Review Pengalaman Berwisata ke Air Terjun Coban Rondo: Harga Tiket, Lokasi, Wahana.  

video air terjun coban rondo, sejarah air terjun coban rondo, mitos air terjun coban rondo, taman labirin coban rondo malang, hotel dekat coban rondo, harga tiket air terjun coban rondo,
Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu wisata alam air terjun yang berlokasi di Kec. Pujon Kab. Malang. Pada artikel ini admin akan mencoba mengulas pengalaman admin saat berwisata ke air terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur atau orang-orang sering menyebutnya dengan air terjun Coban Rondo Batu, air terjun Coban Rondo Pujon Malang.

Akan coba admin ulas informasi tentang air terjun Coban Rondo.

pemandangan air terjun coban rondo, sejarah air terjun coban rondo, harga tiket air terjun coban rondo, wahana air terjun coban rondo,
via jeparadise.co

 

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Bagaimanakah sejarah cerita air terjun Coban Rondo ini?  Bagaimana cerita singkat air terjun Coban Rondo. Bagaimana cerita asal usul air terjun Coban Rondo. Cerita mistis air terjun Coban Rondo, cerita rakyat air terjun Coban Rondo. Yuk disimak.

Di sebuah papan kayu yang tertutup kaca terletak di beberapa meter setelah pintu masuk air terjun (bukan pintu masuk untuk membeli tiket) disana di jelaskan bahwa air terjun ini merupakan tempat bersembunyinya seorang ratu bernama Dewi Anjarwati berasal dari Gunung Kawi.

Ceritanya berawal dari kisah cinta Dewi Anjarwati tersebut dan Raden Baron Kusumo dari Gunung  Anjasmoro. Kisah cinta pun akhirnya terikat dalam sebuah pernikahan. Setelah beberapa hari menjadi pasangan suami istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke rumah orang tua suaminya di Gunung Anjasmoro.

Keinginan Dewi Anjarwati kala itu ditentang oleh orang tuanya, mengingat dalam tradisi Jawa kuno, sepasang pengantin yang baru menikah dilarang bepergian jauh sebelum usia selapan atau sebelum usia 36 hari. Karna jika dilanggar, hal tersebut berakibat mengundang kesialan bagi kedua mempelai pengantin.

Ternyata mereka berdua tidak menghiraukan nasihat orang tuanya tersebut. Di tengah perjalanan, mereka berdua bertemu dengan Joko Lelono. Tak disangka jika Joko Lelono yang asing ini, terpikat hati pada Dewi Anjarwati. Pertumpahan darahpun tak bisa dihindari.

Saat sebelum pertempuran dua lelaki ini dimulai, Raden Barn terlebih dulu meminta Dewi Anjarwati untuk bersembunyi di balik air terjun di sekitar situ. Singkat cerita, dua lelaki baik Raden Baron maupun Joko Lelono tak ada yang menang dan tak ada yang terselamatkan.

Al hasil, tinggallah Dewi Anjarwati meratapi nasibnya sendiri di persembunyiannya di air terjun ini. Pengertian air terjun Coban Rondo dalam bahasa Jawa, coban berarti air terjun. Dan Rondo berarti janda. Oleh karenanya air terjun ini kemudian dikenal dengan air terjun Coban Rondo.

Akhirnya mitospun tertanam kuat saat itu bahwa siapa yang berkunjung ke air terjun ini bersama pasangan, tidak akan langgeng hubungannya.

air terjun coban rondo 2018, wisata air terjun coban rondo, wahana air terjun coban rondo, taman labirin cobanrondo,
via kopermini.id

 

Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

Harga tiket masuk menuju wisata ini sangatlah terjangkau. Hanya dengan harga tiga puluh lima ribu rupiah, pengunjung bisa menikmati bukan hanya air terjun melainkan wahana wisata menarik lainnya yang tersedia.

 

Wahana Air Terjun Coban Rondo

Dengan tiket tiga puluh lima ribu ini, pengunjung bisa menikmati diantaranya wahana taman labirin cobanrondo. Taman labirin ini merupakan salah satu spot kekinian yang sedang nge-hits bisa dimanfaatkan untuk ber-selfie ria.

 

Taman labirin Coban Rondo adalah sebuah tanaman yang sengaja ditanam membentuk seperti labirin. Menyusuri taman inipun penuh dengan teka-teki, karena pengunjung tidak diarahkan dan taman ini menyediakan banyak pilihan jalan untuk menuju spot utama taman maupun untuk jalan keluar dari taman labirin ini. Taman labirin ditutup pada jam lima sore.

 

Selanjutnya ada flying fox, untuk fasilitas ini hanya dibuka hingga jam tiga sore saja. Jadi waktu itu admin kesana sampai jam empat sore di lokasi. Jadi ya otomatis tidak mendapatkan kesempatan menikmati flying fox Coban Rondo. Meski bayar tiketnya sama.

 

Ada jugaa wahana memanah dan menembak. Setiap pengujunjung akan diberi kesempatan tiga peluru untuk menembak dan tiga anak panah untuk berlatih memanah. Tersedia juga sepedah tandem, taman kelinci, area terapi telapak kaki.

 

foto air terjun coban rondo, mitos air terjun coban rondo, video air terjun cobanrondo, air terjun coban rondo adalah, sejarah air terjun coban rondo.
by admin sakinahbersamamu.com

Foto Air Terjun Coban Rondo di Malang 

Pemandangan air terjun Coban Rondo sangatlah indah memang. Sejuk karena di tengah-tengah hutan. Tak heran jika saat itupun admin melihat pengunjung asing berkunjung kesini.

Berikut akan admin sajikan terkait gambar air terjun Coban Rondo Malang, gambar wisata air terjun Coban Rondo Jatim.

 

video air terjun coban rondo, sejarah air terjun coban rondo, mitos air terjun coban rondo, taman labirin coban rondo malang, hotel dekat coban rondo, harga tiket air terjun coban rondo,
ngalam.com

 

Wahana panahan coban rondo, wahana tembak, taman labirin coban rondo, lokasi air terjun coban rondo malang, pemandangan air terjun coban rondo, asal usul air terjun coban rondo,
by admin sakinahbersamamu.com

 

Fasilitas Air Terjun Coban Rondo Sekarang

Di dalam area air terjun ini tersedia musholla untuk sholat dan kamar mandi serta tempat berwudlu. Ada beberapa gazebo-gazebo dan gubuk-gubuk kecil untuk berteduh. Selebihnya merupakan pemandangan alam terbuka yang penuh pohon-pohon besar dan hijau.

 

Jam operasional air terjun sampai malam. Sayangnya waktu itu pihak petugas tiket tidak menyampaikan secara tepat jam berapa tutupnya. Kalau wahana bermain coban rondo ditutup pada jam lima sore. Apa bedanya?

 

Jadi, dari pintu masuk pembelian tiket menuju air terjun itu masih harus menempuh perjalanan kurang lebih satu kilo meter. Sedangkan lokasi wahana bermain Coban Rondo terletak pada tujuh ratus meter setelah pintu masuk pembelian tiket. Dan dari wahana ini menuju air terjun kurang lebih masih

Hotel Dekat Air Terjun Coban Rondo

 Setahu admin hotel terdekatnya ya di jalan raya Batu, di sekitar pertigaan sebelum belok kiri ke arah air terjun. Pertigaan ini kalau ke kiri ke arah Coban Rondo kala terus agak belok kanan ke arah bendungan selorejo-Ngantang Malang. Itu sih setahu admin.

Jalan Menuju Air Terjun Coban Rondo

Jalan menuju air terjun Coban Rondo sangatlah nyaman dan mudah. Selain kondisi jalannya yang sudah sangat baik dan terawat, petunjuk arahnyapun lengkap tersedia. Teman-teman tinggal ikuti aja petunjuk jalan yang ada. Dari alun-alun kota Batu tinggal lurus aja terus ke Barat ya sampai ada petunjuk arah selanjutnya.

Video Air Terjun Coban Rondo

Mohon maaf jika untuk saat ini admin belum bisa upload video air terjun Coban  Rondo ya. Karena keterbatasan materi hehe. Yang jelas dari terakhir admin kesana saat masih kuliah tepatnya di tahun 2006 dan kesana lagi pada bulan September 2018 kemarin itu beda banget. Karena sekarang sudah ada banyak wahana wisatanya.

Wisata lain di Jatim yang bisa teman-teman kunjungi adalah disini

 

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *