Cara Menggunakan Tespek/ Test Pack Kehamilan yang Akurat

Cara Menggunakan Test Pack Kehamilan Yang Benar, cara menggunakan tespek yang tepat, cara menggunakan testpack yang benar, cara menggunakan tespek akurat
Spread the love

Kehamilan merupakan kabar bahagia yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Memiliki momongan merupakan bentuk nyata dari sebuah hubungan suci yang diridhoinya. Menjadikan perhiasan rumah menjadi lebih mempesona.

Tak jarang para pasangan yang baru menikah biasanya tak sabar untuk mendapatkan kabar kehamilan itu sehingga biasanya mereka akan membeli alat tes kehamilan lebih dari satu dan disimpan dulu untuk sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk itu, mari disimak selanjutnya

Cara Menggunakan Test Pack Kehamilan Yang Benar, cara menggunakan tespek yang tepat, cara menggunakan testpack yang benar, cara menggunakan tespek akurat, cara-menggunakan-test-pack-kehamilan-yang-benar
Ilustrasi (merdeka.com)

 

Baca Juga: Kata Cinta Untuk Pasangan

 

Penting sekali bagi sahabat sakinah memahami cara menggunakan tespek/ test pack yang benar. Karena banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil tes menjadi tidak akurat.  Bisa karena kesalahan dalam hal cara menggunakan tespek/ test pack atau karena waktu yang kurang tepat saat menggunakan tespek/ test pack.

Selanjutnya, penting juga sahabat sakinah mengetahui lebih jelas tentang cara menggunakan tespek/ test pack yang tepat, perlu diketahui juga tentang apa itu tespek/ test pack, jenis-jenis tespek/ test pack, serta tentang bagaimana cara kerja tespek/ test pack.

Tespek/ Test Pack atau alat tes kehamilan adalah alat pendeteksi hormon kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG) yang umumnya atau idealnya terdapat dalam urine wanita yang sedang hamil.

 

 Cara Menggunakan Test Pack Kehamilan Yang Benar, cara menggunakan tespek yang tepat, cara menggunakan testpack yang benar, cara menggunakan tespek akurat, Menggunakan-test-pack-untuk-memastikan-kehamilan-wanita
Ilustrasi (pengenhamil.com)

 

Baca Juga: Indahnya Malam Pertama

 

Hormon HCG ini diproduksi oleh plasenta yang telah mulai tumbuh dan berkembang  di dinding rahim setelah terjadinya pembuahan pada sel telur oleh sel sperma di tuba falopi, yang kemudian menuju rahim dan menempel pada dinding rahim.

Umumnya, jumlah hormon HCG akan meningkat dua kali lipat pada sertiap dua hingga tiga hari pada minggu pertama kehamilan. Sehingga, ada baiknya jika sahabat sakinah menggunakan tespek/ test pack saat sudah terlambat datang bulan.

Penggunaan tespek yang terlalu dini dapat menyebabkan hasil tes kurang atau bahkan tidak akurat, hal ini disebabkan jumlah hormon HCG dalam tubuh masih terlalu sedikit.

 

Jenis dan Cara Menggunakan Tespek/ Test Pack

Alat tes kehamilan atau tespek/ test pack dapat dibeli secara bebas dan mudah di apotek-apotek terdekat ataupun supermarket. Mengenai jenis test pack, terdapat dua jenis test pack yang biasa digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Berikut ini adalah dua jenis test pack beserta cara menggunakannya.

 

Tespek/ Test Pack Strip atau Dip Stick.

Alat tes kehamilan ini bentuknya adalah berupa strip plastik yang kemudian direndam di dalam sampel urine. Lalu di salah satu ujung strip atau dip stick terdapat tanda khusus yang akan berubah warna jika ditemukan hormon HCG di dalam tubuh yang bersangkutan, ini artinya yang bersangkutan sedang hamil.

Cara menggunakan test pack ini adalah dengan memasukkan urine pada wadah, kemudian mencelupkan  strip tespek pada wadah tersebut lalu tunggu kurang lebih 5-10 detik hingga strip menunjukkan warna atau simbol yang tertera sesuai yang ditentulah oleh masing-masing merk tespek.

 

Tespek/ Test Pack dengan Alat Strip dan Wadah Urine

Penggunaan alat tespek yang kedua ini adalah dengan meletakkan alat tespek ke dalam wadah kecil yang telah terisiurine atau dengan meneteskan 5-6 tetes urine pada alat tespek tersebut ini. Maka pada area alat tes akan ada perubahan warna jika memang ditemukan hormon HCG di dalam urine yang bersangkutan

 

Cara Menggunakan Test Pack Kehamilan Yang Benar, cara menggunakan tespek yang tepat, cara menggunakan testpack yang benar, cara menggunakan tespek akurat, Menggunakan-test-pack-untuk-memastikan-kehamilan-wanita
Ilustrasi (duniabidan.com)
Cara dan gambar menggunakan tespek

 

Baca Juga: Menyusui Saat Hamil, Tandem Nursing, NWP

 

Tips Cara Menggunakan Tespek/ Test Pack yang Benar

Pastikan tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk alat tespek/ test pack masih berlaku atau masih bisa digunakan dengan normal. Jika sudah memasuki masa kadaluarsa produk, bisa dikembalikan saat membeli atau minta ditukar sekalian. Mengingat kinerja bahan kimia yang terkandung dalam alat tes kehamilan dapat memberikan hasil yang tidak akurat saat memasuki masa kadaluarsa.

Sebelum memakainya, pastikan sahabat sakinah telah membaca dan benar-benar memahami petunjuk pemakaian test pack yang sudah tertera dalam kemasan produk. Karena pada umumnya petunjuk penggunaan setiap merk alat tes kehamilan berbeda-beda. Bahkan ada merk test pack yang membutuhkan disimpan di lemari pendingin dulu sebelum digunakan.

Perlu juga mempersiapkan diri sebelum memakai test pack. Diantaranya membatasi aktivitas fisik dan olah raga.

Jika ingin mendapatkan hasil tes yang akurat, lakukanlah tes kehamilan pada pagi hari dengan sampel urine yang pertama keluar di pagi hari itu.

Karena peningkatan hormon HCG yang sangat bervariasi dari setiap orang, dan kemmpuan mendeteksi hormon HCG setiap produk juga berbeda-beda, maka sarannya gunakan tes kehamilan lebih dari sekali pada satu atau dua minggu setelah terlambat menstruasi.

Semua produk tes kehamilan mengklaim dapatmendeteksi kehamilan hingga akurasi 99 persen, namun demikian boleh mengikuti saran teman atau tenaga medis yang berpengalaman dalam memilih produk tespek yang sudah memiliki reputasi di mata konsumennya.

Diantara merk yang sering dipakai sensitif, onemed, positif dan lain-lain. Ini yang sering terlihat di apotek-apotek pada umumnya. Cara menggunakannya kurang lebih sama jika bentuknya strip. Tapi ada yang bentuknya seperti alat digital juga. Harga dan cara pakai tespek sangatlah bervariasi. Yang jelas harganya sangat terjnagkau.

Jika anda sudah mulai mengalami gejala kehamilan namun hasil tespek masih negatif, maka pastikanlah pada dokter kandungan. Biasanya dokter akan memastikan janin dengan melakukan USG terlebih dahulu. Karena dengan USG hasil langsung terlihat dengan akurat.

Selain USG bisa juga dengan tes darah. Karena tes darah mampu mendeteksi kehamilan hingga 6 hari setelah kehamilan, dan bahkan bisa mendeteksi sejak dini kehamilan ektopik atau kehamilan anggur.

Bagi yang ingin download video cara menggunakan tespek, download video cara memakai tespek, sudah banyak tersedia di youtube ya tutorial cara pakai tespek dalam bentuk video dan tinggal di download.

 

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *