Cara Menambah Berat Badan Ideal yang Alami

cara menambah berat badan, cara menambah berat badan ideal, cara menambah berat badan kg dalam seminggu, cara menambah berat badan bayi usia 8 bulan, cara menambah berat badan orang dewasa, cara menambah berat badan dengan cepat tanpa olah raga

 

Cara menambah berat badan. Salam sahabat sakinah, pada kesempatan ini admin akan menulis tentang tema cara menambah berat badan. Sebelum bicara tentang cara menambah berat badan ada beberapa poin penting yang seharusnya harus sudah dipahami oleh kita.

 

cara menambah berat badan, cara menambah berat badan ideal, cara menambah berat badan kg dalam seminggu, cara menambah berat badan bayi usia 8 bulan, cara menambah berat badan orang dewasa, cara menambah berat badan dengan cepat tanpa olah raga
via life trubus.id

Misalnya, kapan sih seseorang bisa dikatakan kurus atau obes (gemuk), apa saja penyebab barat badan seseorang tidak mudah bertambah, dan apa pentingnya menambah berat badan, bagaimana kita bisa mengetahui berat badan kita sudah dalam kondisi normal, bagaimana dengan produk-produk herbal penambah berat badan, cara menambah berat badan secara alami dan seterusnya.

 

Jika telusuri melalui internet, maka akan sahabat sakinah jumpai banyak sekali artikel  tentang cara cepat menambah berat badan ideal secara alami, cara menambah berat badan tanpa fitnes, cara menambah berat badan 2 kg dalam seminggu, cara menambah berat badan bayi 8 bulan dan seterusnya.

 

Bahkan tak jarang, artikel-artikel dengan tema tersebut menggiring pembacanya untuk mempertimbangkan lagi mengkonsumsi produk-produk yang mengklaim dengan ekstrim dapat menambah berat badan ideal dengan cepat tanpa senam dan olah raga.

 

Bagaimana fakta tentang berat badan ini sebenarnya? Faktanya, sesuai pengalaman yang admin pernah ketahui ternyata persoalan berat badan ini bisa diatasi dengan cara alami asalkan tepat diagnosa dan pola kehidupan yang dijalaninya ya.

 

Persoalan berat badan ini bukan sekedar tentang bagaimana cara menambah berat badan ideal melainkan juga tentang cara menurunkan berat badan secara alami. Dalam kondisi obes yang ekstrimpun ternyata bisa turun drastis secara alami.

 

Semua akan dibahas di artikel ini ya. Boleh juga nih baca cara menghitung masa subur atau cara merencanakan jenis kelamin anak.

Kapan Tubuh Dikatakan Kurus atau Obes

 

Dalam dunia medis ada metode perhitungan bagaimana mengetahui apakah berat badan sahabat sakinah dalam kondisi normal atau standart. Bagaimana caranya, adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tinggi badan sahabat sakinah.

Nah setelah mengetahui tinggi badan lalu, dikurangi 110. Hasilnya adalah berat badan ideal yang harusnya dimiliki oleh sahabat sakinah. Misal tinggi badannya 163 cm – 110 = 53. Jadi berat badan ideal sahabat sakinah dengan tinggi badan 163 cm adalah 53 kg.

 

Ada juga metode lain, yaitu dengan melihat panjang lingkar perut. Standarisasi orang Indonesia panjang lingkar perut normal dan ideal jika perempun adalah 80 cm dan laki-laki 90 cm. Bagaimana cara mengukur lingkar perut ini?

 

Caranya sangatlah mudah, sahabat sakinah bisa menggunakan alat ukur meteran yang dipakai para penjahit baju, lalu ukurlah tepat di lingkar pusar. Artinya dari ujung dan ujung meteran bertemu tepat di pusar perut.

 

Jika hasilnya lebih dari 80 cm untuk sahabat sakinah yang perempuan maka itu termasuk kategori obes ya. Dan jika hasilnya melebihi 90 cm untuk sahabat sakinah yang laki-laki maka itu juga termasuk kategori obes. Silahkan mulai diukur sendiri ya.

Pentingnya Menambah Berat Badan

Kenapa harus menambah berat badan, tentunya ada berbagai motif dan alasan seseorang berusaha menambah berat badan. Beberapa motif itu diantaranya adalah:

 

Motif Kesehatan

Ya, dalam dunia kesehatan kondisi berat badan seseorang juga menjadi permasalahan yang butuh untuk diatasi ketika kondisinya di atas ataupun di bawah batas normal. Kapan seseorang butuh menambah berat badannya menurut kaca mata kesehatan? Yuk simak.

 

Pertama, saat seseorang hamil. Seorang ibu hamil ternyata juga punya tuntutan menjaga berat badan bahkan harus dan wajib berat badannya bertambah saat hamil. Karena jika berat badan tidak bertambah selama hamil berarti ada indikasi beresiko pada kehamilan atau janinnya. Begitu juga jika sebaliknya.

 

Kedua, jika berat badan memang jauh dari kondisi normal menurut perspektif kesehatan. Misalnya sahabat muslimah mengalami penurunan berat badan yang drastis dalam waktu yang singkat. Jika iya, maka harus konsultasi dengan dokter spesialis dulu ya. Karena bisa jadi ada infeksi dan lain-lain.

 

Ketiga, adalah untuk bayi yang berat badannya di bawah rata-rata yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan. Dan standart ini diambil dari rerata balita di Indonesia. Untuk berat badan bayi atau balita memang ada standarisasi tersendiri di tiap bulan.

 

Oleh karenanya BB balita terus dikontrol setiap bulan. Khusus untuk BB balita, para sahabat sakinah harus lebih serius memperhatikan. Karena kenyataannya masalah BB pada bayi terkadang bukan soal asupan yang kurang melainkan memang ada penyakit pencernaan yang menghalangi penyerapan nutrisi dengan maksimal.

 

Motif Penampilan

Jika motif menambah berat badan adalah karena alasan penampilan maka ini adalah sebuah pilihan bukan sebuah keharusan. Jadi memang suka-suka tiap orang saja. Mau kurus atau ideal dan gemuk bahkan sesuka saja mengurangi dan menambah berat badan.

 

 

Cara Menambah Berat Badan Alami

 

Definisi dari cara menambah berat badan alami disini adalah dengan benar memperhatikan hal-hal yang alami dan bukan sesuatu yang instan. Bicara cara menambah berat badan yang alami disini bukan sekedar tentang penambahan asupan makan melainkan juga tentang pola hidup yang lebih teratur dan terjaga.

 

Bagaimana caranya agar berat badan bertambah secara alami?

 

Mengatur Asupan Nutrisi

Tentunya yang pertama adalah penambahan asupan makanan yang bernutrisi mulai dari makanan yang berkalori tinggi, berprotein tinggi, berlemak, dan bervitamin. Bedanya, jika biasanya porsinya hanya satu maka porsi kali ini harus ditambahkan.

 

Contoh makanan berkalori tinggi, berlemak, bervitamin dan berprotein adalah kentang, kacang-kacangan, susu, buah dan sayur, daging dan ikan. Semua bisa dikonsumsi dengan porsi yang ditambah dari biasanya dengan tetap mengimbangi pola hidup sehat.

 

Pola hidup sehat

Artinya tetap memperhatikan menajemen fisik agar tetap beraktifitas dengan baik. Tidak tidur berlebihan, tidak sering begadang malam, tetap berolah raga rutin, tidak beraktifitas dimana tubuh hanya sedikit bergerak, jikapun terpaksa maka harus diimbangi dengan olah raga.

 

Tidak Merokok

Ternyata menghentikan konsumsi rokok pun bisa mengembalikan nafsu makan sehingga dapat mengembalikan berat badan dengan normal bahkan bisa lebih terlihat berisi.

 

Disiplin dengn pola hidup yang telah diatur agar berat badan bertmbah. Kapan makan, kapan tidur dan kapan perbanyak minum, kapan berolah raga semuanya harus dijalankan dengan teratur dan rutin. Hal ini membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

 

 

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Orang Dewasa, cara Menambah Berat Badan orang kurus prinsipnya sama saja. Yang terpenting dari semuanya adalah kemauan kuat untuk berdisiplin mempertahankan pola hidup dan tetap berkonsultasi dengan pihak medis atau kesehatan.

 

Bagaimana dengan cara menambah berat badan dengan cepat, cara menambah berat badan  5 kg selama seminggu, semuanya prinsipnya sama. Perbanyak asupan nutrisi makanan dengan menambah porsi lauk daripada porsi nasi, menambah cemilan sehat seperti kacang-kacangan, susu, kentang.

 

Cara Menambah Berat Badan Bayi

 

Bagaimana dengan cara menambah berat badan bayi, cara menambah berat badan anak usia 8 tahun, cara menambah berat badan agar ideal, cara menambah berat badan anak 1 tahun, cara menambah berat badan anak 2 tahun, cara menambah berat badan anak usia 10 tahun, bagaimana cara menambah berat badan bayi, bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan.

 

Sahabat sakinah, dalam hal ini sahabat sakinah harus benar-benar memahami bahwa kurangnya berat badan bayi atau lambatnya berat badan bayi bisa bertambah itu ada banyak faktor.

 

Sebelum sahabat sakinah mengambil langkah untuk menangani permasalahan ini, sahabat sakinah harus benar-benar menemukan terlebih dahulu apa faktor utama yang menyebabkan berat badan bayi menjadi lambat bertambah atau bahkan tidak naik-naik sesuai standarisasi kesehatan.

 

Karena ternyata banyak kasus para orang tua yang salah memahami faktor penyebab kenapa berat badan buah hatinya tak kunjung bertambah. Sehingga meskipun sudah diberikan perlakuan ya hasilnya kurang bahkan tidak berefek pada berat badan bayi. Saran admin berkonsultsilah dengan dokter spesialis anak.

 

Sepengalaman admin, ada seorang balita hingga berusia dua tahunpun BB nya seperti anak usia dibawah satu tahun. Alhamdulillaah, sang bunda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Dan setelah beberapa kali pemeriksaan dan observasi oleh spesialis anak, ditemukan kesimpulan bahwa si anak menderita infeksi di pencernaannya.

 

Dalam kasus seperti ini tidak bisa sebagai orang tua hanya memberikan pennganan berupa pemberian makanan terus menerus, melainkan infeksi atau penyakit yang ada harus disembuhkan terlebih dahulu.

 

Setelah sakit si bayi atau sang balita sudah disembuhkan lalu biasanya sang dokter memberikan saran untuk konsumsi sari kurma dan buah alpukat. Ini juga dilakukan oleh seorang bunda yang admin ceritakan di paragraf sebelumnya.

 

Alhamdulillah, setelah infeksi sembuh lalu dilanjutkan dengan konsumsi sari kurma dan konsumsi buah alpukat tidak selang lama sebulan kalau tidak salah sang dokter meminta untuk dihentikan konsumsi sari kurma dan alpukatnya, dilanjutkan dengan makanan biasa.

 

Hasilnyapun akhirnya luar biasa terlihat. Sekarang anaknya sudah sekolah dan tumbuh kembangnya sudah seperti anak biasa pada umumnya. Termasuk kemampuan komuniksinya yang sempat terhambat saat belum konsultasi dengan dokter, sekarang semuanya sudah terlihat normal.

 

Semoga bermanfaat untuk semua sahabat sakinah. Saran dan komentar bisa dituliskan di kolom komentar yaaaa. Barakallaah….

 

 

 

 

 

 

 

 

Releated Post

1 thought on “Cara Menambah Berat Badan Ideal yang Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *