaya, seperti kehilangan memori, sakit kepala, dan disfungsi seksual. Jadi, teman-teman harus mengkonsumsi sirsak teh dalam jumlah normal. Jika teman-teman mengkonsumsi 2 atau 3 cangkir per hari, teman-teman akan aman dan tidak akan ada efek samping daun sirsak yang merugikan pada tubuh teman-teman, termasukmasalah  neurotoksisitas

Tekanan Darah Rendah
Ada beberapa percobaan yang dilakukan pada hewan bukti bahwa daun sirsak dapat mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Jadi, itu akan sangat berbahaya jika orang-orang dengan tekanan darah rendah. Tapi, jika teman-teman memiliki tekanan darah tinggi, teman-teman juga harus berhati-hati tentang dosis daun ini yang wajib teman-teman konsumsi karena lebih sering mengkonsumsi dapat menyebabkan teman-teman untuk berbagai masalah seperti neurotoksisitas seperti yang sudah disebutkan di atas, dan juga muntah-muntah atau mual.

 

Baca juga Tips Malam Pertma

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *